Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Atalanta Terbaik yang Pernah Bermain di EPL  

Tidak hanya pesepak bola asal Italia

Lombardia merupakan salah satu wilayah yang sangat kental dengan aroma sepak bola Italia. Selain memiliki duo Milan, Lombardia juga punya Atalanta Bergamo.

Atalanta sama legendarisnya dengan duo Milan. Mereka memiliki sistem akademi yang baik sejak lama, walaupun performa klubnya baru membaik akhir-akhir ini.

Banyak pemain top lahir dari akademi Atalanta Bergamo. Beberapa di antaranya pernah bermain di English Premier League (EPL).

1. Richard Hughes

5 Jebolan Akademi Atalanta Terbaik yang Pernah Bermain di EPL  Richard Hughes (skysports.com)

Atalanta Bergamo tak hanya memiliki pemain akademi dari Italia. Banyak dari jebolan akademi Atalanta juga berasal dari luar Italia. Salah satunya ialah Richard Hughes, gelandang bertahan berkebangsaan Skotlandia yang 5 tahun (1992—1997) berada di tim akademi La Dea.

Hughes sendiri tak pernah berlaga di Serie A. Seluruh karier sepak bolanya ia habiskan untuk membela klub-klub Liga Inggris, seperti Bournemouth, Portsmouth, dan Grimsby. Hughes menjalani 114 laga di EPL bersama Portsmouth.

2. Vito Mannone

5 Jebolan Akademi Atalanta Terbaik yang Pernah Bermain di EPL  Vito Mannone (skysports.com)

Vito Mannone merupakan kiper berkebangsaan Italia yang terakhir kali bermain untuk AS Monaco. Mannone pernah berada di tim akademi Atalanta Bergamo selama 2 tahun (2003—2005), sebelum pindah ke tim akademi Arsenal dan memulai perjalanannya di Inggris.

Selain Arsenal, Mannone pernah membela Barnsley, Hull City, Sunderland, dan Reading di Inggris. Namun, catatan 82 penampilannya di kasta tertinggi hanya ditorehkan bersama Sunderland dan Arsenal.

Baca Juga: 10 Potret Mario Pasalic, Gelandang Kroasia Andalan Atalanta

3. Samuele Dalla Bona

5 Jebolan Akademi Atalanta Terbaik yang Pernah Bermain di EPL  Samuele Dalla Bona saat berseragam Chelsea (skysports.com)

Samuele Dalla Bona merupakan jebolan akademi Atalanta Bergamo pertama yang meniti karier di EPL. Setelah 2 tahun berada di tim akademi Atalanta, Dalla Bona pindah ke akademi Chelsea pada 1998.

Ia baru dipromosikan pada 1999 dan bermain selama 3 musim untuk klub asal London tersebut. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sukses mencatatkan 6 gol dari 55 pertandingan di EPL. Torehan tersebut kebanyakan ia catatkan pada musim kedua dan ketiganya.

4. Manolo Gabbiadini

5 Jebolan Akademi Atalanta Terbaik yang Pernah Bermain di EPL  Manolo Gabbiadini (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Manolo Gabbiadini, penyerang asal Italia yang pernah 2 musim (2017—2019) membela Southampton. Dalam kurun waktu tersebut, Gabbiadini sanggup mencatatkan 10 gol dari 50 laga di kasta tertinggi Liga Inggris.

Jauh sebelum itu, Gabbiadini pernah cukup lama dididik tim akademi Atalanta Bergamo. Momen tersebut terjadi dari 2003 hingga akhirnya promosi ke tim utama La Dea pada awal 2011/2012.

5. Dejan Kulusevski

5 Jebolan Akademi Atalanta Terbaik yang Pernah Bermain di EPL  Dejan Kulusevski (juventus.com)

Jauh sebelum namanya dikenal seperti sekarang, Dejan Kulusevski pernah jadi bagian dari tim akademi Atalanta Bergamo selama 3 tahun (2016—2019). Akan tetapi, namanya baru mulai dikenal publik ketika bermain apik bersama Parma dan Juventus.

Winger asal Swedia ini jadi salah satu pemain jebolan akademi Atalanta yang berlaga di EPL 2021/2022. Ia datang pada pertengahan musim untuk bergabung dengan Tottenham Hotspur.

Kulusevski tampil sangat apik dengan catatan 5 gol dan 8 assist dari 18 laga. Penampilannya ini membuka peluang besar untuk Spurs mempermanenkannya.

Selain kelima nama di atas terdapat lima nama lain. Mereka adalah Rolando Bianchi yang pernah main untuk Manchester City, Davide Zappacosta untuk Chelsea, Simone Zaza untuk West Ham United, Amad Diallo untuk Manchester Unite, dan Jacopo Sala untuk Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Membela Atalanta pada 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya