5 Jebolan Akademi AZ Alkmaar Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Ada dua pemain Islandia pernah mencicipi Premier League

AZ Alkmaar sering kali muncul sebagai kuda hitam kompetisi Eredivisie tiap musimnya. Tim berjuluk Kaaskoppen ini sering kali menganggu dominasi tiga tim teratas Eredivisie, yakni Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven dan Feyenoord Rotterdam dalam berkompetisi.

Sehingga tak mengherankan jika AZ Alkmaar sebetulnya punya kualitas yang hebat. AZ Alkmaar juga punya kualitas akademi yang berkelas. Banyak pemain jebolan AZ Alkmaar tumbuh sebagai legenda dan beberapa dari mereka sukses menembus English Premier League (EPL).

Total ada 12 pemain jebolan akademi AZ Alkmaar yang pernah merumput di EPL. Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai lima yang terbaik. Siapa saja?

1. Johann Berg Gudmundsson

5 Jebolan Akademi AZ Alkmaar Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJohann Berg Gudmundsson (skysports.com)

Johann Berg Gudmundsson menjadi satu-satunya alumni akademi AZ Alkmaar yang merumput di EPL 2021/2022. Sayangnya, ia gagal bertahan di EPL untuk musim depan karena tim yang ia bela, Burnley, harus terdegradasi.

Gudmundsson telah catatkan 130 laga dengan torehan 9 gol dan 18 assists di EPL sejak berlaga pada musim 2016/2017. Sebelum jadi pesepak bola profesional, winger asal Islandia ini pernah menimba ilmu di tim junior AZ Alkmaar selama setahun (2009—2010).

2. Jimmy Floyd Hasselbaink

5 Jebolan Akademi AZ Alkmaar Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJimmy Floyd Hasselbaink (skysports.com)

Jimmy Floyd Hasselbaink menjadi jebolan akademi AZ Alkmaar dengan jumlag pertandingan terbanyak di English Premier League. Betapa tidak, Hasselbaink menghabiskan dua belas tahun kariernya untuk membela beberapa klub EPL.

Tim-tim tersebut adalah Leeds United (1997—1999), Chelsea (2000—2004), Middlesborugh (2004—2006), Charton Athletic (2006—27) dan Birmingham Ciity (2007—2008). Selama berada di EPL, Hasselbaink sangat produktif. Ia sukses catatkan 127 gol dan 35 assists dari 288 laga.

Baca Juga: 6 Top Skor Eredivisie yang Gagal Bersinar di English Premier League

3. Ron Vlaar

5 Jebolan Akademi AZ Alkmaar Terbaik yang Pernah Bermain di EPLRon Vlaar (skysports.com)

Ron Vlaar merupakan salah satu pemain andalan Louis van Gaal saat Timnas Belanda berlaga di Piala Dunia 2014. Saat dibawa ke Brasil untuk Piala Dunia, Ron Vlaar saat itu bermain untuk Aston Villa, tim yang ia bela sejak 2012.

Ron Vlaar bermain selama tiga musim untuk Aston Villa, terhitung dari 2012 hingga pindah ke AZ Alkmaar pada 2015. Sebelum bergabung kembali dengan AZ Alkmaar, Ron Vlaar pernah 7 tahun (1997—2004) berada di tim akademi AZ Alkmaar.

4. Aron Gunnarsson

5 Jebolan Akademi AZ Alkmaar Terbaik yang Pernah Bermain di EPLpotret Gunnarsson melakukan lemparan ke dalam (90min.com)

Pesepak bola Islandia lain yang juga pernah menimba ilmu di akademi AZ Alkmaar dan berlaga di EPL adalah Aron Gunnarsson. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah berada di tim akademi AZ Alkmaar selama 2 tahun (2006—2008).

Tak pernah tampil di tim utama AZ Alkmaar, Gunnarsson langsung direkrut oleh Coventry City ke Inggris. Sayangnya, ia gagal debut di kasta tertinggi bersama Coventry. Catatannya di EPL baru terjadi pada musim 2013/2014 dan 2018/2019, ketika berseragam Cardiff City. Dalam dua musim, Gunnarsson sukses catatkan 2 gol dan 3 assists dari 51 laga.

5. Wesley Hoedt

5 Jebolan Akademi AZ Alkmaar Terbaik yang Pernah Bermain di EPLWesley Hoedt (skysports.com)

Nama yang terakhir adalah Wesley Hoedt, bek berkebangsaan Belanda yang saat ini bermain untuk RSC Anderlecht di Jupiter League Belgia. Hoedt pernah berada di tim akademi AZ Alkmaar selama sembilan tahun, tepatnya dari 2005 hingga ia promosi ke tim utama pada 2014.

Hoedt hanya pernah membela Southampton di EPL. Namun, kariernya di EPL tak stabil. Ia hanya aktif bermain selama dua musim, sedangkan sisanya ia habiskan sebagai pemain pinjaman. Hoedt hanya catatkan 44 penampilan selama berada di EPL.

 

Selain kelima nama di atas, masih ada beberapa nama top lain seperti Oussama Assaidi, Luciano Narsingh, Khalid Boulahrouz dan Jeremain Lens. Akan tetapi, nama-nama tersebut tak terlalu banyak catatkan laga selama berkarier di English Premier League.

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Pernah Dibeli Tottenham Hotspur dari Klub Eredivisie

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya