5 Pemain Terbaik yang Di-Draft Boston Celtics dalam 30 Tahun Terakhir

Tim terbaik dengan para pemain berkualitas

Boston Celtics merupakan salah satu tim paling sukses di NBA dengan 17 gelar juara. Boston Celtics menjadi satu-satunya tim yang tidak pernah berubah nama sejak didirikan pada tahun 1946. Tak heran bila Boston Celtics bisa dikatakan sebagai tim paling hebat dalam sejarah bergulirnya NBA.

Hingga saat ini, hanya LA Lakers yang bisa menyamai torehan gelar juara yang didapatkan Boston Celtics. Salah satu kunci kesuksesan Boston Celtics selama ini ialah scouting yang baik melalui pemilihan pemain yang tepat dalam gelaran NBA Draft setiap tahunnya.

Walaupun sempat terpuruk, melalui pemilihan yang baik sebuah tim akan lebih cepat bangkit dan kembali ke performa terbaiknya. Dalam 30 tahun terakhir, Boston Celtics selalu berhasil memilih para bakat terbaik yang masuk melalui jalur NBA Draft.

Lantas, siapa sajakah pemain terbaik yang berhasil di-draft Boston Celtics dalam kurun waktu 30 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Antoine Walker 

5 Pemain Terbaik yang Di-Draft Boston Celtics dalam 30 Tahun Terakhir985thesportshub.com

NBA Draft tahun 1996 dikenal sebagai salah satu generasi terbaik dalam sepanjang sejarah digelarnya NBA. Pada tahun tersebut Boston Celtics mendapatkan salah satu bakat terbaiknya, Antoine Walker, yang di-draft di urutan ke-6.

Total 8 musim Walker bermain bersama Boston Celtics, yakni sejak tahun 1996 hingga 2003 dan 1 musim pada tahun 2005. Walker merupakan bagian dari tim juara Miami Heat tahun 2006. Walaupun belum pernah membawa Boston Celtics menjadi juara, kedatangan Antoine Walker tahun 1996 berhasil memberikan instant impact bagi Celtics yang kala itu sedang terpuruk.

Baca Juga: 10 Pebasket NBA dengan Jumlah Triple-Double Terbanyak dalam Sejarah 

2. Chauncey Billups

5 Pemain Terbaik yang Di-Draft Boston Celtics dalam 30 Tahun Terakhirdetroitnews.com

Setahun setelah di-draft-nya Antoine Walker, Boston Celtics kembali mendapatkan seorang bakat terbaik dari Colorado University, yakni Chauncey Billups. Kala itu Billups di-draft pada urutan ke-3 NBA Draft tahun 1997.

Namun sayang, bakat Billups justru tidak terpancar kala membela Boston. Ia pun di-trade ke Toronto Raptors setelah semusim bermain bersama Boston Celtics. Setelah sempat berkelana, aura bintang dari Chauncey Billups baru terpancar kala membela Detroit tahun 2002 hingga 2008.

Pada tahun 2004 Ia berhasil membawa Detroit menjadi juara NBA sekaligus menjadikan dirinya sebagai NBA Final MVP. Selama berkarier di NBA, total 5 kali Ia pernah ikut berpartisipasi dalam ajang NBA All-Star Game, yakni sejak tahun 2006 hingga tahun 2010 secara berturut-turut.

3. Paul Pierce

5 Pemain Terbaik yang Di-Draft Boston Celtics dalam 30 Tahun Terakhirlatimes.com

Paul Pierce bisa dikatakan sebagai pemain terbaik yang pernah di-draft Boston Celtics dalam 30 edisi terakhir NBA Draft. Kala itu Paul Pierce di-draft di urutan ke-10 NBA Draft tahun 1998.

Selama berkarier di NBA, Paul Pierce sangat dikenal sebagai seorang shooter hebat dan menjadi salah satu pemegang rekor pencetak 3 points terbanyak di NBA. Total 4 tim pernah dibela oleh Paul Pierce di NBA dan 15 tahun bersama Boston Celtics adalah masa-masa terbaik yang pernah dimilikinya di NBA.

Bersama Boston, Ia berhasil menjadi juara NBA tahun 2008 sekaligus menjadi MVP di laga final. Tak hanya itu, 10 kali keikutsertaannya dalam All-Star Game juga berhasil Ia dapatkan kala membela Boston Celtics. Paul Pierce pun akhirnya pensiun pada tahun 2017 dan nomor 34 yang ia kenakan kala membela Boston Celtics akhirnya dipensiunkan.

4. Joe Johnson

5 Pemain Terbaik yang Di-Draft Boston Celtics dalam 30 Tahun Terakhircelticswire.usatoday.com

Nama selanjutnya adalah pemain yang bersinar bersama Atlanta Hawks sejak tahun 2005 hingga 2012, Joe Johnson. Pada gelaran NBA Draft tahun 2001, Joe di-draft di urutan ke-10 oleh Boston Celtics setelah penampilannya bersama tim Arkansas Razorbacks di NCAA berhasil menjadi sorotan.

Sama seperti Chauncey Billups, Joe hanya bertahan semusim bersama Boston Celtics dengan rataan 6,3 poin, 5 rebounds, dan 1,5 assists. Joe Johnson akhirnya di-trade ke Pheonix Suns tahun 2002. Barulah pada tahun 2005, karier Joe semakin cemerlang kala Ia di-trade ke Atlanta Hawks.

Walaupun belum pernah juara bersama tim mana pun, Joe Johnson dianggap sebagai salah satu small forward terbaik era 2000-an. Total 7 kali keikutsertaannya dalam All-Stars Game menjadi bukti kehebatannya selama berkarier di NBA.

5. Jayson Tatum

5 Pemain Terbaik yang Di-Draft Boston Celtics dalam 30 Tahun Terakhirmasslive.com

Banyak penggemar NBA mengakui bahwa Jayson Tatum merupakan masa depan tim nasional Amerika Serikat dan NBA. Sejak di-draft di urutan ke-3 NBA Draft tahun 2017, Tatum selalu berhasil tampil hebat bersama Boston Celtics di setiap musimnya.

Hingga kini Jayson Tatum sudah tampil dua kali dalam gelaran NBA All-Stars Game, yakni tahun 2020 dan 2021. Musim lalu menjadi tahun terbaik selama 5 tahun kariernya di NBA. Walaupun gagal membawa Boston Celtics juara, rataan 25,3 poin, 6,9 rebounds, dan 4,4 assists adalah sebuah hal yang menakjubkan bagi small forward berumur 23 tahun ini.

 

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Boston Celtics dalam 30 edisi NBA Draft terakhir. Dengan manajemen yang berkualitas dan scouting yang hebat, Boston Celtics masih terus bisa menjaga tradisi sebagai salah satu tim elite yang ada di NBA. Menurutmu, siapa yang terbaik? Adakah lagi yang lebih baik daripada mereka?

Baca Juga: 10 Pebasket dengan Jumlah Kesempatan Free Throw Terbanyak di NBA 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya