Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Real Betis Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Semua pemain masih aktif bermain

Spanyol jadi salah satu negara yang banyak menyumbangkan pemainnya ke English Premier League (EPL). Pemain-pemain itu umumnya lahir dari akademi klub-klub Negeri Matador.

Real Betis merupakan salah satu klub yang cukup banyak menyumbangkan hasil didikannya ke EPL. Hingga 2022, ada lima pemain jebolan akademi Real Betis yang pernah berlaga di EPL.

1. Adrian San Miguel

5 Jebolan Akademi Real Betis Terbaik yang Pernah Bermain di EPLAdrian San Miguel (liverpoolfc.com)

Adrian San Miguel tercatat sebagai jebolan akademi Real Betis pertama yang bermain untuk klub EPL. Pemain berposisi kiper ini cukup lama berada di tim muda Real Betis, terhitung dari 1998 hingga promosi ke tim utama pada 2012.

Setahun kemudian, perjalanan Adrian di EPL dimulai bersama West Ham United. Setelah 6 tahun membela The Hammers, ia memutuskan untuk pindah ke Liverpool. Hingga musim kesembilannya di EPL, Adrian telah mencatatkan 139 laga.

2. Jose Canas

5 Jebolan Akademi Real Betis Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJose Canas (skysports.com)

Jose Alberto Canas merupakan rekan seangkatan Adrian di tim junior Real Betis. Ia menghabiskan 4 tahun hidupnya untuk menimba ilmu di tim akademi Real Betis sebelum dipromosikan ke tim utama pada 2009.

Pemain berposisi gelandang bertahan ini datang ke EPL pada tahun yang sama dengan Adrian. Kala itu, ia bergabung dengan Swansea City. Sayangnya, karier Canas di EPL hanya bertahan semusim dengan catatan 23 penampilan.

Baca Juga: 6 Pemain Aktif dengan Masa Bakti Terlama di Real Betis

3. Alejandro Pozuelo

5 Jebolan Akademi Real Betis Terbaik yang Pernah Bermain di EPLAlejandro Pozuelo (skysports.com)

Alejandro Pazuelo merupakan salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat, saat ini. Jauh sebelum itu, Pazuelo pernah bermain di Premier League selama setahun.

Ia datang pada waktu yang sama serta klub yang sama dengan Jose Canas. Namun, Pazuelo hanya mencatatkan 22 penampilan dengan kontribusi 3 assist untuk Swansea City di EPL 2013/2014. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Pazuelo sendiri menghabiskan waktu 4 tahun di akademi Real Betis.

4. Junior Firpo

5 Jebolan Akademi Real Betis Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJunior Firpo (teamtalk.com)

Satu-satumya pesepak bola asal Republik Dominika yang pernah berlaga di Premier League, Junior Firpo, pernah 4 tahun berada di akademi Real Betis. Momen tersebut terjadi dari 2014 hingga promosi ke tim utama pada 2018.

Sempat pindah ke Barcelona, Junior Firpo akhirnya bergabung dengan Leeds United pada awal musim 2021/2022. Itu artinya, musim lalu adalah musim pertamanya di EPL. Penampilannya cukup baik dengan torehan 23 penampilan serta 1 assist sebagai bek kiri.

5. Dani Ceballos

5 Jebolan Akademi Real Betis Terbaik yang Pernah Bermain di EPLDani Ceballos (premierleague.com)

Sebelum jadi pesepak bola profesional, Dani Ceballos yang saat ini membela Real Madrid pernah membela tiga tim akademi berbeda. Tim junior Real Betis (2011—2014) jadi tim terakhir yang dibelanya sebelum jadi pemain profesional.

Setelah berseragam Real Madrid, Dani Ceballos sempat dipinjamken ke Arsenal selama 2 musim (2019—2021). Dalam kurun waktu tersebut, Ceballos sukses menyumbangkan 5 assist dari 49 laga untuk The Gunners di EPL.

Di antara nama-nama dalam daftar di atas, Adrian San Miguel jadi yang paling mentereng dengan gelar, performa, dan statistik yang ia ciptakan. Akankah ada jebolan akademi Real Betis baru yang bisa mengalahkan Adrian?

Baca Juga: 5 Pemain Real Betis Habis Kontrak pada Akhir 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya