Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga Inggris

FC Basel cukup sering jadi wakil Swiss di Champions League

FC Basel merupakan tim Swiss paling populer dan dikenal oleh penonton sepak bola modern. Selain karena sering menjadi perwakilan Liga Champions Eropa, Basel juga dibela oleh pemain potensial yang namanya sukses menjelma sebagai pemain bintang.

Banyak dari mereka berasal dari tim akademi yang dibina secara langsung oleh FC Basel. Berikut ini lima jebolan akademi FC Basel terbaik yang bermain di Liga Inggris.

1. Granit Xhaka

5 Jebolan Akademi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga InggrisGranit Xhaka (premierleague.com)

Granit Xhaka merupakan sosok pemain berkualitas sekaligus kapten Timnas Swiss. Pada musim panas 2016, ia bergabung dengan Arsenal dari Borussia Moenchengladbach. Hingga sekarang, Xhaka masih berseragam Arsenal.

Memasuki musim keenamnya bersama Arsenal, pemain yang 7 tahun (2003—2010) berada di tim muda FC Basel ini telah mencatatkan 195 laga dengan sumbangan 11 gol dan 20 assist. Catatan tersebut membuat Xhaka menjadi jebolan FC Basel dengan jumlah laga terbanyak di EPL.

2. Timm Klose

5 Jebolan Akademi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga InggrisTimm Klose (canaries.co.uk)

Timm Klose merupakan salah satu pembelian termahal yang pernah dilakukan oleh Norwich City. Bek berkebangsaan Swiss ini bergabung dengan Norwich City pada awal tahun 2016 dan bertahan hingga Agustus 2021.

Dalam kurun waktu tersebut, Klose tak selalu mencatatkan pertandingan di kasta tertinggi karena Norwich City kerap terjun ke divisi Championship. Klose yang hanya setahun menimba ilmu di tim muda FC Basel ini hanya mencatat 17 penampilan dengan sumbangan 1 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 34 sebelum Granit Xhaka

3. Xherdan Shaqiri

5 Jebolan Akademi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga InggrisXherdan Shaqiri (premierleague.com)

Bukan lagi rahasia umum jika Xherdan Shaqiri adalah sosok besar di Swiss. Dalam beberapa tahun terakhir, ia mempunyai reputasi sebagai winger tajam yang selalu menjadi tulang punggung Timnas Swiss.

Saat masih muda, Shaqiri pernah 8 tahun (2000—2008) dididik di tim akademi FC Basel. Dalam kariernya, ia pernah berlaga di EPL untuk dua tim berbeda, yakni Stoke City (2015—2018) dan Liverpool (2018—2021). Dalam kurun waktu tersebut, Shaqiri sukses menciptakan 22 gol dan 20 assist dari 129 laga.

4. Albian Ajeti

5 Jebolan Akademi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga InggrisAlbian Ajeti (premierleague.com)

Karier Albian Ajeti di EPL tak berjalan begitu lancar. Pemain yang beroperasi di lini serang ini hanya mencatatkan 9 laga tanpa 1 pun gol maupun assist yang ia catatkan untuk West Ham United.

Momen tersebut terjadi pada 2019/2020 ketika ia dibeli dari FC Basel. Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Albian Ajeti pernah 9 tahun (2009—2014) berada di tim muda FC Basel.

5. Phillipp Degen

5 Jebolan Akademi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga InggrisPhilipp Degen (thisisanfield.com)

Jebolan akademi sepak bola FC Basel pertama yang sukses menembus Premier League adalah Phillip Degen. Pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan ini bergabung dengan Liverpool pada 2008 setelah dibeli dari Borussia Dortmund.

Sayangnya, Degen tampil tak begitu gemilang bersama The Reds. Ia hanya mencatatkan 7 pertandingan di ajang EPL selama 3 musim (2008—2011) jadi bagian dari Liverpool. Kalah saing menjadi alasan Degen tak banyak mencatat laga di EPL.

Selain kelima nama di atas, terdapat dua pemain lagi yang pernah bermain di Liga Inggris. Mereka adalah Gokhan Inler yang pernah bermain di Leicester City dan Milos Veljkovic yang pernah memperkuat Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya