5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Lillian Thuram menjadi yang paling gemilang!

Akademi sepak bola AS Monaco menjadi salah satu tim akademi terbaik yang ada di Prancis. Beberapa pemain hebat, seperti Kylian Mbappe, Yannick Carrasco, dan Emmanuel Petit berasal dari tim muda AS Monaco.

Akan tetapi, ketiga nama tersebut tak pernah bermain di Serie A. Lima nama inilah yang merupakan pemain terbaik didikan akademi AS Monaco yang pernah berlaga di Serie A. Siapa saja?

1. Nicolas Nkoulou

5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie ANicolas N'Koulou (torinofc.it)

Torino yang dibelanya selama 4 musim (2017—2021) menjadi satu-satunya tim Italia yang pernah dibela oleh Nicolas Nkoulou. Bek berkebangsaan Kamerun ini sukses menorehkan 6 gol dari 122 laga di kasta tertinggi sepak bola Italia.

Meski lahir dan memiliki kewarganegaraan Kamerun, Nkoulou pernah menjadi bagian dari tim akademi AS Monaco. Momen tersebut hanya terjadi selama setahun, tepatnya dari 2007—2008.

2. Valentin Eysseric

5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie AValentin Eyssseric (ogcnice.com)

Nama selanjutnya ialah Valentin Eysseric, gelandang serang berkebangsaan Prancis yang 4 tahun (2007—2011) berada di tim akademi AS Monaco. Faktanya, akademi AS Monaco merupakan akademi terakhir yang ditempati Eysseric sebelum menjadi pemain profesional.

Eysseric sendiri pernah berkarier di Serie A untuk dua klub, yakni Fiorentina dan Hellas Verona (2017—2021) dan Hellas Verona (2020). Dalam kurun waktu tersebut, Eysseric hanya mencatat 3 gol dan 3 assist dari 54 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Diboyong Arsenal dari Klub Serie A

3. Ludovic Giuly

5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie ALudovic Giuly (asroma.com)

Ludovic Giuly merupakan legenda sepak bola Prancis yang cukup populer ketika masih membela AS Monaco dan Barcelona. Di tengah karier panjangnya di sepak bola, Giuly ternyata pernah berkarier di Italia.

Tepatnya pada musim 2007/2008, Giuly bergabung dengan AS Roma. Namun sayang, Giuly hanya semusim berseragam tim Serigala Ibu Kota karena adanya ketertarikan dari Paris Saint-Germain. Catatan 6 gol dari 32 laga menjadi torehannya kala itu.

4. Lillian Thuram

5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie ALilian Thuram (twitter.com/barcaotd)

Perlu diakui bahwa Lillian Thuram merupakan seorang legenda sepak bola. Kariernya yang cemerlang bersama Timnas Prancis dan kala bermain di Serie A menjadi hal yang paling banyak diingat dari pria yang berposisi sebagai bek ini.

Thuram memulai kariernya di Serie A pada awal musim 1996/1997 ketika bergabung dengan AS Monaco. Dibeli dengan biaya besar pada awal musim 2001/2002, Thuram pun pindah ke Juventus hingga akhir muism 2005/2006.

Total 307 laga dengan catatan 2 gol dan 11 assist jadi torehannya di Italia. Catatan tersebut membuat Thuram menjadi pemain didikan akademi AS Monaco yang paling banyak tampil di Serie A.

5. Kevin Malcuit

5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie AKevin Malcuit (twitter.com/acffiorentinaen)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Kevin Malcuit. Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Malcuit pernah dua tahun berada di tim akademi AS Monaco sebelum akhirnya promosi pada 2010.

Pada tahun 2018, Malcuit pindah ke Napoli. Akan tetapi, pada awal musim 2022/2023, Malcuit dilepas secara gratis ke Ankaragucu. Selama berkarier di Serie A, Malcuit hanya mencatat 46 laga dengan torehan 6 assist sebagai seorang bek kanan.

 

Selain nama-nama di atas, beberapa pemain top hasil didikan akademi AS Monaco juga pernah berlaga di Serie A. Sebut saja, Gil Dias, Zouhair Feddal, Serge Gekpe, Dominique Malonga, hingga Thierry Henry.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya