5 Jebolan Akademi Aberdeen FC Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Tim terbaik ketiga di Skotlandia

Jika menyebut persaingan sepak bola di Liga Skotlandia, maka Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic selalu menjadi yang teratas. Di bawah kedua klub tersebut, Aberdeen FC layak disebut yang terbaik.

Klub yang menjadi awal karier kepelatihan Sir Alex Ferguson ini telah empat kali juara Liga Skotlandia. Selain itu, Aberdeen juga cukup sering lahirkan pemain hebat dari akademi yang bermain di English Premier League. 

Dari 8 nama yang ada, berikut ini kami rangkum 5 jebolan akademi Aberdeen FC terbaik yang pernah berlaga di English Premier League.

1. Bryan Gunn

5 Jebolan Akademi Aberdeen FC Terbaik yang Pernah Bermain di EPLBryan Gunn (premierleague.com)

Pemain jebolan akademi Aberdeen FC pertama yang berkarier di English Premier League adalah Bryan Gunn. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini pernah dilatih oleh Sir Alex Ferguson kala berseragam Aberdeen.

Pemain yang menghabiskan dua tahun (1980—1982) di tim muda Aberdeen FC ini pindah ke Norwich City pada 1986. Namun, catatan penampilan di EPL baru Gunn dapatkan pada musim 1992/1993 seiring dengan perubahan format kompetisi. Selama berkarier di EPL, Gunn sukses torehkan 29 nirbobol dari 104 laga untuk The Canaries.

2. Kenny McLean

5 Jebolan Akademi Aberdeen FC Terbaik yang Pernah Bermain di EPLKenny McLean (mobile.twitter.com/kennymclean66)

Norwich City seperti memiliki koneksi yang cukup baik dengan jebolan akademi Aberdeen. Kenny McLean menjadi salah 1 dari 3 jebolan akademi Aberdeen FC yang pernah membela Norwich City. Hingga kini, McLean masih bermain untuk Norwich.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pindah ke Norwich pada Januari 2018. Seiring dengan naik turunnya Norwich dari EPL, McLean baru mencatatkan 68 penampilan dari 2 musim yang dijalaninya di EPL, yakni pada 2019/2020 dan 2021/2022.

Baca Juga: 5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FC

3. Ryan Fraser

5 Jebolan Akademi Aberdeen FC Terbaik yang Pernah Bermain di EPLRyan Fraser (premierleague.com)

Saat masih muda, Ryan Fraser hanya menimba ilmu di tim akademi Aberdeen FC. Ia promosi ke tim utama pada 2012 dan memulai kariernya bersama klub Inggris pada awal tahun 2013 dengan bergabung bersama AFC Bournemoth.

Pernah membela Ipswich Town (2015/2016), Fraser kini bermain untuk Newcastle United. Secara garis besar, Fraser bermain cukup luar biasa di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Ia telah mencetak 18 gol dan 35 assists dari 172 penampilan di EPL.

4. Kevin McNaughton

5 Jebolan Akademi Aberdeen FC Terbaik yang Pernah Bermain di EPLKevin McNaughton (cardiffcityfc.co.uk)

Nama selanjutnya ialah Kevin McNaughton, bek kanan berkebangsaan Skotlandia yang dua tahun (1998—2000) berada di tim akademi Aberdeen FC. Dalam kariernya, McNaughton pernah membela Cardiff City, Bolton Wanderers, dan Wigan Athletic di Inggris.

Namun, catatan penampilannya di kasta tertinggi hanya ditorehkan bersama Cardiff City. Momen tersebut terjadi pada musim 2013/2014 ketika McNaughton bermain dalam 5 laga dengan rincian 281 menit.

5. Scott McKenna

5 Jebolan Akademi Aberdeen FC Terbaik yang Pernah Bermain di EPLScott McKenna (twitter.com/nffc)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Scott McKenna pernah delapan tahun (2008—2016) ditempa ilmu sepak bolanya di Aberdeen FC. Kariernya di Inggris dimulai pada 2020/2021 bersama Nottingham Forest yang jadi timnya sekarang.

Seiring dengan promosinya Nottingham Forest ke kasta tertinggi, Scott McKenna pun baru memulai menorehkan catatan penampilannya di EPL 2022/2023. Hingga pekan kesepuluh, McKenna telah menjalani sepuluh laga untuk Nottingham Forest sebagai bek tengah.

 

Nampaknya sulit untuk melakukan gebrakan dan mengganggu dominasi Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic di Liga Skotlandia. Aberdeen FC menjadi tim terakhir yang menjadi juara Liga Skotlandia sebelum kedua klub tersebut mendominasi.

Baca Juga: 5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya