5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Pengusaha asal Benua Asia 

Dari Manchester City hingga Leicester City

Benua Asia dikenal sebagai pasarnya sepak bola dunia. Dikarenakan secara kualitas klub-klub benua Asia masih kalah dari klub sepak bola di benua Amerika ataupun Eropa, alhasil penggemar sepak bola di benua Asia juga memusatkan dukungan ke klub Eropa, sebagai klub pujaannya.

Hal inilah yang menjadi cikal bakal para investor dari benua Asia tertarik untuk berkecimpung di dunia bisnis sepak bola Eropa, salah satunya di English Premier League (EPL) yang dikenal sebagai liga paling kompetitif.

Pada musim 2021/2022, setidaknya ada 5 klub EPL yang tercatat dikuasai oleh investor asal benua Asia. Klub apa sajakah itu? Check this out!

1. Leicester City

5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Pengusaha asal Benua Asia Leicester City juara EPL 2015/2016 (statsbomb.com)

Kurang lebih dua puluh yang lalu, tak banyak penggemar sepak bola mengetahui nama Leicester City. Maklum saja di waktu tersebut, Leicester City masih tergolong sebagai klub medioker yang hobi bolak balik divisi.

Namun sejak diambil alih oleh pengusaha asal Thailand bernama Vichai Srivaddhanaprabha di tahun 2010, Leicester City mulai memiliki progres untuk menjadi klub yang lebih maju. Gelar juara EPL di musim 2015/2016 dan gelar juara FA Cup musim 2020/2021 adalah bukti dari keberhasilan Srivaddhanaprabha mengembangkan klub ini.

Selain itu, keluarga Srivaddhanaprabha memang memiliki hubungan yang sangat baik bersama fans dan para pemainnya. Sehingga saat ini, jarang sekali kita mendengar adanya kisruh di tubuh manajemen klub berjuluk The Foxes ini.

2. Wolverhampton Wanderers

5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Pengusaha asal Benua Asia sport.yahoo.com

Pada bulan Juli 2016, secara resmi Fosun Group dari Tiongkok berhasil mengakuisisi Wolverhampton Wanderers (Wolves) dari Steve Morgan dan Bridgmere Group. Klub yang bermarkas di Molineux Stadium ini diakuisisi oleh Jeff Shi seharga 300 juta euro.

Secara performa, Wolves lebih stabil dan mengalami peningkatan saat dipimpin oleh investor asal Tiongkok ini. Mereka dinilai lebih berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi kepentingan klub agar bisa tetap bertarung di Premier League.

Baca Juga: Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari Degradasi

3. Everton

5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Pengusaha asal Benua Asia Everton (irishtimes.com)

Pada awal tahun 2016, Farshad Moshiri asal Iran, dikabarkan mengambil alih 49,9 persen saham Everton dari Bill Kenwright. Sebelum bergabung menjadi salah satu pemilik Everton, Moshiri merupakan salah satu pemilik Arsenal bersama Alisher Usmanov.

Seiring waktu berjalan, pada bulan Juni 2019, Moshiri kembali membeli beberapa persen lagi saham Everton. Dan kini, ia tercatat memiliki 77,2 persen saham klub yang ditaksir memiliki harga pasar sebesar 2,9 miliar US Dollar  ini.

4. Southampton

5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Pengusaha asal Benua Asia Southampton (dailyecho.co.uk)

Nama selanjutnya ialah Southampton, yang saat ini saham mayoritasnya dipegang oleh Lander Sports Developments yang berasal dari Cina. Sebelumnya, klub berjuluk The Saints ini dimiliki oleh seorang pelatih hoki es asal Jerman bernama Ralph Krueger.

Setelah tahun 2017, Gao Jisheng yang menjadi pimpinan Lander Sports Development akhirnya mengakuisisi klub ini dengan biaya 210 juta euro untuk kepemilikian 80 persen saham klub. Dan 20 persen sisa saham klub menjadi milik Katharina Liebherr yang berasal dari Swiss.

5. Manchester City

5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Pengusaha asal Benua Asia Pemain Manchester City (manchestereveningnews.co.uk)

City Football Group yang dipimpin oleh Sheikh Mansour bin Zayed benar-benar mengubah nasib Manchester City 180 derajat. Pasalnya sebelum sedominan sekarang, Manchester City merupakan klub biasa-biasa saja yang hanya dianggap sebagai pelengkap liga.

Manchester City diakuisisi pada 1 September 2008 dari mantan perdana menteri Thailand, thaksin Shinawatra. Sejak itulah para pemain bintang berdatangan dan banyak gelar juara telah dihadirkan bagi klub asal kota Manchester ini.

 

 

Itulah 5 klub EPL yang saat ini dimiliki oleh investor asal benua Asia. Menurutmu, apakah kiprah investor asal Asia memang sangat berpengaruh terhadap kejayaan klub-klub Eropa?

Baca Juga: 5 Klub EPL Musim 2021/2022 yang Dimiliki Investor Asal Amerika Serikat

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya