Comscore Tracker

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022

Pemain Bayern Munich mendominasi!

Selain catatan gol, torehan statistik dalam bentuk assist juga cukup menunjukkan kualitas penyerangan sebuah tim. Pada ajang Bundesliga yang telah usai, deretan top skor cukup menampakkan hal tersebut.

Beberapa pemain dari tim juara, Bayern Munich, bertengger sebagai pemain dengan assist terbanyak di Bundesliga musim ini. Siapa sajakah pemain dengan assist terbanyak di Bundesliga musim 2021/2022? Berikut daftar dan ulasannya!

1. Thomas Muller (21 assists)

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022Thomas Muller (world-today-news.com)

Dengan torehan 21 assists, Thomas Muller muncul sebagai raja assist Bundesliga musim 2021/2022. Pemain yang sangat setia bersama Bayern Munich ini memang sangat gemar untuk mencatatkan assist. Muller tercatat sebagai pemain dengan jumlah assist terbanyak dalam sejarah Bundesliga.

Selama musim ini, Muller memainkan 32 laga dengan torehan 8 gol dan 21 assist. Pada musim ini, Muller pernah mencatatkan tiga assist dalam satu laga pada pertandingan kontra Union Berlin yang diselenggerakan Oktober 2021 lalu.

2. Marco Reus (17 assists)

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022Marco Reus (eurosport.de)

Dari 34 laga yang dimainkan oleh Borussia Dortmund di Bundelsiga musim ini, Marco Reus hanya mampu mencatatkan 29 penampilan. Kendati demikian, Reus mampu berkontribusi besar dengan torehan 17 assists yang ia ciptakan.

Pemain yang berstatus sebagai kapten Borussia Dortmund ini juga menciptakan 9 gol di Bundesliga musim ini. Sama seperti Muller, Reus juga pernah menciptakan hattrick assist pada musim ini. Momen tersebut terjadi saat Borussia Dortmund menang 6-0 atas Borussia Monchengladbach pada bulan Februari 2022 lalu.

3. Cristopher Nkunku (15 assists)

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022Christoper Nkunku (bundesliga.com)

Christopher Nkunku merupakan pemain yang bermain sangat gemilang sepanjang penyelenggaraan Bundesliga musim 2021/2022. Tak heran ia akhirnya terpilih sebagai Bundesliga Player of the Season.

Pada musim ini, Nkunku sukses mencatatkan 20 gol dan 15 assists untuk RB Liepzig. Angka tersebut cukup berimbang dan menjadi salah satu angka keterlibatan gol tertinggi pada musim ini.

Baca Juga: Christopher Nkunku Dapat Panggilan Timnas, Seberapa Moncer?

4. David Raum (13 assists)

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022David Raum (sport.sky.de)

David Raum menjadi satu-satunya pemain belakang yang berhasil masuk dalam daftar pencetak assist terbanyak Bundesliga musim ini. Bek kiri milik Hoffenheim ini sukses menciptakan 3 gol dan 13 assists dari 32 pertandingan yang dimainkannya.

Kontribusi Raum sepanjang musim ini bisa dikatakan merata. Hampir di setiap laga yang ia mainkan, Raum mampu catatkan kontribusi besar. Raum pernah mencatatkan dua assists per laga pada musim ini saat berusa SC Freiburg dan Geruther Furth.

5. Moussa Diaby (12 assists)

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022Moussan Diaby (skysports.com)

Moussa Diaby menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan oleh Bayer Leverkusen pada musim ini. Berkatnya, Leverkusen mampu finish di posisi ketiga dan akan tampil di Liga Champions musim depan.

Moussa Diaby merupakan salah satu distributor umpan terbanyak bagi Patrik Schick yang jadi runner-up top skor musim ini. Selama musim 2021/2022, Diaby sukses mencatatkan 13 gol dan 12 assists dalam 32 pertandingan.

6. Joshua Kimmich (12 assists)

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022Joshua Kimmich (90min.com)

Pemain Bayern Munich lain yang masuk ke dalam daftar ini ialah Joshua Kimmich. Sama seperti Moussa Diaby, Joshua Kimmich yang pada musim ini lebih sering bermain sebagai gelandang bertahan juga mampu mencatakan 12 assists.

Pada pertengahan musim, Joshua Kimmich sempat absen dalam enam laga karena cedera dan terpapar virus Covid-19. Kendati demikian, Kimmich mampu mengakhiri musim dengan catatan 28 penampilan serta torehan 3 gol dan 12 assists.

 

Sebagai juara Bundesliga musim ini, pemain Bayern Munich sukses mendominasi dalam catatan gol dan assist. Robert Lewandowski akhirnya keluar sebagai top skor Bundesliga 2021/2022, sedangkan Thomas Muller kembali jadi raja assist pada musim ini.

Baca Juga: Ada Pogba dan Kimmich, 5 Pemain Bernomor Punggung 6 Termahal Saat Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya