5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Banyak legenda Kroasia yang pernah berlaga di Serie A

Meski terhitung sebagai negara baru, Kroasia memang memiliki bakat besar dalam dunia sepak bola. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya pesepak bola Kroasia yang merumput di liga-liga top Eropa.

Faktanya, terdapat 111 pemain Kroasia yang pernah berlaga di Serie A. Kebanyakan dari mereka berasal dari tim akademi yang dikembangkan, seperti tim akademi Dinamo Zagreb yang dikenal sebagai tim tersukses di Kroasia. Dari dua puluh jebolan akademi Dinamo Zagreb di Serie A, berikut ini kami sajikan lima pemain terbaik yang pernah berlaga di Serie A.

1. Milan Badelj

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Main di Serie AMilan Badelj (acffiorentina.com)

Pemain jebolan akademi Dinamo Zagreb dengan jumlah pertandingan terbanyak di Serie A masih dipegang oleh Milan Badelj. Hal ini cukup wajar karena Badelj telah berkarier di Serie A sejak 2014 untuk 3 klub berbeda.

Fiorentina, Lazio, dan Genoa yang dibelanya saat ini menjadi tim Serie A yang pernah dihuni oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini. Meski catatan penampilannya terhenti pada musim ini karena ia berlaga di Serie B, Badelj telah memiliki catatana 10 gol dan 12 assist dari 217 laga di Serie A sejauh ini.

2. Bostjan Cesar

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Main di Serie ABostjan Cesar (chievo1929.it)

Tim akademi Dinamo Zagreb tak hanya memiliki pemain dari Kroasia. Mantan kapten Timnas Slovenia, Bostjan Cesar, menjadi salah satu bukti bahwa Dinamo Zagreb juga punya jebolan yang berasal dari negara luar Kroasia.

Cesar cukup lama berkarier di Italia, tepatnya bersama Chievo Verona selama 10 tahun (2010—2020). Dalam kurun waktu tersebut, Cesar pernah mengalami naik-turun kasta. Kendati demikian, Cesar sukses mencatat 215 laga dan 7 gol di Serie A.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie B

3. Zvonimir Boban

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Main di Serie AZvonimir Boban (acmilan.com)

Zvonimir Boban merupakan salah satu legenda terbesar sepak bola Kroasia. Pemain yang dahulunya berposisi sebagai gelandang serang ini promosi ke tim utama Dinamo Zagreb pada awal musim 1985/1986.

Enam musim berselang, karier Boban di Serie A dimulai bersama AC Milan hingga akhirnya dilepas pada 2001. Selain membela AC Milan, Boban juga pernah membela Bari pada musim 1991/1992. Selama berkarier di Serie A, Boban sukses mencetak 23 gol dan 27 assist dari 195 laga.

4. Dario Simic

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Main di Serie ADario Simic (twitter.com/acmilan)

Dario Simic juga merupakan legenda bagi sepak bola Kroasia. Pemain yang dahulunya berposisi sebagai bek kanan ini pernah membela duo Milan kala berkarier di Serie A. Simic pertama kali bergabung dengan Inter Milan dari Dinamo Zagreb pada 1999.

Tiga musim berselang, Simic pun menyebrang ke AC Milan dan bertahan hingga akhir musim 2008/2009. Selama membela dua klub tersebut, Simic sukses mengemas 4 gol dan 1 assist dari 148 pertandingan.

5. Marko Pjaca

5 Jebolan Akademi Dinamo Zagreb Terbaik yang Pernah Main di Serie AMarko Pjaca (juventus.com)

Nama selanjutnya ialah Marko Pjaca, pemain yang 5 tahun (2004—2009) berada di tim akademi Dinamo Zagreb. Faktanya, Pjaca menjadi jebolan akademi Dinamo Zagreb yang paling sering berpindah tim di Serie A.

Fiorentina, Juventus, Genoa, Torino, dan Empoli menjadi lima tim yang pernah dibela Pjaca di Serie A. Kendati demikian, Pjaca secara resmi hanya dimiliki oleh Juventus, sedangkan empat tim lain ia datangi sebagai pemain pinjaman.

 

Beberapa nama besar jebolan akademi Dinamo Zagreb juga pernah berlaga di Serie A. Sebut saja, Sime Vrsaljko, Josip Brekalo, Marko Livaja, Tin Jedvaj, Bruno petkovic, dan Mateo Kovacic.

Baca Juga: 6 Pemain Jebolan Dinamo Zagreb yang Jadi Kunci di Timnas Kroasia 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya