5 Jebolan Akademi Standard Liege Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Sistem akademi yang baik jadi kunci sukses bagi Belgia!

Sepak bola Belgia mengalami peningkatan kualitas pasca lahirnya golden generation. Pemain-pemain hebat berstatus bintang ini lahir dari sistem akademi teratur yang dibangun secara menyeluruh di banyak akademi sepak bola di Belgia.

Standard Liege sebagai salah satu klub besar di Belgia juga punya andil besar. Beberapa pemain jebolan akademi mereka menjelma sebagai pesepak bola top Eropa dan punya kontribusi di timnas.

Beberapa dari mereka sukses menembus liga top Eropa, salah satunya ialah English Premier League (EPL). Total telah ada 14 pemain jebolan akademi Standard Liege yang pernah merumput di EPL. Kami merangkum dan mengulas 5 yang terbaik di antara 14 nama tersebut. Siapa saja?

1. Christian Benteke

5 Jebolan Akademi Standard Liege Terbaik yang Pernah Bermain di EPLChristian Benteke (skysports.com)

Christian Benteke menjadi jebolan akademi Standard Liege dengan jumlah pertandingan terbanyak di English Premier League hingga kini. Benteke yang menghabiskan dua tahun di akademi Standard Liege (2004—2006) ini jadi satu-satunya produk akademi yang masih berlaga secara reguler di EPL 2021/2022.

Karier Benteke di Inggris dimulai pada tahun 2012 ketika ia bergabung dengan Aston Villa. Benteke juga sempat membela Liverpool selama semusim (2015/2016), sebelum pindah ke Crystal Palace yang jadi timnya saat ini. Penyerang berusia 31 tahun ini telah mencatatkan 280 penampilan di EPL hingga akhir musim 2021/2022.

2. Joseph Yobo

5 Jebolan Akademi Standard Liege Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJoseph Yobo (skysports.com)

Akademi Standard Liege tidak hanya diperuntukan untuk pesepak bola asal Belgia. Joseph Yobo menjadi salah satu contohnya. Bek berkebangsaan Nigeria ini hanya berada satu tahun di tim akademi, sebelum promosi ke tim utama pada 2001.

Yobo pernah membela dua tim berbeda di kompetisi EPL, yakni Everton (2003—2012) dan Norwich City (2014). Total 227 pertandingan dengan catatan 8 gol dan 2 assists, Yobo cetak di EPL. Kebanyakan torehan tersebut ia catatkan ketika membela Everton.

Baca Juga: 6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktif

3. Eliaquim Mangala

5 Jebolan Akademi Standard Liege Terbaik yang Pernah Bermain di EPLEliaquim Mangala (skysports.com)

Pesepak bola non-Belgia lain yang pernah menimba ilmu di akademi Standard Liege adalah Eliaquim Mangala. Sejak kecil, bek asal Prancis ini memang telah pindah dan menimba ilmu di tim akademi yang ada di Belgia. Salah satunya ialah akademi Standard Liege.

Sama seperti Yobo, Mangala juga pernah membela dua tim berbeda di EPL. Tim tersebut adalah Manchester City (2014—2019) dan Everton yang ia bela sebagai pemain pinjaman (2018). Mangala sudah jarang bermain untuk Manchester City selepas musim keduanya. Oleh karena itu, ia hanya catatkan 59 penampilan di EPL.

4. Nacer Chadli

5 Jebolan Akademi Standard Liege Terbaik yang Pernah Bermain di EPLNacer Chadli (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah winger Belgia yang saat ini membela Istanbul Basaksehir, Nacer Chadli. Pemain yang memiliki darah Maroko ini pernah membela Tottenham Hotspur (2013—2016) dan West Browich Albion (2016—2018) saat berkarier di EPL.

Selama lima musimnya di EPL tersebut, Chadli mencatatkan 124 penampilan dengan koleksi 21 gol dan 15 assists. Jauh sebelum itu, Chadli pernah menimba ilmu di tim akademi Standard Liege selama 7 tahun, tepatnya dari 1998 hingga 2005.

5. Michy Bashuayi

5 Jebolan Akademi Standard Liege Terbaik yang Pernah Bermain di EPLMichy Batshuayi (skysports.com)

Sejatinya, Michy Batshuayi masih berstatus sebagai pemain milik Chelsea hingga tahun 2023. Akan tetapi, ia lebih sering dipinjamkan. Begitu pula pada musim ini, ia dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas. Hingga tahun 2022, ia hanya baru catatkan 77 penampilan dengan torehan 15 gol dan 5 assists untuk Chelsea dan Crystal Palace.

Standard Liege merupakan akademi terakhir yang ia tempati sebelum menjadi pesepak bola profesional. Momen tersebut terjadi selama selama tiga tahun, sebelum ia dipromosikan ke tim utama Standrad Liege pada 2011.

 

Peningkatan kualitas sepak bola Belgia adalah contoh nyata dari keberhasilan sistem akademi yang baik. Mereka membuat sebuah sistem yang hampir seragam dan nantinya akan diterapkan ketika usia pemain tersebut memasuki umur profesional sepak bola.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Belgia yang Pernah Memenangkan EPL Player of the Month

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya