5 Jebolan Akademi Stade Rennes Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Tak semuanya raih sukses!

Stade Rennes merupakan salah satu tim besar Prancis yang tak pernah memenangkan gelar juara Ligue 1. Prestasi tertingginya di kancah domestik hanya sampai jadi juara Coupe de France. Kendati demikian, Stade Rennes cukup populer sebagai sebuah klub.

Stade Rennes juga sukses mengorbitkan banyak pemain berkualitas, terutama yang berasal dari tim junior. Tim akademi Stade Rennes jadi salah satu tim Ligue 1 yang paling banyak menyumbang pemainnya di kompetisi English Premier League.

Total, ada sembilan nama jebolan akademi Stade Rennes yang pernah menembus EPL. Berikut kami sajikan daftar lima yang terbaik di antaranya. Siapa saja?

1. Sylvain Wiltord

5 Jebolan Akademi Stade Rennes Terbaik yang Pernah Bermain di EPLSylvain Wiltord (talksport.com)

Sylvain Wiltord merupakan pemain jebolan akademi Stade Rennes pertama sekaligus satu-satunya pemain yang sukses raih gelar juara EPL. Wiltord sukses meraih trofi tersebut ketika berseragam Arsenal selama 4 tahun (2000—2004).

Selama bermain di EPL, Wiltord sukses bukukan 31 gol dan 17 assists dari 108 laga. Wiltord juga dikenal sebagai salah satu penyerang tajam Prancis di awal tahun 2000-an. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Wiltord cukup lama berada di tim akademi Stade Rennes.

2. Abdoulaye Doucoure

5 Jebolan Akademi Stade Rennes Terbaik yang Pernah Bermain di EPLAbdoulaye Doucoure (skysports.com)

Pemain andalan Everton, Abdoulaye Doucoure jadi satu dari dua jebolan akademi Stade Rennes yang berlaga di EPL 2021/2022. Gelandang bertahan yang baru saja bergabung dengan Timnas Mali ini pernah berada di tim akademi selana 5 tahun (2007—2012).

Doucoure telah membela dua tim EPL berbeda sejak berkarier di tanah Britania Raya pada 2016. Tim tersebut ialah Watford yang ia bela dari 2016—2020 dan Everton yang dibelanya saat ini, Doucoure telah catatkan 168 laga dengan kontribusi 21 gol dan 19 assists di EPL sejauh ini.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi PSG Terbaik Pernah Bermain di EPL  

3. Yan Valery

5 Jebolan Akademi Stade Rennes Terbaik yang Pernah Bermain di EPLYan Valery (skysports.com)

Selain Abdoulaye Doucoure, Yan Valery juga jadi jebolan akademi Stade Rennes lain yang berlaga di EPL 2021/2022. Yan Valery telah bergabung dengan Southampton dari sejak masih berada di tim akademi pada 2015.

Sebelum itu, Yan Valery pernah dididik oleh tim akademi Stade Rennes selama dua tahun. Valery promosi ke tim utama The Saints pada musim 2018/2019. Hingga kini, Valery baru catatkan 42 penampilan di kasta tertinggi sepak bola Inggris ini.

4. Sylvain Marveaux

5 Jebolan Akademi Stade Rennes Terbaik yang Pernah Bermain di EPLSylvain Marveaux (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Sylvain Marveaux, gelandang berkebangsaan Prancis yang terakhir kali bermain untuk tim Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, Charlotte Independence. Marveaux pernah berada di tim akademi Stade Rennes selama 5 tahun (2001—2006).

Setelah sempat membela tim utama Stade Rennes selama 3 tahun. Marveaux kemudian pindah ke Newcastle United pada 2011.

Selama 4 musim berseragam The Magpies, Marveaux hanya aktif bermain selam semusim saja, tepatnya pada 2012/2013. Jika ditotalkan, Marveaux hanya catatkan 38 laga di EPL.

5. Tiemoue Bakayoko

5 Jebolan Akademi Stade Rennes Terbaik yang Pernah Bermain di EPLTiemoue Bakayoko (skysports.com)

Hingga saat ini, Tiemoue Bakayoko masih berstatus sebagai pemain dari Chelsea. Akan tetapi, ia lebih sering dipinjamkan ke tim lain ketimbang bermain di skuad utama bersama The Blues. Oleh karena itu, Bakayoko baru catatkan 29 laga di EPL sejak bergabung dengan Chelsea pada 2017.

Bakayoko merupakan gelandang yang mulai dikenal publik ketika membela AS Monaco. Sebelum bergabung dengan klub tersebut, Bakayoko pernah membela Stade Rennes sekaligus menimba ilmu di tim akademinya selama 5 tahun (2008—2013).

 

Selain kelima nama tersebut, masih ada beberapa nama lain seperti Yann M’Vila yang pernah membela Sunderland, Ousmane Dabo yang pernah membela Manchester City dan Fousseni Diabate yang pernah membela Leicester City. Siapakah yang aksinya paling kamu kenang?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Rennes yang Saat Ini Berkarier di Klub Top Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya