5 Jebolan Akademi Borussia Monchengladbach yang Main di EPL

Tak ada yang mentereng secara individu

Borussia Monchengladbach dan Yan Sommer menjadi sorotan pekan lalu. Mereka sukses menahan imbang Bayern Munich. Borussia Monchengladbach mementahkan serangan Die Bayern hingga laga berakhir imbang.

Borussia Monchengladbach sebetulnya merupakan salah satu tim elite Jerman. Mereka beberapa kali meraih gelar juara dan cukup sering melahirkan pemain hebat dari tim akademi.

Tak hanya di Bundesliga, beberapa pemain mereka juga berkarier di English Premier League (EPL). Berikut ini lima jebolan akademi Borussia Monchengladbach yang main di EPL.

1. Elias Kachunga

5 Jebolan Akademi Borussia Monchengladbach yang Main di EPLElias Kachunga (htafc.com)

Jebolan akademi Borussia Monchengladbach dengan jumlah pertandingan terbanyak di EPL masih dipegang Elias Kachunga yang kini membela Bolton Wanderers di League One. Kachunga sendiri hanya mencatat 1 gol dan 1 assist dari 39 laga di EPL.

Semuanya ia catatkan ketima membela Huddersfield pada 2017—2019. Winger yang berasal dari RD Kongo ini pernah berada di tim akademi Borussia Monchengladbach dalam waktu yang cukup lama, yakni dari 2005 hingga 2010.

2. Lewis Holtby

5 Jebolan Akademi Borussia Monchengladbach yang Main di EPLLewis Holtby (tottenhamhotspur.com)

Musim 2012/2013 merupakan masa terbaik dalam karier Lewis Holtby bersama Schalke 04. Ia dianggap sebagai pemain muda berbakat yang membuat Holtby akhirnya diboyong Tottenham Hotspur pada pertengahan musim.

Sayangnya, penampilan Holtby bersama Spurs gagal bersinar, bahkan bisa disebut mengalami penurunan. Pemain yang menghabiskan 3 tahun (2001—2004) di tim muda Gladbach ini hanya mencatat 38 laga di EPL untuk dua tim, yakni Spurs dan Fulham.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

3. Andriy Voronin

5 Jebolan Akademi Borussia Monchengladbach yang Main di EPLAndriy Voronin (premierleague.com)

Sama seperti Lewis Holtby, penurunan karier Andriy Voronin juga terjadi saat bermain di English Premier League. Penyerang asal Ukraina ini pernah 2,5 tahun (2007—2010) membela Liverpool. Namun, ia hanya aktif bersama The Reds selama 1,5 musim.

Kurang bersinarnya Voronin disebabkan oleh sulitnya menggeser dominasi Dirk Kuyt dan Fernando Torres di lini serang Liverpool. Oleh karena itu, Voronin yang 2 tahun (1995—1997) ditempa di tim muda Borussia Monchengladbach ini hanya mencatat 27 laga dengan torehan 5 gol dan 3 assist.

4. Christoph Zimmerman

5 Jebolan Akademi Borussia Monchengladbach yang Main di EPLChristoph Zimmerman (premierleague.com)

Cristoph Zimmermann merupakan bek berkebangsaan Jerman yang saat ini bermain untuk SV Darmstadt di kasta kedua Liga Jerman. Zimmermann cukup lama menimba ilmu di tim akademi Borussia Monchengladbach.

Momen tersebut terjadi selama 8 tahun (2006—2014), sebelum ia pindah ke tim muda Borussia Dortmund. Sejak 2017, Zimmermann telah bermain untuk Norwich City. Hingga akhirnya hengkang pada bursa transfer musim panas 2022, Zimmermann hanya mencatat 20 laga dari 2 musimnya berlaga di EPL untuk Norwich City.

5. Marko Marin

5 Jebolan Akademi Borussia Monchengladbach yang Main di EPLMarko Marin (skysports.com)

Sempat digadang-gadang akan tumbuh sebagai pemain bintang, Marko Marin justru gagal merealisasikan hal tersebut. Karier Marin menurun drastis setelah bergabung dengan Chelsea pada awal musim 2012/2013.

Marin yang 2 tahun (2005—2007) berada di tim akademi Borussia Monchengladbach ini lebih sering dipinjamkan Chelsea ketimbang bermain secara reguler bersama The Blues. Oleh karena itu, Marin hanya mampu menorehkan 1 gol dan 1 assist dari 6 laga di EPL.

Selain kelima nama di atas, terdapat empat nama lain yakni, Michael Frontzeck, Armel Bella-Kotchap, Kostas Mitroglou, dan Phillip Heise. Namun lagi-lagi, tak ada satu pun jebolan akademi Borussia Monchengladbach yang mampu bersinar di EPL.

Baca Juga: Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia Dortmund

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya