5 Jebolan Akademi Rangers Terbaik yang Pernah Berlaga di EPL

Semuanya telah pensiun sebagai pemain

Glasgow Rangers merupakan klub paling berkuasa di Skotlandia. Klub yang biasa disebut Rangers FC ini adalah tim dengan jumlah gelar juara terbanyak di Liga Skotlandia. Selain karena sejarah dan prestasinya, mereka juga punya tim akademi yang hebat.

Jebolan-jebolan akademi Rangers mampu menembus English Premier League (EPL) yang kerap menjadi mimpi para pemain Skotlandia. Berikut ini lima jebolan akademi Rangers terbaik yang pernah berlaga di EPL.

1. Allan Hutton

5 Jebolan Akademi Rangers Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLAllan Hutton (avfc.co.uk)

Allan Hutton merupakan bek kanan berkebangsaan Skotlandia yang menghabiskan hampir seluruh kariernya di Inggris. Ia pernah membela Tottenham Hotspur, Sunderland, Aston Villa, Nottingham Forest, dan Bolton Wanderers.

Catatan penampilannya di Premier League terjadi bersama Aston Villa, Sunderland, dan Tottenham Hotspur saja. Untuk ketiga klub tersebut, Hutton sukses mengemas 3 gol dan 7 assist dari 151 laga.

2. Steven Naismith

5 Jebolan Akademi Rangers Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLSteve Naismith (evertonfc.com)

Musim 2012/2013 menjadi musim pertama Steve Naismith berkarier di Premier League. Pemain yang 2 tahun (2000—2002) berada di tim akademi Rangers ini bergabung dengan Everton kala itu.

Setelah bermain selama 3,5 musim, Naismith pun pindah ke Norwich City dan bertahan hingga akhir musim 2019/2020. Selama berkarier di EPL, Naismith sukses mencetak 20 gol dan 7 assist dari 116 laga yang kebanyakan dicetak bersama Everton.

Baca Juga: Rivalitas Rangers dan Celtic, Sarat Politik dan Agama

3. Charlie Adam

5 Jebolan Akademi Rangers Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLCharlie Adam (premierleague.com)

Nama Charlie Adam meroket kala bermain bersama Blackpool di Premier League 2011/2012. Tidak heran jika ia dipinang Liverpool pada musim selanjutnya. Sayangnya, Charlie Adam hanya setahun bersama Liverpool.

Ia kemudian pindah ke Stoke City, klub Inggris terlama yang ia bela. Pemain yang 1,5 tahun (2003—2004) berada di tim muda Glasgow Rangers ini sukses mencetak 34 gol dan 34 assist dari 207 laga. Catatan tersebut membuat Charlie Adam menjadi jebolan akademi Rangers dengan jumlah laga terbanyak di EPL.

4. John Spencer

5 Jebolan Akademi Rangers Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLJohn Spencer (kiri) (twitter.com/chelseafc)

Nama jebolan akademi Rangers di EPL selanjutnya ialah John Spencer, penyerang berkebangsaan Skotlandia yang 4,5 musim jadi bagian dari Chelsea. Momen tersebut terjadi dari awal musim 1992/1993 hingga pindah ke Queens Park Rangers pada Januari 1998.

Selain Chelsea, Spencer juga pernah membela Everton di EPL. Namun, ia hanya bertahan selama semusim (1998—1999) bersama The Toffees. Selama berkarier di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Spencer sukses mencetak 37 gol dan 9 assist dari 117 laga.

5. Barry Ferguson

5 Jebolan Akademi Rangers Terbaik yang Pernah Berlaga di EPLBarry Ferguson (rangers.co.uk)

Sebelum menjadi pemain sepak bola profesional, Barry Ferguson 3 tahun (1994—1997) menimba ilmu di tim akademi Glasgow Rangers. Saat berkarier sebagai pemain sepak bola profesional, Ferguson sempat bermain untuk Birmingham City dan Blackburn Rovers.

Bersama dua klub tersebut, ia mencatatkan 108 laga dengan torehan 3 gol dan 1 assist sebagai seorang gelandang bertahan. Ferguson juga pernah membela Blackpool dan Fleetwood di Inggris, tetapi keduanya tak bermain di Premier League.

Secara keseluruhan, terdapat 26 pemain jebolan akademi Rangers yang pernah berlaga di EPL. Selain kelima nama di atas, ada juga Lee McCulloch, John Fleck, Grant, Hanley, Billy Gilmour, dan Kenny McLean yang pernah jadi bagian dari akademi Rangers.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Membela Queens Park Rangers di Pengujung Karier

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya