Comscore Tracker

5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!

Raphael Varane jadi yang terbaru

Sejak didirikan di tahun 1878, Manchester United memang telah diisi ratusan pemain asing berbeda yang berasal dari luar Britania Raya. Hingga saat ini, Republik Irlandia, Belanda dan Prancis masih menjadi penyumbang pemain asing terbanyak untuk tim berjuluk The Red Devils ini.

Total, ada 13 pemain Prancis yang setidaknya pernah didatangkan oleh Manchester United, dan 5 di antaranya ialah pemain yang berposisi sebagai defender atau bek. Lantas siapa sajakah kelima pemain tersebut? Check this out!

1. William Prunier

5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!William Prunier (thesefootballtimes.co)

William Prunier tercatat sebagai bek berkebangsaan Prancis pertama yang membela Manchester United. Ia didatangkan pada bulan Januari 1996 dengan status pinjaman dari klub Prancis, Girondins de Bordeaux.

Namun sayang, cerita Prunier di Manchester tidak berlangsung lama. Pasalnya, Prunier hanya dipinjamkan selama 2 bulan dengan catatan 2 penampilan saja. Pada bulan Maret, ia akhirnya dikembalikan ke Bordeaux dan dipinjamkan kembali ke Copenhagen pada bulan selanjutnya.

2. Laurent Blanc

5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!Laurent Blanc (independent.co.uk)

Kejutan datang pada bursa transfer musim panas 2001, kala Sir Alex Ferguson berhasil memboyong Laurent Blanc dari Inter Milan dengan status free transfer. Laurent Blanc memang cukup populer kala itu, karena keberhasilannya membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

Namun sebagai catatan, saat Blanc datang ke United di umurnya telah menginjak 36 tahun yang bukan lagi usia prima bagi seorang atlet. Pada awal kedatangannya, Blanc memang sulit menyesuaikan diri dengan gaya permainan di English Premier League.

Bahkan di awal kedatangannya, United sempat kalah 5 kali berturut-turut oleh Bolton Wanderers, Liverpool, Arsenal, Newcastle United dan Chelsea, yang jika disatukan awalan hurufnya akan membentuk nama “BLANC”.

Kendati demikian, Sir Alex Ferguson masih tetap mempercayai Blanc sebagai pemain andalan. Walaupun setelah itu, Sir Alex Ferguson memiliki trauma untuk mendatangkan pemain-pemain yang telah memasuki umur tua sebagai atlet.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Raphael Varane Layak Dibeli Manchester United

3. Mikael Silvestre

5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!Mikael Silvestre (skysports.com)

Sama seperti Laurent Blanc, Mikael Silvestre juga didatangkan dari Inter Milan. Jika Blanc secara gratis, Silvestre justru diboyong dengan banderol sebesar 5,7 juta euro atau setara dengan Rp97 miliar pada tahun 1999.

Silvestre juga merupakan salah satu pemain andalan Sir Alex Ferguson karena kehebatannya dalam bola udara dan kemampuannya untuk bermain di banyak posisi. Total 361 penampilan yang Silvestre torehkan bersama United, sebelum akhirnya hengkang ke Arsenal pada tahun 2008.

4. Patrice Evra

5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!Patrice Evra (90min.com)

Perlu diakui, jika Patrice Evra merupakan salah satu bek kesayangan dari Sir Alex Ferguson. Kombinasi apiknya di lini pertahanan bersama Gary Neville, Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand merupakan salah satu yang paling ikonik kala itu.

Evra yang didatangkan dari AS Monaco pada tahun 2006 ini memainkan 379 laga dengan torehan 10 gol dan 40 assists bagi The Red Devils selama 8 musim. Selain mencatatkan banyak penampilan, Evra juga berhasil memenangkan banyak trofi, termasuk 5 gelar juara EPL dan juara Champions League di tahun 2008.

5. Raphael Varane

5 Bek Prancis yang Pernah Didatangkan Manchester United, Nama Besar!Raphael Varane (football365.com)

Raphael Varane menjadi bek berkebangsaan Prancis terbaru yang memutuskan untuk bergabung bersama Manchester United. Dilansir dari Sky Sports, Varane diboyong dengan banderol sebesar 41 juta euro atau setara dengan Rp704 miliar.

Harga tinggi tersebut jelas menjadi harapan besar dari menejemen dan fans-fans Manchester United yang haus akan gelar. Pasalnya, reputasi Varane sebagai bek tangguh memang telah ia dapatkan kala tampil gemilang bersama timnas Prancis dan Real Madrid yang menjadi klub terakhirnya, dan diharapkan bisa ditularkan kepada klub berjuluk Setan Merah ini.

 

Itulah 5 bek berkebangsaan Prancis yang pernah membela Manchester United. Kedatangan Varane jelas akan membantu lini pertahanan United yang dikenal keropos dalam beberapa tahun terakhir. Pertanyannya, mampukah duet Varane dan Harry Maguire menghasilkan trofi bagi United? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 6 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Bela Manchester United

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya