5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A  

Zlatan Ibrahimovic paling mentereng!

Malmo FF merupakan salah satu klub besar di Swedia yang sukses melahirkan banyak talenta sepak bola berbakat. Jebolan akademi Malmo sukses menembus liga-liga top Eropa, termasuk Serie A Italia.

Hingga musim kompetisi 2022/2023, ada 14 pemain jebolan akademi Malmo FF yang pernah berkarier di Serie A. Berikut penulis sajikan lima di antaranya yang terbaik.

1. Mattias Svanberg

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A  Mattias Svansberg (vfl-wolfsburg.de)

Dengan catatan 118 pertandingan serta 9 gol dan 8 assist, Mattias Svansberg menjadi salah satu pemain yang masuk dalam daftar ini. Pemain yang sekarang membela VfL Wolfsburg ini pernah membela Bologna di Serie A.

Momen tersebut terjadi selama 3 musim, tepatnya dari 2018—2022. Dalam kurun waktu tersebut, Svansberg yang menimba ilmu di tim akademi Malmo FF selama 2 tahun (2013—2015) sanggup tampil cemerlang.

2. Stefan Scwarz

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A  Stefan Schwarz (arsenal.com)

Stefan Schwarz merupakan gelandang Swedia di era 90-an yang menimba ilmu di tim akademi Malmo FF selama 2 tahun (1983--1985). Ia pernah membela beberapa tim besar, seperti Arsenal, Benfica, dan Valencia selama berkarier.

Schwarz juga pernah merasakan atmosfer Serie A selama 3 musim (1995—1998). Kala itu, Schwarz bergabung dengan Fiorentina dari Arsenal. Selama berkarier di Italia, Schwarz mencatat 78 laga dengan sumbangan 2 gol.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Juventus ke Klub Serie A Lain, Ada Ibrahimovic!

3. Robin Olsen 

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A  Robin Olsen (asroma.com)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Robin Olsen pernah menjadi bagian dari tim akademi Malmo FF. Momen tersebut terjadi selama 3 tahun (1997—2000). Sempat membela beberapa tim Swedia, Olsen kembali ke tim senior Malmo pada 2012.

Kariernya di Serie A pertama kali tercipta kala ia bergabung dengan AS Roma pada awal musim 2018/2019. Akan tetapi, Olsen sering dipinjamkan, termasuk ke Cagliari (2019/2020). Di ajang Serie A, kiper Timnas Swedia ini berhasil mencatat 44 laga.

4. Zlatan Ibrahimovic

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A  Zlatan Ibrahimovic (acmilan.com)

Perlu diakui jika Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu pesepak bola terbaik Swedia yang pernah berkarier di Italia. Ia pernah 2 kali menjadi top scorer Serie A, 5 kali menjadi juara Serie A, dan 3 kali jadi juara Super Coppa Italia.

Deretan prestasi tersebut tercipta dari 283 penampilan dengan catatan 156 gol dan 70 assist per 27 Maret 2023 dari 3 klub berbeda. Ketiga klub yang dimaksud adalah Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

5. Filip Helander

5 Jebolan Akademi Malmo FF Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A  Filip Helander (bolognafc.it)

Nama terakhir ialah Filip Helander, bek yang pada 2022/2023 ini bermain untuk Glasgow Rangers. Sebelum bergabung dengan klub asal Skotlandia tersebut, Helander sempat berkarier di Serie A.

Selama 4 musim (2015—2019), Helander pernah membela Hellas Verona dan Bologna. Dalam kurun waktu tersebut, Helander berhasil mencatat 84 laga dengan sumbangan 3 gol yang kebanyakan dicatatkan bersama Bologna.

Akademi Malmo FF menjadi salah satu akademi yang rutin mengirimkan pemain ke Serie A sejak lama. Pada masa lampau, akademi Malmo FF juga pernah mengirimkan Lasse Larsson, Borje Tapper, dan Martin Dehli yang bermain pada era 50—90-an.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Pernah Digaet Klub Serie A, Ada Higuain!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya