5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie A

Tak ada pemain bintang

Catalan dikenal sebagai salah satu wilayah di Spanyol yang punya segudang bakat sepak bola berkelas. Tak hanya di La Masia, bakat pesepak bola Spanyol juga banyak berkembang di Espanyol.

Tak heran banyak pemain besar lahir dari tim akademi Espanyol. Selain dibutuhkan di LaLiga Spanyol, pemain didikan akademi Espanyol juga diminati oleh klub-klub Serie A Italia.

Tercatat tiga belas pemain didikan akademi Espanyol pernah berlaga di Serie A. Berikut ini kami hadirkan dan ulas lima yang terbaik.

1. Pol Lirola

5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie APol Lirola (acffiorentina.com)

Didikan akademi Espanyol dengan jumlah pertandingan terbanyak di Serie A adalah Pol Lirola. Hal ini cukup wajar karena Lirola telah berada di Italia sejak masih berada di tim akademi. Selepas pindah dari tim akademi Espanyol pada 2015, ia pindah ke tim akademi Juventus.

Promosi pada tahun 2016, Lirola pernah membela Juventus, Sassuolo, dan Fiorentina di Serie A. Untuk ketiga klub tersebut, Lirola memainkan 128 laga dengan torehan 2 gol dan 14 assist yang kebanyakan ia catatkan bersama Sassuolo.

2. David Lopez

5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie ADavid Lopez (gironafc.cat)

David Lopez merupakan bek tengah berusia 33 tahun yang saat ini membela FC Girona. David Lopez pernah berada di Serie A selama 2 musim (2014—2016) ketika membela tim asal Kota Naples, Napoli.

Dalam kurun waktu tersebut, David Lopez cukup banyak mencatatkan pertandingan. Total 57 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist berhasil disumbangkan oleh pemain yang 4 tahun (2008—2012) menimba Ilmu di tim akademi Espanyol.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi RCD Espanyol Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

3. Carles Perez

5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie ACarles Perez (asroma.com)

Tim akademi Espanyol merupakan tim muda kedua yang ditempati Carles Perez sebelum jadi pesepak bola. Setelah 4 tahun berada di tim muda Espanyol, Carles Perez melanjutkan pendidikan sepak bolanya di La Masia pada 2012.

Pada tahun 2020, Carles Perez pindah ke AS Roma dari Barcelona. Meski saat ini Perez bermain untuk Celta Vigo, ia masih jadi bagian dari skuad AS Roma. Sejauh ini, Carles Perez telah mencatatkan 4 gol dan 6 assist dari 54 laga untuk AS Roma di Serie A.

4. Pau Lopez

5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie APau Lopez (asroma.com)

AS Roma juga menjadi satu-satunya tim Serie A yang dibela oleh Pau Lopez sejaub ini. Kiper asal Spanyol ini berseragam tim ibu kota selama 2 tahun, tepatnya dari awal musim 2019/2020 hingga akhir musim 2020/2021.

Selama itu, Pau Lopez berhasil mengoleksi 53 pertandingan dengan catatan 9 nirbobol. Torehan yang sebetulnya kurang membanggakan bagi pemain yang 7 tahun (2007—2014) berada di tim akademi Espanyol.

5. Cristian Tello

5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie AChristian Tello (fcbarcelona.com)

Sama seperti Carles Perez, Cristian Tello juga berada di tim akademi Espanyol terlebih dahulu sebelum pindah ke tim akademi Barcelona. Ia menjalani momen tersebut selama 3 tahun, tepatnya dari 2007—2010.

Pernah mencuat namanya di skuad utama Barcelona, Tello justru dipinjamkan ke beberapa tim. Salah satunya ialah Fiorentina yang dipinjami Tello selama 1,5 musim (2016—2017). Dalam kurun waktu tersebut, Tello mencatat 6 gol dan 10 assist.

 

Nama-nama dalam daftar ini memang kurang mentereng jika dibandingkan dengan didikan La Masia yang cukup terkenal. Namun faktanya, Marc Cucurella, Dani Olmo, Eric Bailly, hingga Gerard Moreno pernah menimba ilmu di tim akademi Espanyol.

Baca Juga: Kontroversi Lewandowski, Espanyol Sempat Mau Boikot Barcelona

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya