5 Jebolan Akademi FC Twente Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Tak hanya pemain asal Belanda

FC Twente menjadi klub terakhir yang berhasil menjadi juara Eredivisie Belanda di luar tiga klub raksasa: Ajax Amsterdam, Feyenoord Rotterdam, dan PSV Eindhoven. Gelar yang didapat pada 2009/2010 tersebut terjadi saat FC Twente berada di bawah asuhan Alan Pardew.

Meski baru sekali juara sepanjang sejarah, FC Twente sendiri memiliki akademi yang cukup baik. Mereka mampu melahirkan banyak pemain hebat.

Beberapa dari jebolan akademi FC Twente sukses menembus English Premier League (EPL) yang dikenal sebagai kompetisi paling ketat di Eropa. Ada total sepuluh nama dari akademi Twente yang pernah berlaga dan merasakan atmosfer EPL.

1. Collins John

5 Jebolan Akademi FC Twente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLCollins John (skysports.com)

Collins John merupakan penyerang berkebangsaan Belanda yang lahir di Liberia. Setelah 2 tahun (2000—2002) menimba ilmu di tim akademi FC Twente, Collins memulai kariernya dengan beberapa klub Inggris.

Fulham, Leicester City, dan Watford merupakan deretan klub Inggris yang pernah dibela Collins dalam kariernya. Akan tetapi, ia hanya tampil untuk Fulham selama bermain di EPL. Dalam kurun waktu 4 musim bermain di sana, Collins berhasil mencatatkan 20 gol dan 1 assist dari 95 laga.

2. Marko Arnautovic

5 Jebolan Akademi FC Twente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLMarko Arnautovic (whufc.com)

Tepat sebelum memulai karier profesionalnya pada 2007, Arnautovic pernah dididik selama setahun di akademi FC Twente. Ia kemudian bermain untuk dua klub berbeda selama berkarier di English Premier League. 

Marko Arnautovic menjadi jebolan akademi Twente dengan penampilan terbanyak di kasta tertinggi Liga Inggris. Penyerang asal Austria ini bermain selama 6 tahun di EPL untuk Stoke City (2013—2017) dan West Ham United (2017—2019). Dalam kurun waktu tersebut, Arnautovic berhasil menyarangkan 43 gol dan 37 assist dari 184 laga untuk kedua klub tersebut.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Independiente Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

3. Sander Westervald

5 Jebolan Akademi FC Twente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLSander Westervald (skysports.com)

Sander Westervald merupakan salah satu kiper Timnas Belanda pada era 2000-an. Sebelum jadi pesepak bola profesional, ia pernah menghabiskan 6 tahun (1977—1994) di tim akademi FC Twente.

Westervald juga jadi salah satu pemain yang pernah membela tiga klub EPL, yakni Liverpool (1999—2001), Portsmouth (2005—2006), dan Everton (2006). Dari total 82 penampilan, Westervald kebanyakan tampil bersama Liverpool.

4. Joachim Andersen

5 Jebolan Akademi FC Twente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJoachim Andersen (skysports.com)

Joachim Andersen jadi satu-satunya jebolan akademi FC Twente yang berlaga di EPL 2021/2022. Meski berasal dari Denmark, Andersen pernah menjadi bagian dari tim akademi FC Twente sebelum jadi pesepak bola profesional.

Andersen sendiri telah bermain untuk dua klub EPL sejauh ini, yakni Fulham dan Crystal Palace. Dalam kurun waktu tersebut, Andersen sukses mencatatkan 1 gol dan 4 assist dari 65 laga sebagai seorang bek tengah.

5. Karim El Ahmadi

5 Jebolan Akademi FC Twente Terbaik yang Pernah Bermain di EPLKarim El Ahmadi (skysports.com)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Karim El Ahmadi, gelandang berkebangsaan Maroko yang terakhir kali bermain untuk Al-Ittihad di Liga Arab Saudi. Jauh sebelum itu, El Ahmadi cukup lama jadi bagian dari tim junior FC Twente. Ia baru promosi ke tim utama pada 2003 dan bermain hingga 2008.

El Ahmadi sendiri memulai karier di EPL bersama Aston Villa. Kariernya hanya berjalan selama 2 tahun. Momen itu terjadi pada 2012—2014. Selama itu, El Ahmadi mengemas 51 laga dengan torehan 3 gol dan 1 assist.

Selain kelima nama di atas, masih ada nama Gerald Sibon, Steven Berghuis, Chris David, Michael Verrips, dan Jan Vannegoor of Hesselink. Akankah ada jebolan FC Twente lain yang merapat ke English Premier League?

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Fluminense Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya