5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPL

Kebanyakan tak bertahan lama

Sebagai salah satu klub terbesar dan tersukses di daratan Italia, Juventus memiliki segalanya untuk disebut klub ideal. Finansial yang terjaga, deretan pemain bintang, dan regenerasi pemain akademi, Juventus telah memilikinya.

Banyak sekali pemain hebat lahir dari tim akademi Si Nyonya Tua. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka justru hanya berkutat untuk berkarier di Serie A. Hingga tahun 2022, Juventus hanya baru menyumbang tujuh pemain dari akademinya ke English Premier League (EPL). Itu pun tak semua memiliki nama besar dan memiliki karier yang baik di Inggris. Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai lima yang terbaik!

1. Corrado Grabbi

5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPLCorrado Grabbi (uk.sports.yahoo.com)

Corrado Grabbi tercatat sebagai produk akademi Juventus pertama yang merumput di EPL. Setelah bermain sangat tajam bersama Ternana Calcio, Blackburn Rovers akhirnya mencoba untuk mendatangkan Grabbi pada tahun 2001.

Akan tetapi, penampilan Grabbi di EPL bersama Blackburn Rovers tidak sebaik saat ia bermain untuk Ternana Calcio di Serie B. Berposisi sebagai seorang penyerang, Grabbi hanya mencetak 5 gol dan 2 assists dari 41 pertandingan dalam kurun waktu 2,5 musim.

2. Andreas Isaksson

5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPLAndreas Isaksson (skysports.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Andreas Isaksson pernah menimba ilmu di akademi Juventus. Kiper legendaris Swedia ini berada di tim akademi Si Nyonya Tua selama dua tahun sebelum promosi pada tahun 2000. Namun, Isaksson tidak pernah mencatatkan pertandingan di tim senior Juventus meski masuk skuad pada musim 1999/2000.

Isaksson pernah bermain di EPL selama dua musim, tepatnya dari tahun 2006 hingga 2007 untuk Manchester City. Isaksson hanya mencatatkan 20 pertandingan dalam kurun waktu tersebut. Berkembangnya Joe Hart jadi salah satu alasan Isaksson jarang bermain di Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Habis Kontrak Akhir Musim Ini

3. Antonio Nocerino

5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPLAntonio Nocerino (skysports.com)

Setelah menimba ilmu di akademi Juventus selama 5 tahun (1997--2003), Antonio Nocerino langsung melanglang buana ke banyak tim Italia. Karier Nocerino di tiap tim yang ia bela terhitung cukup singkat. Hanya AC Milan tim yang ia bela lebih dari tiga tahun.

Saat menjadi bagian dari tim AC Milan, Nocerino sempat dipinjamkan ke beberapa tim, termasuk West Ham United pada paruh kedua musim 2013/2014. Nocerino hanya mampu mencatatkan 10 penampilan selama berseragam The Hammers.

4. Iago Falque

5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPLIago Falque (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Iago Falque, winger yang sebenarnya lebih lama menimba ilmu di akademi La Masia dan La Fabrica. Kendati lama menimba ilmu di Spanyol, Falque pernah menimba ilmu di akademi Juventus selama tiga tahun sebelum mendapatkan kontrak profesional.

Pada tahun 2012, Falque dibeli dari Juventus oleh Tottenham Hotspur yang jadi tim pertamanya di Inggris. Falque juga pernah bergabung dengan Southampton sebagai pemain pinjaman dari Spurs pada musim 2011/2012.

5. Moise Kean

5 Jebolan Akademi Juventus yang Pernah Bermain di EPLMoise Kean (sempreinter.com)

Moise Kean menjadi satu-satunya jebolan akademi Juventus yang masih menjadi pemain klub EPL. Penyerang berusia 22 tahun ini datang ke EPL pada tahun 2019 untuk bergabung dengan Everton. Akan tetapi, ia baru mencatatkan 32 penampilan karena dua musimnya dijalani sebagai pemain pinjaman di Juventus dan PSG.

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Moise Kean pernah berada di tim akademi Juventus selama enam tahun. Masa tersebut terjadi dari tahunn 2011 hingga ia dipromosikan ke tim utama Juventus pada 2017.

 

Meski tergolong tim besar, pemain akademi Juventus belum banyak yang merambah EPL. Kebanyakan dari mereka justru lebih senang untuk berkarier di rumah sendiri atau Serie A Italia.

Baca Juga: Kembali Incar Pemain Premier League, Inter Milan Bidik Moise Kean

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya