Comscore Tracker

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCL

Club Brugge berpotensi menembus babak knock out

Meski awalnya tak diunggulkan, Club Brugge sukses memberikan kejutan di Grup B UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Klub asal Belgia ini berhasil meraih hasil sempurna dengan rentetan hasil kemenangan atas Bayer Leverkusen, Atletico Madrid, dan FC Porto.

Dengan hasil ini, Club Brugge memiliki kesempatan besar untuk lolos ke babak knock out. Faktanya, terdapat enam klub Belgia yang pernah lolos ke babak knock out UCL. Tim mana sajakah itu?

1. KAA Gent

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLKAA Gent (twitter.com/ChampionsLeague)

Tim Belgia terakhir yang lolos ke babak knock out UCL adalah KAA Gent. Tim yang baru sekali juara Liga Belgia ini sukses menembus babak 16 besar UCL 2016. Itu juga merupakan kali pertama KAA Gent tampil di UCL.

Sayang, mereka kalah pada babak 16 besar oleh VfL Wolfsburg dengan agregat 2-4. Meski begitu, KAA Gent patut bangga karena mereka menjadi satu-satunya tim Belgia yang sukses menembus babak knock out setelah kompetisi ini berubah format menjadi UEFA Champions League.

2. Club Brugge

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLClub Brugge (twitter.com/ChampionsLeague)

Club Brugge memiliki peluang untuk lolos ke babak knock out pada UCL musim ini. Jauh sebelum itu, Club Brugge pernah beberapa kali menapaki babak knock out kala kompetisi ini masih bernama European Champions Cup.

Mereka pernah menyentuh babak final pada edisi 1978. Sayangnya, mereka kalah dari Liverpool kala itu. Jika ditotalkan, Club Brugge telah lima kali sukses menembus babak knock out European Champions Cup.

3. KV Machelen

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLKV Mechelen (kvmechelen.be)

KV Machelen merupakan klub yang saat ini dibela oleh pemain naturalisasi Indonesia, Sandy Walsh. Mereka pernah empat kali menjadi juara Liga Belgia dan pernah sekali lolos ke babak delapan besar European Champions Cup.

Momen tersebut terjadi pada edisi 1990 kala mereka ditaklukan AC Milan dengan skor 2-0. Kala itu, AC Milan sukses menjadi juara pada akhir kompetisi. Hingga saat ini, KV Machelen belum pernah lagi menembus kompetisi UCL.

Baca Juga: 5 Klub yang Selalu Menang hingga Matchday Ke-3 UCL 2022/2023

4. RSC Anderlecht

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLRSC Anderlecht (twitter.com/rscanderlecht)

RSC Anderlecht merupakan tim tersukses di Liga Belgia. Mereka telah memiliki 34 gelar juara Belgia dan pernah 12 kali menembus babak knock out European Champions Cup. Momen terbaik Anderlecht di ajang ini adalah menembus babak semi final.

Anderlecht terhitung dua kali masuk ke babak semi final, yakni pada 1982 dan 1986. Pada 1982, mereka harus kalah dari Aston Villa yang mengakhiri kompetisi dengan juara. Sedangkan, pada 1986, mereka juga kalah dari tim juara, yakni Steaua Bucharest.

5. Standard Liege

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLStandard Liege (twitter.com/Standard_RSCL)

Nama selanjutnya ialah Standard Liege, tim yang sukses memenangkan sepuluh gelar juara Liga Belgia. Dalam sejarah klub ini, Standard Liege pernah tujuh kali menembus babak knock out European Champions Cup.

Prestasi tertinggi Standard Liege dalam kompetisi ini terjadi pada 1962 kala mereka sukses menembus babak semi final. Sayangnya, mereka ditaklukan oleh Real Madrid dengan agregat 0-6.

6. Royal Antwerp

6 Klub Belgia yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCLRoyal Antwerp (twitter.com/official_rafc)

Royal Antwerp menjadi tim Belgia pertama yang sukses menembus babak knock out European Champions Cup. Momen ini terjadi pada 1958 kala mereka kalah dari Real Madrid pada babak enam belas besar.

Sejak itu, Royal Antwerp tak pernah lagi muncul di babak knock out atau sekedar berada di group stage. Pasalnya, mereka tak pernah pernah lagi menjadi juara Liga Belgia sejak terakhir kali melakukannya pada 1957.

Jika dilihat dari sejarahnya, terdapat delapan klub Belgia yang pernah lolos ke babak knock out UCL. Sayang, RWD Molenbeek dan KSK Beveren sudah tak lagi eksis sebagai klub profesional yang berlaga di Liga Belgia.

Baca Juga: 5 Klub Eredivisie yang Pernah Lolos ke Babak Knock Out UCL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya