5 Jebolan Akademi FC Midtjylland Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Midtjylland jadi tim muda yang berprestasi

Meski baru berdiri pada 1999, FC Midtjylland telah membuktikan diri sebagai salah satu tim besar di Denmark. Sejauh ini, mereka tiga kali menjadi juara Liga Denmark pada 2014/2015, 2017/2018, dan 2019/2020.

Manajemen yang tersusun rapi jadi alasan Midtjylland bisa cepat berkembang. Mereka juga memiliki akademi yang hebat. Mereka terbukti mampu melahirkan pemain-pemain jempolan.

Beberapa jebolan akademi FC Midtjylland sanggup menembus English Premier League (EPL) yang dikenal sebagai liga paling kompetitif di Eropa. Siapa sajakah mereka?

1. Winston Reid

5 Jebolan Akademi FC Midtjylland Terbaik yang Pernah Bermain di EPLWinston Reid (premierleague.com)

Meski lahir dan memiliki kewarganegaraan Selandia Baru, sosok Winston Reid justru memulai kariernya di Denmark. Setahun sebelum bermain secara profesional pada 2006, Reid pernah menempati tim muda FC Midtjylland.

Setelah 4 tahun membela tim senior Midtjylland, Winston Reid memulai kariernya bersama West Ham United. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini bermain selama 10 musim untuk The Hammers dengan mencatatkan 166 pertandingan dengan sumbangan 6 gol dan 6 assist di EPL.

2. Jonas Lossl

5 Jebolan Akademi FC Midtjylland Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJonas Lossl (premierleague.com)

Jonas Lossl pernah membela tiga tim berbeda di Premier League. Tim-tim tersebut adalah Huddersfield (2017—2020), Everton (2019—2021), dan Brentford (2021—2022). Namun, penampilannya di EPL kebanyakan ia catatkan saat berseragam Huddersfield.

Kiper yang pada 2022/2023 kembali bermain untuk FC Midthylland ini sukses mencatat 71 pertandingan dengan torehan 15 nirbobol. Jauh sebelum itu, Lossl pernah 4 tahun (2004—2008) ditempa di tim FC Midtjylland.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kepindahannya ke Premier League Selalu Cuma Rumor

3. Joachim Andersen

5 Jebolan Akademi FC Midtjylland Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJoachim Andersen (.premierleague.com)

Joachim Andersen pernah menempati empat tim akademi berbeda sebelum jadi pemain profesional. Tim akademi FC Midtjylland merupakan tim akademi ketiga yang ia tempati sebelum pindah ke tim muda FC Twente pada 2013.

Ia menghabiskan 2 tahun di tim muda FC Midtjylland. Sempat semusim membela Fulham pada 2020/2021, kini Joachim Andersen menjalani musim keduanya bersama Crystal Palace. Sejauh ini, ia telah mencatat 1 gol dan 4 assist dari 57 laga.

4. Frank Onyeka

5 Jebolan Akademi FC Midtjylland Terbaik yang Pernah Bermain di EPLFrank Onyeka (twitter.com/brentfordfc)

Sama seperti Winston Reid, Frank Onyeka juga merupakan jebolan tim muda FC Midtjylland yang berasal dari luar Denmark. Onyeka merupakan seorang gelandang asal Nigeria yang saat ini membela Brentford, tim yang ia bela sejak 2021/2022.

Sebelum itu, Onyeka sempat 1,5 tahun berada di tim akademi FC Midtjylland dan membela tim seniornya selama 4 tahun. Hingga sejauh ini, Onyela baru mencatat 21 pertandingan tanpa mencatatkan gol maupun assist.

5. Rasmus Kristensen

5 Jebolan Akademi FC Midtjylland Terbaik yang Pernah Bermain di EPLRasmus Kristensen (premierleague.com)

Rasmus Kristensen merupakan pendatang baru di English Premier League. Pada musim panas 2022, Kristensen hengkang dari RB Salzburg untuk bergabung dengan Leeds United. Berjalan 2 pekan, Kristensen selalu bermain penuh untuk Leeds.

Dengan kemampuan dan kapasitasnya sebagai bek tangguh, bukan tak mungkin jika Kristensen akan sukses di EPL. Sebelum itu, Kristensen pernah 4 tahun (2012—2016) ditempa di tim akademi FC Midtjylland.

Selain kelima nama di atas, masih ada nama Viktor Fischer yang pernah bermain untuk Middlesbrough dan Lasse Vigen yang pernah bermain untuk Fulham. Seperti apa kira-kira kiprah jebolan akademi FC Midtjylland yang pernah berlaga di EPL ini?

Baca Juga: Sederet Raksasa Premier League Semarakkan HUT ke-77 RI

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya