Comscore Tracker

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Bundesliga 2021/2022

Penyelamatan tak selalu berbanding lurus dengan clean sheet

Selain outfield, pujian juga perlu diberikan kepada kiper yang berjibaku pada tiap musim. Para pemain di posisi ini sangat sulit untuk menciptakan assist, apalagi untuk mencetak gol yang bisa menambah keunggulan.

Meski begitu, seorang kiper punya tugas yang lebih besar untuk menjaga gawang tetap aman dan berusaha tak kebobolan. Ada lima kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Bundesliga 2021/2022.

1. Yann Sommer

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Bundesliga 2021/2022Yann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Bundesliga 2021/2022 adalah kiper veteran asal Swiss, Yann Sommer. Kiper utama Borussia Moenchengladbach ini mencatatkan 131 penyelamatan dari 33 pertandingan di Bundesliga.

Sayangnya, catatan gemilang tersebut tidak dibarengi dengan performa klub yang menakjubkan. Pasalnya, Yann Sommer hanya mampu membawa Gladbach finis di posisi kesepuluh. Musim ini, ia hanya mencatat 5 clean sheet dengan 60 kebobolan.

2. Stefan Ortega

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Bundesliga 2021/2022Stefan Ortega (90min.de)

Stefan Ortega merupakan kiper utama Arminia Bielefeld. Selama 2021/2022, ia sukses mencatatkan 128 penyelamatan dari 33 pertandingan. Ortega mencatatkan 6 kali clean sheet dengan catatan 53 kali kebobolan di Bundesliga.

Arminia Bielefeld yang jadi tim Ortega musim ini harus terdegradasi karena hanya finis di posisi ke-17. Pada pertandingan terakhirnya, ia telah menyatakan akan berpisah dengan Arminia Bielefeld. Bukan tidak mungkin jika kiper Jerman keturunan Spanyol ini akan pindah ke tim yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Catatan Apik Bayern Munich di Bundesliga 2021/2022, Mental Juara!

3. Lukas Hradecky

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Bundesliga 2021/2022Lukas Hradecky (bayer04.de)

Lukas Hradecky menjadi satu-satunya kiper dari tim empat besar Bundesliga yang masuk dalam daftar ini. Ia merupakan kapten dan kiper utama dari Bayer Leverkusen, tim yang berhasil mengakhiri musim di posisi ketiga.

Musim ini, Hradecky sukses mencatatkan 8 clean sheet dan hanya kebobolan 44 gol. Torehan tersebut berhasil ia buat dengan 119 penyelamatan yang ia lakukan dalam 32 pertandingan yang dimainkannya di Bundesliga untuk Bayer Leverkusen.

4. Manuel Riemann

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Bundesliga 2021/2022Manuel Riemann (sport.sky.de)

VfL Bochum merupakan tim promosi Bundesliga 2021/2022 yang memiliki pertahanan terbaik musim ini. Salah satu aktor hebat di balik torehan ini adalah kiper utama mereka, Manuel Riemann.

Kiper Jerman yang kini berusia 33 tahun ini sukses mencatatkan 7 clean sheet dan hanya kebobolan 45 gol. Dari 31 penampilan yang ia catatkan, Manuel Riemann sukses melakukan 118 kali penyelamatan yang membawa Bochum dapat bertahan di Bundesliga.

5. Kevin Trapp

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Bundesliga 2021/2022Kevin Trapp (sport.sky.de)

Terpaut tiga penyelamatan dari Manuel Riemann, Kevin Trapp sukses menorehkan 115 kali penyelamatan musim ini. Kiper dari Eintracht Frankfurt ini memainkan 32 penampilan dengan torehan 5 clean sheet dan hanya kebobolan 46 gol.

Sama seperti Moenchengladbach, torehan tersebut gagal membawa Eintracht Frankfurt finis di papan atas. Mereka harus puas bertengger di posisi ke-11 pada akhir musim. Kendati demikian, Kevin Trapp berhasil juara Liga Europa musim ini.

Jumlah penyelamatan yang banyak tidak selalu berbanding lurus dengan jumlah clean sheet. Faktanya, pemain dengan jumlah clean sheet terbanyak di Bundesliga musim ini, yakni Manuel Neuer, Koen Casteels, Mark Flekken, dan Robin Zentner, tidak masuk dalam daftar ini.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Jumlah Gol Terbanyak di Bundesliga Musim 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya