5 Pesepak Bola Top yang Bela Racing Santander 20 Tahun Terakhir

#ANGPOIN Tim legendaris Spanyol yang tenggelam

Racing Santander merupakan tim legendaris di Liga Spanyol, satu dari sepuluh tim pertama yang menghuni kasta tertinggi Liga Spanyol. Seiring waktu berjalan, prestasi Racing Santander justru semakin tak terlihat kiprahnya. Pemain hebat juga pernah tercatat membela tim asal wilayah Cantabria ini. Setidaknya dalam kurun 20 tahun terakhir, berikut ini kami merangkum lima nama besar yang pernah membela Racing Santander.

1. Yossi Benayoun

5 Pesepak Bola Top yang Bela Racing Santander 20 Tahun TerakhirYossi Benayoun (skysports.com)

Yossi Benayoun masih menjadi pesepak bola asal Israel terbaik dan paling populer hingga kini. Kariernya semasa berada di English Premier League (EPL) bersama West Ham United, Liverpool, Chelsea dan Arsenal merupakan yang paling banyak diingat dari sosok satu ini.

Tepat sebelum berkarier di EPL, Benayoun terlebih dahulu berseragam Racing Santander selama tiga musim. Santander menjadi tim pertama Benayoun setelah keluar dari Liga Israel. pada tahun 2002 .

Yossi Benayoun memiliki catatan baik selama berseragam Los Montaneses. Dengan catatan 104 pertandingan, Benayoun sanggup mencetak 20 gol dan 7 assists sebagai seorang winger kanan.

2. Ezequiel Garay

5 Pesepak Bola Top yang Bela Racing Santander 20 Tahun TerakhirEzequiel Garay (skysports.com)

Racing Santander menjadi tim pertama dalam karier Ezequiel Garay di benua Eropa. Garay bergabung dengan Racing Santander pada bulan Januari 2006 dan bertahan selama 2,5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Garay mampu tampil cemerlang dan dilirik banyak tim besar.

Sebagai seorang bek tengah, Garay mampu mencetak 16 gol dan 1 assist dari 98 pertandingan. Pada jendela transfer musim panas 2008, Garay akhirnya pindah ke Real Madrid dengan banderol sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp161 miliar.  

Baca Juga: 6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier League

3. Felipe Melo

5 Pesepak Bola Top yang Bela Racing Santander 20 Tahun TerakhirFelipe Melo (skysports.com)

Felipe Melo merupakan  gelandang bertahan asal Brasil yang sangat lama berkarier di Eropa. Juventus, Fiorentina, Inter Milan, dan Galatasaray merupakan beberapa tim besar yang pernah dibela oleh Felipe Melo. Pada tahun 2005, Melo juga sempat berseragam Racing Santander.

Kala itu, ia dibeli dari RCD Mallorca dengan harga 2 juta euro atau setara dengan Rp32 miliar. Karier Melo selama berseragam Los Montaneses cukup bagus dalam musim pertama. Ia mampu mencatatkan 33 laga dengan sumbangan 2 gol.

Namun pada musim keduanya, ia hanya mampu mencatatkan 15 penampilan saja. Alhasil ia pun dijual ke Almeria pada tahun 2007, tepat sebelum namanya dikenal publik bersama Fiorentina.

4. Sergio Canales

5 Pesepak Bola Top yang Bela Racing Santander 20 Tahun TerakhirSergio Canales (skysports.com)

Jauh sebelum dikenal karena penampilan impresifnya bersama Real Betis dalam tiga tahun terakhir, Sergio Canales sempat bermain di tim senior Racing Santander selama semusim. Sergi Canales merupakan produk akademi Racing Santander dari tahun 2001 hingga 2008.

Walaupun hanya berada semusim di tim utama, penampilan Canales mampu menarik perhatian Real Madrid. Setelah mencatatkan 39 penampilan dengan torehan 7 gol dan 6 assists, Canales akhirnya dibeli oleh Real Madrid pada tahun 2010.

5. Luis Garcia

5 Pesepak Bola Top yang Bela Racing Santander 20 Tahun TerakhirLuis Garcia (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Luis Garcia, winger berkebangsaan Spanyol yang terkenal bersama Liverpool. Setelah lama membela Barcelona, Liverpool dan Atletico Madrid, Luis Garcia memutuskan untuk pindah ke Racing Santander pada awal musim 2009/2010.

Dengan usianya yang tak lagi muda, Luis Garcia nampak kesulitan untuk bermain di Racing Santander yang saat itu berada di papan tengah klasemen LaLiga Primera. Ia hanya mampu bertahan selama semusim di Racing Santander dengan torehan 15 penampilan saja.

Walaupun tergolong sebagai tim legendaris di LaLiga, namun kenyataannya Racing Santander belum bisa meraih satu pun gelar sejak berdiri pada tahun 1913. Kendati demikian, harapan terbaik untuk Racing Santander agar bisa segera kembali ke kasta tertinggi.

Baca Juga: 5 Pemain La Liga Spanyol yang Dibeli Mahal oleh Klub Liga Super China

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya