Comscore Tracker

5 Kakak Beradik yang Pernah Tampil Bersama di Ajang Piala Eropa

DNA sepak bola yang melekat di keluarga!

Tidak dimungkiri lagi jika bakat seseorang turun dari keluarga. Banyak pemain yang memiliki ikatan keluarga di sepak bola. Yang paling terkenal ialah Peter Schmeichel yang menurunkan bakat sepak bolanya terhadap sang anak, Kasper Schmeichel yang juga tampil luar biasa sebagai seorang kiper.

Namun tak jarang juga kakak beradik bisa menjadi seorang pesepak bola. Walaupun demikian, tak banyak kakak beradik yang bisa memiliki performa hebat dan tampil bersama di major turnamen.

Di ajang Piala Eropa sendiri, tercatat hanya ada 5 pasang kakak beradik yang pernah tampil bersama. Lantas siapa sajakah mereka? Beirkut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Rene van de Kerkhof dan Willy van de Kerkhof

5 Kakak Beradik yang Pernah Tampil Bersama di Ajang Piala EropaKerkhof Bersaudara (goal.com)

Van de Kerkhof bersaudara merupakan kakak beradik pertama yang tampil bersama di ajang Piala Eropa. Rene van de Kerkhof dan Willy van de Kerkhof merupakan saudara kembar yang berasal dari tim nasional Belanda. Rene van de Kerkhof merupakan pemain yang berposisi sebagai winger kanan, sedangkan sang adik, Willy van de Kerkhof berposisi sebagai gelandang sayap kanan.

Keduanya ambil bagian dalam gelaran Piala Eropa 1976 dan 1980. Selain menjadi kakak beradik pertama yang tampil bersama di Piala Eropa, mereka juga merupakan pemain kembar pertama yang tampil di ajang Piala Dunia.  

2. Frank de Boer dan Ronald de Boer

5 Kakak Beradik yang Pernah Tampil Bersama di Ajang Piala EropaDe Boer Bersaudara (nssmag.com)

Pelatih timnas Belanda saat ini, Frank de Boer juga pernah tampil bersama dengan saudara kembarnya yakni Ronald de Boer di ajang Piala Eropa. Secara performa dan popularitas, Frank yang berposisi sebagai bek tengah jelas lebih unggul ketimbang Ronald yang berposisi sebagai winger.

Kendati demikian, keduanya selalu membela tim yang sama dalam beberapa kesempatan. Ajax Amsterdam, Barcelona, Glasgow Rangers dan Al-Rayyan merupakan tim yang mereka bela bersama selain timnas Belanda. Sebenarnya keduanya bisa saja tampil di empat edisi Piala Eropa secara bersamaan.

Pada Piala Eropa 1992, hanya Frank de Boer sajalah yang dipanggil ke timnas Belanda. Sedangkan pada Piala Eropa 1996, Frank de Boer mengalami cedera sehingga hanya Ronald de Boer sajalah yang dipanggil. Barulah di Piala Eropa tahun 2000 mereka dipanggil bersamaan, walaupun tidak berhasil membawa Belanda sebagai juara.

Kemudian di Piala Eropa 2004, hanya Frank de Boer sajalah yang dipanggil ke skuad, sedangkan Ronald de Boer lagi-lagi tidak masuk skuad De Oranje.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020

3. Gary Neville dan Phil Neville

5 Kakak Beradik yang Pernah Tampil Bersama di Ajang Piala EropaNeville Bersaudara (theguardian.com)

Neville bersaudara masih menjadi kakak beradik dengan penampilan terbanyak di ajang Piala Eropa. Gary dan Phil Neville merupakan bagian dari timnas Inggris di gelaran Piala Eropa 1996, 2000 dan 2004. Namun pada Piala Eropa 1996, Phil Neville tidak pernah semenit pun bermain dan harus puas duduk di bangku cadangan. Sedangkan sang kakak, Gary Neville berhasil mencatatkan 4 penampilan di Piala Eropa 1996.

Sejatinya Gary dan Phil merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Namun pada Piala Eropa 2000 dan 2004 kala mereka tampil bersama, Phil Neville harus mengalah dan mengambil peran sebagai bek kiri.  

4. Romelu Lukaku dan Jordan Lukaku

5 Kakak Beradik yang Pernah Tampil Bersama di Ajang Piala EropaLukaku Bersaudara (hai.grid.id)

DNA sepak bola memang mengalir di darah Lukaku bersaudara. Pasalnya, ayah dari Romelu Lukaku dan Jordan Lukaku juga merupakan pesepak bola profesional bernama Roger Lukaku yang membela tim nasional Kongo.

Dari berbagai aspek, Romelu Lukaku jelas lebih unggul ketimbang sang adik, Jordan Lukaku. Sejak pertama kali dipanggil timnas Belgia di tahun 2010, Lukaku tidak pernah sekalipun absen dari major turnamen. Sedangkan Jordan Lukaku hanya berhasil menjadi bagian dari skuad Belgia di Euro 2016.

Pada gelaran tersebut, Romelu dan Jordan Lukaku bermain bersama. Berbeda dengan sang kakak yang berhasil tampil di seluruh laga, Jordan Lukaku justru hanya bermain di babak quarter finals Piala Eropa 2016, kala Belgia ditekuk Wales dengan skor 3-1.

5. Eden Hazard dan Thorgan Hazard

5 Kakak Beradik yang Pernah Tampil Bersama di Ajang Piala EropaHazard Bersaudara (reporteri.net)

Setelah gagal menembus skuad Belgia di Piala Eropa 2016, Thorgan Hazard akhirnya bisa menyusul sang kakak, Eden Hazard dengan menembus skuad Belgia di ajang Piala Eropa tahun ini. Pada laga kontra Rusia kemarin keduanya berhasil tampil bersama, walaupun Eden Hazard hanya mencatatkan 18 menit.

Peningkatan performa yang dialami Thorgan Hazard dalam beberapa tahun terakhir menjadi alasan saat ini mereka bisa tampil bersama. Sebelum tampil bersama di ajang Piala Eropa, mereka juga pernah tampil bersama di Piala Dunia 2018.

 

Itulah 5 kakak beradik yang pernah tampil bersama di ajang Piala Eropa. DNA keluarga memang sangatlah melekat pada kualitas dan kemampuan mereka. Sehingga tak heran, jika nana-nama tersebut berkembang sebagai nama yang besar. Siapa favoritmu?  

Baca Juga: 5 Pemain Underrated yang Siap Tampil Mengejutkan di Piala Eropa 2020

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya