5 Jebolan Akademi Hajduk Split Terbaik yang Pernah Berlaga di EPL

Ivan Perisic jadi satu-satunya yang masih ada di EPL

HNK Hajduk Split salah satu tim papan atas yang ada di Liga Kroasia. Mereka kerap menghuni papan atas dengan sejumlah gelar juara, termasuk 8 gelar juara Liga Kroasia dan 10 gelar juara Liga Yugoslavia.

Prestasi mereka terukir berkat pemain dari jebolan akademi sepak bola yang terbukti hebat. Beberapa nama besar dari sana juga sukses menembus liga top Eropa, termasuk English Premier League (EPL).

Lalu, siapa saja jebolan akademi Hajduk Split terbaik yang pernah berlaga di EPL.

1. Nikica Jelavic

5 Jebolan Akademi Hajduk Split Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLNikica Jelavic (evertonfc.com)

Pemain jebolan akademi Hajduk Split dengan jumlah pertandingan terbanyak di EPL adalah Nikica Jelavic. Pemain berposisi penyerang ini ini mencatatkan 114 laga dengan sumbangan 30 gol dan 7 assist.

Catatan tersebut Jelavic torehkan bersama 3 tim berbeda dalam kurun watu 4 tahun. Tim tersebut adalah Everton (2012—2014), Hull City (2014—2015), dan West Ham United (2015—2016). Dari ketiga klub tersebut, Jelavic paling tajam ketika berseragam Everton.

2. Igor Stimac

5 Jebolan Akademi Hajduk Split Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLIgor Stimac (fifa.com)

Igor Stimac merupakan bek legendaris Yugoslavia dan Kroasia yang saat ini menjabat sebagai pelatih Tim Nasional India. Dalam kariernya, tim akademi Hajduk Split menjadi tim muda kedua yang ia tempati setelah Neretva Metkovic.

Karier Stimac di Premier League pernah dijalani selama 6 tahun ketika membela Derby County (1995—1999) dan West Ham United (1999—2001). Dalam kurun waktu tersebut, Stimac menjalani 100 laga dengan torehan 3 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

3. Nikola Kalinic

5 Jebolan Akademi Hajduk Split Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLNikola Kalinic (premierleague.com)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Nikola Kalinic pernah menimba ilmu di tim akademi Hajduk Split selama 2 tahun (2003—2005). Bermain di tim utama selama 4 musim, Kalinic pun pindah ke Blackburn Rovers dari Hajduk Split.

Sayang, karier Kalinic bersama Blackburn Rovers hanya bertahan selama 2 musim (2009—2011). Mantan pemain Atletico Madrid dan AC Milan ini hanya menorehkan 7 gol dan 3 assist dari 44 laga untuk Blackburn Rovers di Premier League.

4. Ivan Perisic

5 Jebolan Akademi Hajduk Split Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLIvan Perisic (twitter.com/HNS_CFF)

Ivan Perisic menjadi satu-satunya pemain jebolan akademi Hajduk Split yang saat ini masih berlaga di English Premier League. Hal ini cukup wajar karena Ivan Perisic memang baru bergabung dengan Tottenham Hotspur pada awal musim 2022/2023.

Hingga pekan ke-18, Ivan Perisic telah menjalani 16 pertandingan dengan sumbangan 4 assist di EPL. Itu hasil yang cukup memuaskan dari pemain yang 11 tahun (1995—2006) berada di tim akademi Hajduk Split ini.

5. Nikola Vlasic

5 Jebolan Akademi Hajduk Split Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLNikola Vlasic (whufc.com)

Nama terakhir ialah Nikola Vlasic, winger berkebangsaan Kroasia yang saat ini menjalani masa peminjaman di Torino. Meski bermain cukup apik kala berseragam Hajduk Split dan CSKA Moscow, Vlasic tampaknya kurang cocok dengan permainan Inggris.

Bersama Everton (2017—2019) dan West Ham United (2021—sekarang), Vlasic masih belum bisa tampil memuaskan. Selama kariernya di EPL, Vlasic hanya mampu mencetak 1 gol dari 31 pertandingan.

Secara keseluruhan, ada sembilan pemain jebolan akademi Hajduk Split yang pernah berkarier di EPL. Selain kelima nama di atas, ada Stipe Pletikosa, Lovre Kalinic, Ivaca Mornar, dan Aljso Asanovic.

Baca Juga: 6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas Kroasia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya