Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!

Tim Dinamit siap meledak di Piala Dunia 2022

Meski memiliki satu gelar juara Piala Eropa, Denmark bukanlah negara Skandinavia yang paling sukses di Piala Dunia. Mereka masih kalah prestasi dari Swedia yang pernah 12 kali ikuts serta dan menjadi pernah jadi juara ketiga Piala Dunia.

Namun, Timnas Denmark patut berbangga karena mereka menjadi satu-satunya tim asal Skandinavia yang sukses lolos ke Piala Dunia 2022. Sebelum lolos ke Piala Dunia 2022, Denmark pernah mengikuti lima Piala Dunia.

Performa mereka di Piala Dunia cukup baik. Lalu, bagaimanakah kiprah Tim Dinamit di lima kali keikutsertaannya? Intip ulasannya, yuk!

1. Piala Dunia 1986

Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!Michel Laudrup (premierleague.com)

Piala Dunia 1986 yang diselenggarakan di Meksiko menjadi kali pertama Tim Dinamit mentas di Piala Dunia. Kala itu, mereka diperkuat oleh beberapa pemain legenda, seperti Michael Laudrup, Jan Molby, dan Morten Olsen.

Piala Dunia pertama mereka berjalan cukup lancar. Denmark sukses lolos dari fase grup, meski kalah di babak 16 besar kala bertemu Spanyol. Pada pertandingan tersebut, Denmark ditaklukan dengan skor 1-5.

2. Piala Dunia 1998

Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!Peter Schmeichel (twitter.com/euro2024)

Sempat absen di tiga edisi Piala Dunia, Denmark kembali mentas pada Piala Dunia 1998 yang diadakan di Prancis. Pada kali keduanya ini, penampilan Denmark lebih baik dari Piala Dunia 1986.

Diperkuat beberapa nama besar, seperti Peter Schmeichel, Michael Laudrup, Brian Laudrup, Thomas Helveg, dan Ebbe Sand, Denmark mampu melaju hingga babak delapan besar. Catatan tersebut masih menjadi torehan terbaik Denmark pada ajang ini.

Baca Juga: Skuad Resmi Denmark di Piala Dunia 2022, Christian Eriksen Comeback

3. Piala Dunia 2002

Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!Dennis Rommedahl (twitter.com/euro2024)

Selanjutnya pada Piala Dunia 2002 yang diadakan di Korea Selatan dan Jepang. Pada turnamen ini, Denmark juga sukses lolos dari babak fase grup dengan mengalahkan Prancis dan Senegal di fase grup.

Namun, mereka harus dikalahkan Inggris di babak 16 besar dengan skor 3-0. Jon Dahl Tomasson, Ebbe Sand, Dennis Romedahl, Thomas Gravesen, dan Thomas Helveg menjadi kekuatan Denmark kala itu.

4. Piala Dunia 2010  

Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!Daniel Agger (twitter.com/euro2024)

Denmark gagal lolos ke Piala Dunia 2006. Namun, mereka menebusnya dengan lolos ke Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan. Kala itu, Denmark diisi oleh beberapa nama besar, seperti Jon Dahl Tomasson, Martin Jorgensen, Nicklas Bendtner, dan Daniel Agger.

Sayangnya, langkah mereka harus terhenti di babak fase grup. Berada satu grup bersama Belanda, Jepang, dan Kamerun, Timnas Denmark harus puas menduduki posisi ketiga dengan torehan 3 poin dari hasil menang atas Kamerun.

5. Piala Dunia 2018  

Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!Kasper Schmeichel (twitter.com/euro2024)

Denmark juga gagal lolos ke Piala Dunia 2014. Dengan bermodalkan generasi baru, Denmark dengan percaya diri menatap Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Kasper Schmeichel, Simon Kjaer, Christian Eriksen, dan Thomas Delaney muncul sebagai tulang punggung.

Untuk turnamen kali ini, langkah Denmark terhenti di babak 16 besar. Tim Dinamit harus kalah melalui babak tendangan adu penalti dari Kroasia setelah skor imbang bertahan 1-1 bertahan selama 120 menit.

 

Untuk Piala Dunia 2022, Denmark berada satu grup bersama Prancis, Tunisia, dan Australia. Di atas kertas, Denmark seharusnya bisa melenggang mudah dari fase grup. Namun, Piala Dunia sulit untuk diprediksi sehingga gambaran tersebut bisa saja salah.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Denmark

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya