5 Jebolan Akademi Hibernian yang Pernah Berkarier di Premier League

Tak banyak dikenal publik

English Premier League (EPL) menjadi kompetisi impian bagi ribuan pesepak bola profesional. Itu tak terkecuali pesepak bola asal Skotlandia, yang notabene tak terlalu jauh dari Inggris dan masih jadi bagian dari Britania Raya.

Tak hanya berasal dari tim akademi besar seperti Rangers FC dan Glasgow Celtics, pemain-pemain Skotlandia yang bermain di EPL juga bisa berasal dari tim medioker seperti Hibernian FC. Faktanya, terdapat lima jebolan akademi Hibernian yang pernah berkarier di Premier League.

1. John Collins

5 Jebolan Akademi Hibernian yang Pernah Berkarier di Premier LeagueJohn Collins (fulhamfc.com)

Pemain jebolan akademi Hibernian FC pertama yang merasakan atmosfer Premier League adalah John Collins. Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini pernah membela Everton (1998—2000) dan Fulham (2000—2003).

Dari kedua klub tersebut, John Collins sukses menorehkan 94 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 1 assist. Jauh sebelum itu, ia pernah 3 tahun (1984—1987) berada di tim akademi Hibernian.

2. Kenny Miller

5 Jebolan Akademi Hibernian yang Pernah Berkarier di Premier LeagueKenny Miller (wolves.co.uk)

Nama selanjutnya ialah Kenny Miller, penyerang berkebangsaan Skotlandia yang mengakhiri karier sepak bolanya pada 2020 di negaranya. Akademi Hibernian FC yang ia tempati selama 2 tahun (1996—1998) menjadi tim muda terakhir yang ia bela.

Saat bermain di Inggris, Kenny Miller pernah membela tiga tim berbeda, yakni Derby County, Wolverhampton Wanderers, dan Cardiff City. Namun, catatan 55 laga dengan torehan 6 gol dan 5 assist-nya di EPL hanya ia catatkan bersama Derby County dan Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Chelsea yang Pernah Merasakan Atmosfer Serie A

3. Steven Whittaker

5 Jebolan Akademi Hibernian yang Pernah Berkarier di Premier LeagueSteven Whittaker (canaries.co.uk)

Steven Whittaker merupakan bek kanan berkebangsaan Skotlandia yang 2 tahun berada di tim akademi Hibernian FC. Dipromosikan ke tim utama pada 2002, Whittaker pernah 8 tahun membela Hibernian (2002—2007 dan 2017—2020).

Norwich City menjadi satu-satunya tim non-Skotlandia yang pernah Whittaker bela. Momen tersebut terjadi selama 5 tahun, tepatnya pada 2012—2017. Akan tetapi, Whittaker tak menjalani keseluruhannya di kasta tertinggi. Ia hanya mampu mencatat 41 laga di Premier League.

4. Steven Fletcher

5 Jebolan Akademi Hibernian yang Pernah Berkarier di Premier LeagueSteven Fletcher (premierleague.com)

Steven Fletcher mungkin menjadi nama yang paling dikenal secara luas dalam daftar ini. Sebab, ia cukup lama berkarier di Premier League. Penyerang berusia 35 tahun ini pernah membela Sunderland, Burnley, dan Wolverhampton Wanderers di EPL.

Untuk tiga klub tersebut, Fletcher sukses mencetak 53 gol dan 16 assist dari 189 pertandingan. Selain itu, ia juga pernah membela Sheffield Wednesday dan Stoke City selama kariernya di Inggris.

5. Garry O'Connor

5 Jebolan Akademi Hibernian yang Pernah Berkarier di Premier LeagueGarry O'Connor (twitter.com/bcfc)

Nama terakhir ialah Gary O’Connor, penyerang asal Skotlandia yang dipromosikan ke tim utama Hibernian FC pada 2000. Setelah berkarier bersama Hibernian (2000—2006) dan Lokomotiv Moscow (2006—2007), O’Connor melanjutkan kariernya di EPL.

Pada 2007, O’Connor memutuskan untuk bergabung dengan Birmingham City. Sayang, ia hanya aktif pada 2 musim dari 4 musim pengabdiannya di Birmingham. Oleh karena itu, ia mencatat 36 laga dengan torehan 3 assist.

Sebagai tim medioker, tak heran jika tak banyak hasil akademi Hibernian FC yang dikenal secara luas oleh publik. Lagi pula, Steven Fletcher yang terakhir bermain di EPL pada 2015/2016 jadi pemain terakhir akademi tersebut yang berlaga di kasta tertinggi Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne Rooney

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya