5 Jebolan Akademi Tottenham Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie A

Ada David Beckham

Tottenham Hotspur telah dikenal sebagai tim English Premier League (EPL) yang cukup konsisten. Meski sudah lama tak mendapatkan gelar juara, Tottenham kerap bersaing di papan atas atau setidaknya di papan tengah.

Selain karena performanya, pemain dari tim akademi Tottenham Hotspur juga punya kualitas baik. Beberapa di antaranya sukses di EPL. Banyak juga yang lainnya sukses di liga lain, seperti Serie A Italia.

Berikut ini lima jebolan akademi Tottenham terbaik yang pernah berkarier di Serie A.

1. Emil Hallfredsson

5 Jebolan Akademi Tottenham Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie AEmil Hallfredsson (udinese.it)

Emil Hallfredsson menjadi pemain jebolan akademi Tottenham Hotspur yang paling banyak membela tim Serie A. Gelandang asal Islandia tersebut pernah membela Hellas Verona, Udinese, Empoli, dan Reggina.

Pemain yang 2 tahun (2005—2007) berada di tim akademi Tottenham ini bisa mencatatkan 178 laga dengan torehan 5 gol dan 20 assist di Serie A. Catatan tersebut membuat Hallfredsson menjadi jebolan akademi Tottenham yang paling sering berlaga di Serie A.

2. William Troost-Ekong

5 Jebolan Akademi Tottenham Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie AWilliam Troost Ekong (udinese.it)

William Troost-Ekong merupakan bek berkebangsaan Nigeria yang 3 tahun berada di tim akademi Tottenham Hotspur. Momen tersebut terjadi pada 2010 hingga pindah ke FC Groningen pada awal musim 2013/2014.

Troost-Ekong pernah 2 musim berkarier bersama Udinese, tepatnya pada 2018—2020. Dalam kurun waktu tersebut, Troost-Ekong yang kini membela Watford sukses menorehkan 65 pertandingan sebagai seorang bek.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Barcelona Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie A

3. Tony Marchi

5 Jebolan Akademi Tottenham Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie ATony Marchi (kiri) (tottenhamhotspur.com)

Tony Marchi adalah legenda Tottenham Hotspur sekaligus pemain jebolan akademi pertama yang menembus Serie A. Pemain berposisi gelandang ini sempat bermain di tim senior Tottenham selama 7 tahun sebelum pindah ke Serie A pada 1957.

Saat berkarier di Italia, Marchi membela Juventus, LR Vicenza, dan Torino. Namun, catatan 11 gol dari 59 pertandingannya hanya ia catatkan bersama LR Vicenza (1957—1958) dan Torino (1958—1959).

4. Graeme Souness

5 Jebolan Akademi Tottenham Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie AGraeme Souness (premierleague.com)

Nama Graeme Souness sangat melegenda bersama Liverpool. Namun, ia berasal dari akademi Tottenham Hotspur. Ia hanya tak pernah memiliki karier di tim senior berjuluk The Lillywhites tersebut.

Setelah 6 tahun berkarier untuk Liverpool, Souness pindah ke Sampdoria pada awal musim 1984/1985. Ia bertahan selama 2 musim di sana dengan mencatatkan 8 gol dan 2 assist dari 56 laga.

5. David Beckham

5 Jebolan Akademi Tottenham Terbaik yang Pernah Berkarier di Serie ADavid Beckham (twitter.com/acmilan)

Tak banyak yang tahu jika David Beckham pernah jadi bagian dari tim akademi Tottenham Hotspur. Momen tersebut terjadi dari 1987 hingga pindah ke tim akademi Manchester United pada 1991.

Saat pindah ke LA Galaxy, David Beckham pernah 2 kali dipinjamkan ke AC Milan. Momen tersebut terjadi pada Januari 2009—Juni 2009 dan Januari 2010—Juni 2010. Kala itu, ia sukses mencatatkan 29 penampilan dengan torehan 2 gol dan 9 assist.

Jika ditotalkan, terdapat sembilan pemain jebolan akademi Tottenham Hotspur yang pernah berlaga di Serie A. Paul Jose Mpoku, Luis Binks, Tomislav Gomelt, dan Bruno Uvini menjadi nama lainnya.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie A

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya