Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi SM Caen Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

William Gallas jadi yang terbaik!

SM Caen merupakan klub Prancis yang saat ini berlaga di Ligue 2. Meski berada di kasta kedua, SM Caen pernah mengorbitkan beberapa pemain hebat. N’Golo Kante, Raphael Guerreiro, dan Thomas Lemar adalah beberapa contohnya.

Namun, nama-nama tersebut bukan berasal dari akademi SM Caen. Kendati demikian, jebolan akademi SM Caen juga punya kualitas baik. Beberapa di antaranya pernah membela klub English Premier League (EPL). Berikut kami sajikan daftar dan ulasan lima yang terbaik!

1. Bernard Mendy

5 Jebolan Akademi SM Caen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLBernard Mendy (skysports.com)

Nama pertama dalam daftar ini adalah Bernard Mendy yang pernah menimba ilmu di akdemi SM Caen selama dua tahun. Momen tersebut terjadi di antara tahun 1996 hingga Bernard Mendy yang berposisi sebagai bek kanan promosi pada tahun 1998.

Mendy yang cukup lama berkarier di Liga India pernah merasakan berkarier di EPL. Bolton Wanderers (2002--2003) dan Hull City (2008--2010) merupakan tim yang pernah ia bela. Selama berkarier di Inggris, Mendy mencatatkan 70 penampilan di ajang English Premier League.

2. Steven Nzonzi

5 Jebolan Akademi SM Caen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLSteven Nzonzi (skysports.com)

Tim akademi SM Caen merupakan akademi terakhir yang ditempati oleh Stevan Nzonzi sebelum jadi pesepak bola profesional. Nzonzi merupakan salah satu gelandang bertahan yang membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018.

Nzonzi pernah punya karier di English Premier League bersama dua tim berbeda, yakni Blackburn Rovers (2009—2012) dan Stoke City (2012—2015). Selama berkarier di EPL, Nzonzi menorehakn 195 pertandingan dengan torehan 11 gol dan 8 assists.

Baca Juga: Everton Lolos dari Degradasi, Arsenal Diuntungkan

3. William Gallas

5 Jebolan Akademi SM Caen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLWilliam Gallas (skysports.com)

Dengan nama besar dan statusnya sebagai pemain bintang, William Gallas menjadi jebolan akademi SM Caen dengan jumlah penampilan terbanyak di EPL. Total 321 laga berhasil ia mainkan untuk tiga klub besar asal London, yakni Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Chelsea menjadi tim pertama yang menggunakan jasa Gallas, tepatnya dari tahun 2001 hingga 2006. Setelah itu, Gallas pernah membela Arsenal selama empat tahun. Pada tahun 2010, Gallas menyebrang ke rival Arsenal, yakni Tottenham Hotspur dan bermain selama tiga musim.

4. Yoan Gouffran

5 Jebolan Akademi SM Caen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLYoan Gouffran (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Yoann Goufrann, winger Prancis yang memutuskan untuk pensiun di Liga Armenia. Goufrann hanya berada dua tahun untuk menimba ilmu di akademi SM Caen. Momen tersebut terjadi dari tahun 2001 hingga 2003.

Sempat bermain masing-masing selama lima tahun untuk SM Caen dan Girodins Bordeaux, Gouffran pun mendapatkan kesempatan untuk berkarier di Inggris. Kala itu pada tahun 2013, Gouffran memutuskan untuk bergabung dengan Newcastle United. Dalam kurun waktu empat musim, ia mencatatkan 19 gol dan 13 assists dari 141 pertandingan untuk The Magpies.

5. Ronald Zubar

5 Jebolan Akademi SM Caen Terbaik yang Pernah Bermain di EPLRonald Zubar (skysports.com)

Ronald Zubar menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Bek berkebangsaan Guadaloupe ini pernah menimba ilmu di tim akademi SM Caen dan membela tim utama klub berjuluk Les Vikings ini selama empat musim.

Sempat membela Olympique Marseille selama tiga tahun, Zubar pun pindah ke Wolverhampton Wanderers pada tahun 2009. Total empat musim Zubar membela Wolves. Namun, ia hanya bermain selama tiga musim di EPL karena Wolves sudah terdegradasi apda musim 2012/2013.

 

Selain nama-nama yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat tiga jebolan akademi SM Caen lain yang pernah merumput di EPL. Dia adalah Mbaye Niang yang membela Watford, Elliot Grandin yang membela Blackpool, dan Adaam Diakhaby yang membela Huddersfield.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela SM Caen Sedekade Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya