Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Sparta Praha yang Pernah Berkarier di EPL 

Tim paling berprestasi di Ceko

Dengan statusnya sebagai juara Liga Ceko 2021/2022, Viktoria Plzen berhak untuk menjadi satu-satunya perwakilan Rep. Ceko di ajang Liga Champions. Namun faktanya, Viktoria Plzen bukanlah tim yang paling sering menjadi juara di Liga Ceko.

Penghargaan tersebut dimiliki oleh Sparta Praha, tim yang telah dua belas kali jadi juara. Sebagai tim besar, Sparta Praha sukses melahirkan banyak pesepak bola berbakat dari tim akademinya.

Banyak dari mereka yang pada akhirnya berkarier di liga top Eropa, termasuk English Premier League. Lalu, siapa sajakah jebolan akademi Sparta Praha yang pernah berkarier di EPL? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Patrik Berger

5 Jebolan Akademi Sparta Praha yang Pernah Berkarier di EPL Patrik Berger (premierleague.com)

Pemain jebolan akademi Sparta Praha pertama yang berkarier di English Premier League adalah Patrik Berger. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah membela empat klub English Premier League sejak berkarier pada 1996.

Liverpool (1996—2003), Portsmouth (2003—2005), Aston Villa (2005—2008), dan Stoke City (2006) menjadi deretan tim yang pernah ia bela. Dari keempat klub tersebut, Berger sukses mencetak 38 gol dan 27 assist dari 229 laga di EPL.

2. Jiri Jarosik

5 Jebolan Akademi Sparta Praha yang Pernah Berkarier di EPL Jiri Jarosik (twitter.com/ACSparta_CZ)

Nama selanjutnya ialah Jiri Jarosik, bek berkebangsaan Republik Ceko yang pensiun pada 2015 bersama Deportivo Alaves. Akademi Sparta Praha yang ia tempati selama setahun (1996—1997) menjadi tim muda terakhir yang ia bela.

Pada awal musim 2005/2006, Jarosik sempat bergabung dengan Chelsea. Namun sayang, ia gagal bersinar sehingga dipinjamkan ke Birmingham pada musim selanjutnya. Secara keseluruhan, Jarosik sukses mencetak 5 gol dari 38 laga.

Baca Juga: 5 Klub Spanyol yang Pernah Dihadapi Manchester City di Liga Champions

3. Tomas Rosicky

5 Jebolan Akademi Sparta Praha yang Pernah Berkarier di EPL Tomas Rosicky (premierleague.com)

Dengan performanya yang amat cemerlang, Tomas Rosicky mungkin menjadi pemain yang paling populer dalam daftar ini. Legenda Timnas Ceko ini berada di tim akademi Sparta Praha selama sebelas tahun (1988—1999).

Setelah membela tim senior Sparta Praha dan Borussia Dortmund, Rosicky pun mendarat di Arsenal pada 2006 dan bermain selama sepuluh musim di klub berjuluk The Gunners tersebut. Dalam kurun waktu tersebut, Rosicky sukses bermain 170 kali dengan catatan 19 gol dan 14 assist.

4. Daniel Pudil

5 Jebolan Akademi Sparta Praha yang Pernah Berkarier di EPL Daniel Pudil (swfc.co.uk)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Danie Pudil pernah 4 tahun (1996—2003) berada di tim akademi Sparta Praha. Pada 2012, Pudil memulai kariernya di Inggris bersama Watford sebagai pemain pinjaman dari Granada.

Setelah itu, ia pernah membela Sheffield Wednesdat dan Hallam. Pudil membantu Watford promosi ke EPL musim 2015/2016. Namun sayang, ia tak mencatatkan satu pun laga ketika berlaga di kasta tertinggi.

5. Jiri Skalak

5 Jebolan Akademi Sparta Praha yang Pernah Berkarier di EPL Jiri Skalak (twitter.com/officialbhafc)

Pada pertengahan musim 2015/2016, Brighton Hove Albion pernah mendatangkan winger asal Ceko. Dia adalah Jiri Skalak yang saat ini berlaga di Mlada Boleslav, Ceko. Sama seperti Pudil, Skalak juga gagal tampil di kasta tertinggi.

Padahal, ia cukup berperan ketika membawa Brighton Hove Albion promosi ke EPL pada 2017/2018. Skalak yang berada di tim muda Sparta Praha selama 3 tahun (2007—2010) hanya berlaga di Championship dan FA Cup kala berkarier di Inggris.

 

Dari lima nama dalam daftar ini, Tomas Rosicky dan Patrik Berger jelas menjadi yang paling populer. Selain karena bisa membela tim besar, kedua pemain tersebut sukses mencetak banyak penampilan dan berkontribusi besar bagi timnya.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga Champions

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya