5 Jebolan Akademi Club Nacional yang Pernah Berkarier di EPL

Luis Suarez termentereng, Diego Arismendi terburuk

Dari puluhan klub profesional yang ada di Uruguay, Club Nacional menjadi salah satu yang paling dikenal. Ini tak mengherankan jika melihat torehan prestasi yang telah didapat oleh klub.

Club Nacional juga mampu mencetak beberapa pemain hebat. Lima di antaranya pernah bermain di English Premier League (EPL), yang sering disebut sebagai kompetisi terbaik di dunia.

1. Sebastian Coates

5 Jebolan Akademi Club Nacional yang Pernah Berkarier di EPLSebastian Coates (safc.com)

Pemain yang sekarang menjabat sebagai kapten Sporting CP, Sebastian Coates, pernah menjadi bagian dari tim akademi Club Nacional selama 7 tahun (2002—2009). Sempat bermain di tim utama selama 2 tahun (2009—2011), Coates pun merantau ke Inggris.

Liverpool menjadi klub pertamanya kala itu. Akan tetapi, Coates jarang dimainkan sehingga pindah ke Sunderland pada 2014. Barulah pada 2016, Coates pindah ke Sporting CP. Selama berkarier di EPL, Coates hanya mencatat 38 laga.

2. Diego Lugano

5 Jebolan Akademi Club Nacional yang Pernah Berkarier di EPLDiego Lugano (twitter.com/DiegoLugano)

Sebelum Diego Godin, Diego Lugano merupakan sosok yang paling disegani di Timnas Uruguay karena perannya sebagai kapten tim. Di tengah karier panjangnya di Eropa, Lugano pernah membela satu klub EPL.

Klub tersebut adalah West Bromwich Albion, tim yang ia bela selama semusim (2013/2014). Dalam kurun waktu tersebut, Lugano gagal tampil bersinar dan hanya mempu mencatatkan 9 laga dengan torehan 1 gol.

Baca Juga: Atletico Nacional, Klub Tersukses di Kolombia dengan Sejarah Brutal 

3. Luis Suarez

5 Jebolan Akademi Club Nacional yang Pernah Berkarier di EPLLuis Suarez (premierleague.com)

Luis Suarez boleh disebut sebagai pesepak bola Uruguay terbaik yang pernah berlaga di Premier League. Masa baktinya selama 3,5 tahun (2011—2014) membela Liverpool jadi alasan banyak orang setuju dengan itu.

Suarez tampil sangat tajam kala berseragam Liverpool. Catatan 82 gol dan 46 assist dari 133 laga adalah buktinya. Jauh sebelum itu, Luis Suarez pernah menjadi bagian dari tim akademi Club Nacional selama 6 tahun (1998—2004).

4. Diego Arismendi

5 Jebolan Akademi Club Nacional yang Pernah Berkarier di EPLDiego Arismendi (mobile.twitter.com/RosarioCentral)

Jika Luis Suarez disebut yang terbaik, maka Diego Arismendi disebut yang terburuk. Pasalnya, Arismendi tak pernah sekali pun tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris meski membel Stoke City pada 2011/2012.

Padahal, ia pernah mencatatkan beberapa laga di UEFA Europa League pada musim tersebut. Diego Arismendi sendiri merupakan seorang gelandang bertahan yang menimba ilmu di tim akademi Club Nacional selama 2 tahun (2004—2006).

5. Matias Vina

5 Jebolan Akademi Club Nacional yang Pernah Berkarier di EPLMatias Vina (asroma.com)

Matias Vina adalah satu-satunya pemain jebolan akademi Club Nacional yang bermain untuk klub Premier League pada 2022/2023. Pemain berposisi bek sayap ini baru bergabung dengan AFC Bournemouth pada pertengahan musim sebagai pemain pinjaman dari AS Roma.

Jauh sebelum itu, Matias Vina pernah memiliki masa yang panjang di tim akademi Club Nacional. Ia memulainya pada 2003 dan baru promosi ke tim utama pada 2017.

Uruguay menjadi salah satu negara Amerika Selatan yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke English Premier League. Dengan lima nama di atas, akademi Club Nacional menjadi penyumbang terbanyak di antara akademi klub lain di Uruguay.

Baca Juga: 5 Gol Ikonik Luis Suarez di Piala Dunia, Si Tangan Kedua Tuhan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya