Comscore Tracker

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara 

Gudangnya tim terbaik Jerman

Banyak orang mengatakan, sepak bola Jerman identik dengan daerah Bavaria. Wilayah Bavaria memang punya Bayern Munich sebagai tim terkuat yang ada di Jerman dengan para pesepak bola yang langganan menghuni tim nasional.

Namun faktanya, klub-klub dari wilayah Rhine Westphalia Utara sebenarnya lebih banyak mendominasi dan berlaga di Bundesliga. Berikut daftar enam klub Bundesliga yang berasal dari wilayah Rhine Westphalia Utara, check this out!

1. Bayer Leverkusen

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara glasgowtimes.co.uk

Klub pertama yang ada dalam daftar ini ialah Bayer Leverkusen. Klub ini didirikan oleh serikat pekerja perusahaan farmasi Jerman yang bernama Bayer pada 1 Juli 1904. Nama Bayer Leverkusen akhirnya diambil dari kombinasi nama perusahaan dan kota tempat mereka berasal.

Klub berjuluk Die Werkself ini bermarkas di BayArena stadium yang memiliki kapasitas 30,8 ribu penonton. Walaupun belum pernah sekalipun memenangkan gelar juara Bundesliga, namun Bayer Leverkusen selalu konsisten berada di papan atas klasemen Bundesliga dengan skuad potensial yang mereka dapatkan dari berbagai benua.

2. Borussia Monchengladbach

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara forbes.com

Borussia Monchengladbach merupakan klub yang didirikan pada 1 Agustus 1900 oleh sekelompok pemuda yang dulunya adalah bagian dari asosiasi olahraga TC Germania Gladbach. Nama Borussia yang biasa digunakan oleh tim Jerman merupakan nama lain dari Prusia yang merupakan nama kerajaan Jerman dari tahun 1525 hingga 1947. Nama Borussia akhirnya diambil oleh Gladbach sebagai bentuk patriotik dan kesetiaan terhadap negara.

Total 5 gelar juara Bundesliga dan 2 gelar juara Europa League berhasil Gladbach hasilkan selama 120 tahun berdiri. Selain karena kesuksesannya, Gladbach juga terkenal karena persaingannya dengan Borussia Dortmund yang dikenal sebagai  Borussen Derby dan rivalitasnya dengan FC Koln, yang sering disebut Rhineland Derby.

3. Borussia Dortmund

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara cbssports.com

Pesaing ketat Bayern Munich dalam beberapa musim terakhir, Borussia Dortmund juga merupakan klub yang berasal dari wilayah Rhine Westphalia Utara. Borussia Dortmund berdiri pada 19 Desember 1909 dan bermarkas di stadion Signal Iduna Park, kota Dortmund yang memiliki kapasitas sebesar 81,36 penonton.

Selain karena prestasinya, klub ini juga dikenal karena fanatisme penonton dan rivalitasnya dengan tim Bundesliga lain. Total 3 derby selalu hadir menjadi laga panas untuk Die Borussian setiap tahunnya, yakni Der Klassiker bersama Bayern Munich, Borussen Derby bersama Borussia Monchengladbach dan Ravier Derby bersama Schalke 04 yang menjadi derby tradisional terpanas di tanah Jerman.

Baca Juga: 5 Top Skor Borussia Monchengladbach Sepanjang Sejarah, Jupp Heynckes?

4. Schalke 04

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara schalke04.de

Selanjutnya ialah lawan Borussia Dortmund di Ravier Derby, Schalke 04. Klub berjuluk the royals blue ini didirikan pada 4 Mei 1904 oleh sekelompok pelajar sekolah menengah di kota Gelsenkirchen. Total 7 kali gelar juara Bundesliga dan 1 kali Europa League berhasil Schalke 04 dapatkan dalam 116 tahun masa berdirinya.

Ravier derby atau derby lembah Ruhr yang mempertemukan Schalke 04 kontra Borussia Dortmund adalah salah satu derby tradisional Jerman yang berasal dari wilayah Industri tambang di daerah lembah Ruhr. Persaingan tradisi, ekonomi serta politik adalah isu paling kental dalam rivalitas ini. Dalam persaingan ini, Schalke 04 mewakili industri batu bara, sedangkan Borussia Dortmund mewakili industri baja.

Akibat rivalitas yang telah terjadi sejak lama, Ravier derby selalu menjadi derby paling panas yang ada di daratan Jerman. Namun sayang musim depan Ravier derby tidak akan terhelat di Bundesliga, mengingat Schalke 04 sudah pasti degradasi ke Bundesliga 2, sejak terakhir mereka terdegradasi di musim 1981/1982.

5. FC Koln

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara sportspromedia.com/gettyimages

Klub yang berasal dari ibu kota wilayah Rhine Westphalia Utara, FC Koln kini sedang berlaga di Bundesliga. Klub berlogo kambing ini didirikan pada 13 Februari 1948 sebagai klub pecahan dari tim Borussia Koln. Selama berdiri, total 2 gelar juara Bundesliga dan 4 gelar juara DFB Pokal berhasil mereka raih.

FC Koln sangat identik dengan lambang kambing yang telah dipakainya sejak tahun 1950. Dalam tradisinya, FC Koln hampir selalu membawa sang maskot yang diberi nama Hennes ke setiap laga yang dijalaninya di kandang mereka, Rhein Energie Stadion.

6. Ariminia Bielefeld

6 Klub Bundesliga yang Berasal dari Wilayah Rhine Westphalia Utara ellitoral.com

Juara kasta kedua Bundesliga musim lalu, Ariminia Bielefeld merupakan klub yang berasal dari sebelah timur wilayah Rhine Westphalia Utara. Ariminia Bielefeld didirikan pada 3 Mei 1905 oleh 14 orang bangsawan dari kota Bielefeld.

Ariminia Bielefeld bermarkas di Bielefeld Alm Stadium yang memiliki kapasitas penonton sebanyak 27,3 ribu. Kini klub berjuluk Die Arminen ini sedang berjuang di papan bawah klasemen untuk bisa bertahan di Bundesliga.

Berasal dari wilayah Rhine Westphalia Utara, merekalah yang berlaga di kasta tertinggi Bundesliga musim ini. Selain klub-klub tersebut, masih ada klub lain yang kini sedang berjuang di Bundesliga 2 yakni, Fortuna Dusseldorf, Vfl Bochum, dan Padenborn yang juga pernah menghuni Bundesliga dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Selatan dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya