Comscore Tracker

5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa League

Di kompetisi ini, Ajax Amsterdam bukan yang terbaik!

Europa League merupakan kompetisi terbesar kedua yang mempertemukan klub-klub terbaik di Eropa. Tim yang berada di peringkat atas liga domestik dan gagal masuk Liga Champions akan berkumpul di kompetisi ini.

Kompetisi Europa League memang masih terbilang baru jika dibandingkan dengan Liga Champions. Kompetisi ini baru terselenggara pada musim 1971/1972. Saat itu Tottenham Hotspur keluar sebagai juara.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Europa League, klub Spanyol masih mendominasi perolehan gelar juara. Sevilla merupakan pemegang gelar juara terbanyak dengan koleksi 6 trofi.

Di sisi lain, klub asal Belanda atau Eredivisie berada di peringkat ke-5 dalam perolehan juara Europa League. Hingga saat ini baru ada 3 klub dari Eredivisie yang berhasil meraih juara dari 5 klub yang pernah melaju hingga babak final. Klub apa saja yang pernah mewakili Eredivisie hingga babak final di Europa League? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya, check this out!

1. Feyenoord

5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa Leaguertlnieuws.nl/Getty Images

Feyenoord merupakan tim Eredivisie paling sukses di Europa League. Dari 2 kali kesempatan mereka menapaki babak final, Feyenoord mampu menyelesaikan semua laga sebagai juara. Pada tahun 1974, Feyenoord berhasil menaklukkan Tottenham Hotspur dengan skor 4-2 melalui laga yang dilangsungkan 2 leg.

Kemudian, pada tahun 2002, Feyenoord juga berhasil menang tipis atas Borussia Dortmund dengan skor 3-2. Dalam pertandingan tersebut, Jon Dahl Tomasson tampil sebagai man of the match dengan sumbangan 1 gol. Dengan hasil tersebut, Feyenoord memastikan diri sebagai pemegang 2 kali gelar juara Europa League.

2. Ajax Amsterdam

5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa LeagueAjax Amsterdam menasbihkan dirinya sebagai juara Eredivisie musim 2020/2021 (samacharcentral.com)

Tim Eredivisie paling sukses di Liga Champions, Ajax Amsterdam, juga mempunyai prestasi mentereng di Europa League. Sama seperti Feyenoord, Ajax juga telah dua kali berlaga di babak final Europa League. Namun, hanya satu laga saja yang berhasil mereka menangkan.

Pada tahun 1992, Ajax Amsterdam berhasil menang melalui agresivitas gol tandang kontra Torino di babak final Europa League. Namun, pada tahun 2017, mereka gagal mengulang prestasi yang sama dan harus takluk dari Manchester United dengan skor 2-0.

Baca Juga: Jersey Keren Ajax Amsterdam, Tribute To Bob Marley

3. PSV Eindhoven

5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa Leaguefaisports.com

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, PSV Eindhoven baru sekali mencicipi babak final Europa League. Kesempatan tersebut mereka dapatkan pada tahun 1978 kontra klub asal Prancis, SC Bastia.

Di leg pertama yang dilangsungkan di Stand Armand Cesari, Bastia, laga berakhir dengan skor sama kuat 0-0. Barulah di leg kedua, PSV menggila dengan mencetak 3 gol di kandang mereka, Phillips Stadion, Eindhoven. Dengan hasil tersebut, PSV berhak menerima gelar juara Europa League pertamanya hingga saat ini.

4. FC Twente

5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa Leagueruetir.com

Setahun setelah Feyenoord mampu meraih gelar juara Europa League pertama mereka pada tahun 1974, FC Twente akhirnya mendapatkan kesempatan untuk tampil di babak final. Pada tahun 1975, mereka bersua Borussia Monchengladbach di babak final.

Namun sayang, di laga final mereka harus takluk dari Gladbach dengan agregat skor 5-1 melalui pertandingan 2 leg. Dengan hasil tersebut, klub berlogo kuda ini hanya mampu menjadi runner-up sekali di Europa League tanpa mampu meraih gelar juara hingga kini.

5. AZ Alkmaar

5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa Leagueskysports.com

Sama seperti FC Twente, AZ Alkmaar juga hanya mampu menjadi runner-up sebanyak sekali di Europa League. Prestasi tersebut berhasil mereka dapatkan pada tahun 1981 kala mereka harus kalah tipis dari Ipswich Town.

Di leg pertama yang dilaksanakan di Portman Road, Ipswich, AZ Alkmaar harus tertinggal lebih dahulu dengan skor 3-0. Barulah di Olympic Stadium, Amsterdam, mereka mampu membalas dengan skor 4-2. Namun, mereka harus kalah dengan skor agregat 5-4 yang membuat mereka harus puas sebagai runner-up pada tahun tersebut.

 

Itulah 5 tim Eredivisie yang pernah menapaki final kompetisi Europa League. Menurutmu, apakah akan ada nama baru dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Fakta Europa Conference League, Kompetisi Baru di Musim Depan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya