5 Kiper dengan Performa Mengejutkan di Setiap Liga Top Eropa Musim Ini

Calon kiper-kiper top dunia, mana jagoanmu?

Seluruh liga top Eropa telah memainkan laga terakhirnya dini hari tadi. Inter Milan, LOSC Lille dan Atletico Madrid muncul sebagai kejutan di liga mereka masing-masing dengan tampil sebagai juara di akhir musim.

Tentu hal ini menjadi sebuah hal yang mengejutkan bagi para penggemar sepak bola. Pasalnya liga Italia telah lama dikuasai kekuatan Juventus, sedangkan liga Prancis telah lama didominasi oleh kekuatan Paris Saint-Germain dan di liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona biasanya selalu bergantian keluar sebagai juaranya.

Performa tim-tim tersebut jelas mengejutkan banyak pihak. Sama seperti beberapa kiper ini yang berhasil menampilkan performa mengejutkan selama musim 2020/2021. Lantas siapa sajakah kiper yang memiliki performa paling mengejutkan di masing-masing liga top Eropa? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Emiliano Martinez

5 Kiper dengan Performa Mengejutkan di Setiap Liga Top Eropa Musim IniEmiliano Martinez (fotmob.com)

Kepindahan Emiliano Martinez dari Arsenal pada awal musim akan sangat berpengaruh pada performa Aston Villa musim ini. Sebelumnya banyak pihak yang memprediksi jika Aston Villa akan menjadi salah satu kandidat kuat tim yang degradasi musim ini.

Namun penampilan Emiliano Martinez di bawah mistarThe Villa berhasil mengubah prediksi tersebut dan menempatkan tim asal kota Birmingham ini finish di urutan ke-11. Secara statistik, kiper berkebangsaan Argentina ini hanya kebobolan 46 gol dan melakukan 15 cleansheet dari 38 laga yang Ia mainkan di EPL musim ini. Angka tersebut hanya kalah dari Ederson Moraes dan Edouard Mendy yang berasal dari tim yang berada di posisi 4 besar.

Selama musim ini, Martinez berhasil melakukan 142 save, termasuk 1 penalty save yang menjadi jumlah save ketiga tertinggi di EPL musim ini. Yang lebih istimewa lagi, Martinez menjadi penjaga gawang dengan jumlah high claim tertinggi di EPL musim ini dengan jumlah 42 high claims.

2. Yassine Bounou

5 Kiper dengan Performa Mengejutkan di Setiap Liga Top Eropa Musim IniYassine Bounou (sportsworldghana.com)

Walaupun Jan Oblak menjadi pemain dengan jumlah cleansheet terbanyak musim ini, namun apresiasi lebih harus disematkan kepada Yassine Bounou yang tampil hebat bersama Sevilla. Di musim ini, Bono berhasil mencatatkan 15 cleansheet dari 33 pertandingan yang Ia jalani di La Liga.

Angka tersebut jelas dibawah rata-rata kiper utama klub La Liga lain yang bisa tampil 35-38 laga di musim ini. Kiper berkebangsaan Maroko ini hanya kebobolan 28 gol dan melakukan 80 save dengan persentase 72,7%.  

Selain hebat dalam urusan bertahan, Bono juga sempat menjadi pahlawan untuk Sevilla dengan mencetak gol penyama kedudukan di menit akhir kontra Real Valladolid pada pertengahan Maret kemarin.

Baca Juga: 10 Penyerang Terbaik Dunia: Lewandowski Terbaik, Ronaldo Kelima

3. Stefan Ortega 

5 Kiper dengan Performa Mengejutkan di Setiap Liga Top Eropa Musim IniStefan Ortega (90min.de)

Tidak ada yang menyangka jika kiper Ariminia Bielefeld, Stefan Ortega akan tampil cemerlang di musim ini. Berkatnya, Ariminia berhasil terhindar dari zona degradasi dan mengantarkan klub asal North-Rhine Westphelia ini finish di urutan ke-15 Bundesliga.

Dari 34 laga yang dijalani musim ini, Ortega berhasil mencatatkan 11 cleansheets dari 34 laga yang menjadi jumlah cleansheets ketiga tertinggi di Bundesliga setelah Peter Gulasci dari RB Liepzig dan Koen Casteels dari Wolfsburg.

Di tahun pertamanya tampil di Bundesliga, Ortega berhasil menjadi kiper dengan jumlah save tertinggi di liga yang jumlahnya mencapai 134 save dengan persentase 32,4%.  

4. Mike Maignan

5 Kiper dengan Performa Mengejutkan di Setiap Liga Top Eropa Musim IniMike Maignan (dailystar.co.uk)

Mike Maignan sangat layak disebut sebagai pemain kunci dari keberhasilan LOSC Lille dalam meraih gelar juara Ligue 1 musim ini. Seiring keberhasilan Lille merengkuh gelar juara, penampilan Maignan musim ini juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Maignan hanya kebebolan 23 gol dan berhasil mencatatkan 21 cleansheets dari 38 laga di Ligue 1 musim ini. Maignan juga memiliki persentase penyelamatan yang cukup tinggi, yakni 56,8% dengan rincian 83 penyelamatan termasuk 1 penyelamatan dari titik penalti.

5. Juan Musso

5 Kiper dengan Performa Mengejutkan di Setiap Liga Top Eropa Musim IniJuan Musso (mediagol.it)

Di Serie A, kiper berkebangsaan Argentina lain juga berhasil menampilkan performa impresif musim ini. Kredit tersebut disematkan kepada Juan Musso yang berhasil mencatatkan 8 cleansheet dari 34 pertandingan bersama Udinese musim ini.

Walaupun hanya mengantar Udinese finish di posisi ke-14, namun Musso hanya kebobolan 51 gol musim ini dan itupun 12 diantaranya berasal dari titik penalti. Sebagai perbandingan, Lazio yang berada di posisi keenam mengalami 56 kebobolan gol dan AS Roma yang berada di posisi ketujuh mengalami kebobolan 58 gol.

Hal tersebut jelas menunjukan bahwa jumlah kebobolan yang dialami Juan Musso masih lebih rendah dari tim yang posisinya jauh di atas tim yang dibela Musso, yakni Udinese. Selama musim ini, Musso berhasil mencatatkan 96 save dan salah satunya berasal dari penyelamatan penalti.

Itulah 5 kiper dengan performa paling mengejutkan dari setiap liga top Eropa selama musim ini. Menurutmu adakah yang lebih baik? Tulis di kolom komentar.

Baca Juga: Nominasi 8 Gol Terbaik Premier League Bulan Mei, Mana yang Terbaik?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya