5 Jebolan Akademi Paris FC yang Pernah Bermain di EPL

Didominasi pemain bertahan dengan usia muda!

Sebagai sebuah tim besar dengan segudang prestasi, Paris Saint-Germain lebih dari cukup untuk merepresentasikan kekuatan sepak bola di ibu kota Prancis. Padahal, selain PSG, terdapat klub sepak bola asal Paris lain yang malang melintang di liga profesional Prancis.

Salah satu nama lainnya adalah Paris FC yang saat ini menduduki posisi keempat hingga pekan ke-37 Ligue 2. Jika dibandingkan dari PSG, Paris FC jelas kalah dari segala hal. Mulai dari gelar, kualitas pemain, hingga basis suporter, PSG masih unggul jauh.

Kendati demikian, Paris FC memiliki kualitas akademi yang cukup baik. Beberapa pemain hebat diketahui lahir dari tim nomor dua di kota Paris ini. Bahkan, 5 di antaranya pernah bermain untuk tim English Premier League. Siapa sajakah kelima nama tersebut? Berikut daftar dan ulasannya!

1. Mamadou Sakho

5 Jebolan Akademi Paris FC yang Pernah Bermain di EPLMamadou Sakho (liverpoolfc.com)

Sebagai angkatan tertua dalam daftar ini, tak heran Mamadou Sakho menjadi jebolan akademi Paris FC pertama yang berlaga di EPL. Mamadou Sakho menimba ilmu di akademi Paris FC selama 6 tahun atau tepatnya dari tahun 1996 hingga 2002.

Setelah itu, Sakho pindah ke PSG dan kemudian bergabung bersama Liverpool pada tahun 2013. Seolah-olah terasingkan oleh Jurgen Klopp, Sakho pun pindah ke Crystal Palace pada tahun 2017.

Pada musim in ia hengkang dari Crystal Palace dan kembali ke Prancis untuk bergabung dengan Montpellier. Hal tersebut mengakhiri perjalanan Sakho di EPL sejauh ini. Bek berusia 32 tahun tersebut mencatatkan 128 penampilan dengan catatan 3 gol dan 2 assists selama 8 musim bermain di EPL untuk Liverpool dan Crystal Palace.

2. Boubakary Soumare

5 Jebolan Akademi Paris FC yang Pernah Bermain di EPLBoubakary Soumare (skysports.com)

Boubakary Soumare merupakan pemain pendatang baru di EPL musim ini. Gelandang berkebangsaan Prancis ini didatangkan oleh Leicester City dari Lille. Kedatangannya tersebut cukup mengejutkan karena ia sebetulnya lebih dirumorkan untuk pindah ke Manchester United dan Chelsea.

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Soumare pernah berada di akademi Paris FC selama 5 tahun tepatnya dari 2006 hingga 2011. Sama seperti Sakho, Soumare juga pindah ke akademi Paris Saint-Germain sebelum menjadi pemain profesional.

Baca Juga: Penerus Pogba, Manchester United Segera Datangkan Boubakary Soumare

3. Ibrahima Konate

5 Jebolan Akademi Paris FC yang Pernah Bermain di EPLIbrahima Konate (skysports.com)

Nama Ibrahima Konate mulai dikenal publik saat ia bermain luar biasa bersama RB Liepzig. Oleh karena itu, pada awal musim ini Konate dibeli oleh Liverpool dengan banderol sebesar 40 juta euro atau setara dengan Rp611 miliar.

Dilihat dari statistiknya musim ini, Konate terhitung jarang bermain di EPL. Pasalnya, peran tersebut lebih dipegang oleh Joel Matip, sedangkan Konate lebih berfokus untuk bermain di kompetisi lain, seperti Champions League, FA Cup, dan Carabao Cup. Dalam kariernya sebagai pesepak bola, Paris FC merupakan tim akademi pertama yang ia bela. Hal tersebut terjadi dari tahun 2009 hingga 2014.

4. Rayan Ait-Nouri

5 Jebolan Akademi Paris FC yang Pernah Bermain di EPLRayan Ait-Nouri (premierleague.com

Rayan Ait-Nouri merupakan bek sayap muda yang dalam dua musim terakhir menjadi pemain andalan dari tim Wolverhampton Wanderers. Hingga 9 Mei 2022, Nouri telah mencatatkan 41 penampilan untuk Wolves di EPL.

Sebelum bermain di EPL,  Nouri sempat menimba ilmu di akademi Paris FC selama dua tahun, tepatnya dari 2014 hingga 2016. Akan tetapi, Nouri tidak pernah bermian di tim senior Paris FC karena SCO Angers menjadi tim akademi terakhirnya sebelum menjadi pesepak bola profesional.

5. Hannibal Mejbri

5 Jebolan Akademi Paris FC yang Pernah Bermain di EPLHannibal Mejbri (odu.bz)

Hannibal Mejbri menjadi satu nama yang sempat diperbincangkan publik ketika laga Liverpool kontra Manchester United (19/4/2022). Kala itu, MU yang sedang tertinggal 4 gol justru memasukan Hannibal Mejbri pada menit ke-88.

Gelandang berkebangsaan Tunisia ini hanya memainkan 6 menit di laga tersebut, sekaligus menjadi satu-satunya penampilan Mejbri pada musim ini di EPL. Sebelum bergabung dengan akademi MU, Mejbri pertama kali menimba ilmu di akademi Paris FC dari tahun 2009 hingga 2017.

 

Paris FC memang tertinggal sangat jauh dari rival sekota mereka, Paris Saint-Germain. Walaupun sepertinya akan sulit untuk menyaingi PSG saat ini, Paris FC setidaknya bisa berbangga karena pemain yang mereka hasilkan dari akademi bisa menjadi pemain yang hebat.

Baca Juga: 5 Klub yang Memiliki Akademi Sepak Bola Terbaik Saat Ini, Mana Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya