5 Klub Eropa yang Dimiliki City Football Groups

Manchester City jadi yang terkuat

City Football Group merupakan sebuah perusahaan besar dari Uni Emirat yang sangat aktif berinvestasi di dunia sepak bola. Perusahaan ini didirikan oleh Mansour bin Zayed yang dikenal sebagai pemilik dari Manchester City.

Faktanya, City Football Group memiliki 12 tim yang tersebar di seluruh dunia yang 5 di antaranya berada di Eropa. Termasuk Manchester City, berikut ini lima tim Eropa yang dimiliki City Football Group.

1. Girona

5 Klub Eropa yang Dimiliki City Football GroupsGirona (laliga.com)

Nama yang pertama dalam daftar ini adalah Girona FC. Tim asal Katalunya ini diakusisi oleh City Football Group pada 23 Agustus 2017 kala klub ini baru promosi ke kasta tertinggi LaLiga 2017/2018. Saat ini Girona telah tampil di LaLiga Primera.

Secara keseluruhan, City Football Group memiliki 47 persen saham di Girona. Sementara itu, sisanya dimiliki oleh Marcelo Claure sebesar 35 persen, Girona Football Group sebesar 16 persen, dan kepemilikian dari pihak lain sebesar 2 persen.

2. ESTAC Troyes

5 Klub Eropa yang Dimiliki City Football GroupsESTAC Troyes (twitter.com/estac_officiel)

Tepatnya pada 3 September 2020, ESTAC Troyes diakuisisi oleh Manchester City secara penuh. Saat diakuisisi oleh City Football Group, ESTAC Troyes masih berlaga di Ligue 2 Prancis. Tak berlangsung lama, Troyes mengalami kemajuan.

Pasalnya, pada akhir musim tersebut Troyes sukses menjadi juara Ligue 2 dan promosi ke Ligue 1. Saat ini, mereka masih berlaga di Ligue 1. Sebagai salah satu klub City Football Group, Troyes juga cukup sering mendapatkan bantuan pemain dari klub City Football Group lain.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Barcelona yang Saat Ini Bermain untuk Klub Prancis

3. Manchester City

5 Klub Eropa yang Dimiliki City Football GroupsManchester City (premierleague.com)

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa Manchester City merupakan klub terbaik dan paling maju yang dimiliki City Football Group. Klub asal kota Manchester, Inggris, ini menjadi klub pertama yang diakuisisi oleh City Football Group,

Di bawah arahan Sheikh Mansour sejak 2008, Manchester City menjelma sebagai tim besar yang kuat. Pemain bintang dan gelar juara nampaknya cukup mudah dimiliki oleh Manchester City saat ini.

4. Lommel SK

5 Klub Eropa yang Dimiliki City Football GroupsLommel SK (twitter.com/LommelSKOff)

City Football Group juga menanam sahamnya di klub asal Belgia, Lommel SK. Klub ini terhitung cukup muda karena baru berdiri pada 2003. Tujuh belas tahun kemudian atau tepatnya pada 11 Mei 2020, Lommel SK akhirnya dimiliki City Football Group.

Meski belum beranjak dari kasta kedua Liga Belgia sejak diakuisisi, Lommel SK cukup terbantu dengan menjadi bagian dari City Football Group. Pasalnya, deretan pemain dari beberapa klub City Football Group bisa didapatkan Lommel SK dengan mudah.

5. Palermo

5 Klub Eropa yang Dimiliki City Football GroupsPalermo (twitter.com/Palermofficial)

Palermo menjadi klub terbaru yang diakuisisi oleh City Football Group. Klub asal Italia ini resmi menjadi bagian dari City Football Group pada 4 Juli 2022. Total 80 persen saham Palermo dimiliki oleh perusahaan asal Uni Emirat Arab ini.

Sementara itu, 20 persen lainnya masih dimiliki oleh Hera Hora S.r.l. Palermo bukanlah tim sembarangan yang baru muncul kepermukaan. Pasalnya, Palermo yang kini berlaga di Serie B pernah memiliki pemain-pemain bintang berkelas.

 

Manchester City menjadi klub induk dan terbesar yang saat ini dimiliki oleh City Football Group. Selain kelima klub Eropa ini, City Football Group juga menjadi pemilik dari Club Bolivar, New York City FC, Sinchuan Jiuniu, Mumbai City FC, Montevideo Torque, Melbourne City FC, dan Yokohama F. Marinos.

Baca Juga: Kini Tampil di Serie C, Palermo Pernah Dihuni 9 Pemain Top Ini, lho

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya