5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie A

Fikayo Tomori dan Tammy Abraham paling menonjol

Chelsea merupakan sebuah klub besar yang telah menghasilkan banyak pemain berbakat dari akademi sepak bola mereka. Era kejayaan yang dibawa Roman Abrahamovich menjadi salah satu pemicu mengapa Chelsea punya tempat pendidikan yang hebat.

Akademi sepak bola itu membuat Chelsea memiliki banyak produk berkualitas yang tersebar di banyak liga, termasuk Serie A Italia. Lantas, siapa sajakah pemain jebolan Chelsea yang pernah merasakan atmosfer Serie A?

1. Jacopo Sala

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie AJacopo Sala (acspezia.com)

Tak hanya berasal dari Inggris, jebolan akademi Chelsea juga berasal dari negara-negara lain di dunia. Salah satunya ialah Jacopo Sala, gelandang berkebangsaan Italia yang saat ini membela Spezia Calcio di Serie A.

Faktanya, Jacopo Sala merupakan pemain jebolan akademi Chelsea dengan jumlah pertandingan terbanyak. Sala tercatat ikut serta dalam 154 pertandingan Serie A bersama 4 tim berbeda, yakni Sampdoria, Hellas Verona, SPAL, dan Spezia.

2. Jeremie Boga

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie AJeremie Boga (mobile.twitter.com/BogaJeremie)

Jeremie Boga juga tak berasal dari Inggris. Ia lahir di Marseille, Prancis, tetapi saat ini memilih untuk membela Timnas Pantai Gading. Jeremie Boga berada di tim Chelsea junior selama 5 tahun (2009—2014).

Boga sendiri memulai kariernya di Serie A pada 2018/2019 ketika bergabung dengan Sassuolo. Barulah pada 2021/2022, ia bergabung dengan Atalanta Bergamo yang saat ini menjadi timnya. Sejauh ini, Boga telah menorehkan 119 laga dengan torehan 18 gol dan 10 assist di Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 9 AS Roma sebelum Tammy Abraham

3. Tammy Abraham

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie ATammy Abraham (asroma.com)

Baru menjalani musim keduanya di Serie A pada 2022/2023, Tammy Abraham telah menunjukan prospek hebat di Liga Italia. Penyerang berkebangsaan Inggris ini sukses mencatat 20 gol dan 6 assist dari 52 pertandingan untuk AS Roma di Serie A sejauh ini.

Jauh sebelum itu, Tammy Abraham pernah dididik di tim akademi Chelsea selama 12 tahun (2004—2016). Ia juga pernah membela tim senior Chelsea selama 4 tahun (2017—2021). Namun, ia sempat kalah saing dan harus dipinjamkan ke tim lain ketika berseragam The Blues.

4. Ola Aina

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie AOla Aina (torinofc.it)

Ola Aina merupakan bek berkebangsaan Nigeria yang 9 tahun berada di tim akademi Chelsea. Momen tersebut terjadi pada 2007 hingga dipromosikan ke tim utama Chelsea pada awal musim 2016/2017.

Sempat menjalani masa peminjaman pada 2018/2019, Ola Aina kemudian dipermanenkan Torino pada awal musim 2019/2020. Hingga kini ia masih jadi bagian dari Torino dan telah sukses mencetak 93 laga.

5. Fikayo Tomori

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie AFikayo Tomori (twitter.com/fikayotomori_)

Nama Fikayo Tomori cukup mentereng dan dikenal para penggemar Chelsea. Pasalnya, Tomori merupakan salah satu bek hebat yang dihasilkan oleh akademi tim kesayangan mereka.

Tomori yang berada di tim akademi Chelsea selama 12 tahun (2005—2017) ini baru pindah ke Serie A pada paruh kedua musim 2020/2021. Meski terhitung baru, Tomori bermain sangat baik bersama AC Milan dalam 63 laga yang ia torehkan.

Tak hanya 5, terdapat 17 pemain jebolan akademi Chelsea yang pernah berlaga di Serie A Italia. Selain kelima nama di atas, ada Fabio Borini, Ray Wilkins, Samuele Dalla Bona, dan Nathaniel Chalobah. Mereka menjadi jebolan akademi Chelsea yang pernah merasakan atmosfer Serie A.

Baca Juga: 9 Fakta Fikayo Tomori, Bek asal Inggris Andalan AC Milan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya