5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!

Lombardia bukan hanya tempat untuk duo Milan

Italia merupakan negara yang berada di wilayah Eropa Selatan yang terbagi menjadi 20 wilayah negara bagian. Salah satu negara bagian yang paling terkenal adalah wilayah Lombardia, salah satu wilayah terpadat yang berlokasi di antara lembah Po dan pegunungan Alpen.

Selain terkenal akan sejarah dan kekayaan alamnya, wilayah yang memiliki 12 provinsi ini juga terkenal dengan tim olahraganya, terutama sepak bola. Lombardia adalah rumah bagi duo klub asal Kota Milan, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Akan tetapi, Lombardia bukan hanya duo Milan, melainkan juga untuk setidaknya 75 klub sepak bola dari seluruh kasta di Liga Italia. Kini kami sajikan 5 klub top Italia yang berasal dari wilayah Lombardia. Berikut daftarnya!

1. AC Milan

5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!sempremilan.com

Dari sekian banyak klub yang ada di wilayah Lombardia, AC Milan adalah klub yang paling berprestasi di antara semuanya. Nama AC Milan sendiri telah banyak dikenal oleh para penggemar sepak bola sebagai klub raksasa Italia.

Dilihat secara prestasi, klub berjuluk I Rossoneri ini memanglah menjadi klub Italia yang paling sukses di Eropa dengan torehan 7 kali gelar juara Liga Champions dan 18 kali gelar juara Liga Italia Serie A. Sejak berdiri pada 16 Desember 1899, AC Milan telah menjadi tempat bagi para legenda sepak bola untuk menunjukkan bakatnya. Paolo Maldini, Franco Baresi, dan Marco van Basten adalah beberapa legenda paling ikonik yang lekat hubungannya dengan tim asal Kota Milan ini.

Baca Juga: AS Roma Dihajar AC Milan 1-2, S. Pioli Puji Pemain

2. Inter Milan

5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!beinsports.com

Selanjutnya ialah tim sekota, sekaligus rival AC Milan dalam derby della Madonnina, yakni Inter Milan. Klub berjuluk I Nerazzurri ini merupakan tim pecahan dari klub AC Milan yang didirikan akibat kekecewaan Giorgio Muggiani terhadap kebijakan pelarangan pemain non-Italia di skuad AC Milan. Persaingan yang tercipta sejak awal abad 19 ini menjadi cikal bakal lahirnya derby della Madonnina atau derby kota Milan.

Sejak berdiri pada 9 Maret 1908, total sudah 18 gelar juara liga Serie A, 3 gelar Liga Champions, dan 3 gelar Europa Legaue berhasil Inter raih. Di musim ini, Derby della Madonnina kembali panas. Pasalnya, Inter Milan dan AC Milan kini sedang berada di posisi 1 dan 2 klasemen sementara dan sama-sama sedang berlomba untuk meraih gelar Serie A ke-19 mereka.

3. Atalanta Bergamo

5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!outlookindia.com

Klub yang performanya sedang meningkat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, Atalanta, juga merupakan klub yang berasal dari wilayah Lombardia. Atalanta merupakan klub asal Kota Bergamo yang didirikan pada 17 Oktober 1907.

Atalanta bermarkas di Gewiss Stadium, Kota Bergamo, yang memiliki kapasitas 21,3 ribu penonton. Hingga giornata ke 23 Serie A, klub berjuluk La Dea ini masih konsisten berada di papan atas klasemen, sekaligus menyiapkan diri untuk menghadapi leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra Real Madrid.

4. Brescia Calcio

5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!bresciacalcio.it

Tim yang baru terdegradasi ke Serie B tahun ini, Brescia Calcio, juga merupakan tim yang berasal dari wilayah Lombardia. Brescia yang dibentuk pada tahun 1911 ini bermarkas di Stadio Mario Rigamonti, Kota Brescia, yang memiliki kapasitas sebanyak 19,5 ribu penonton.

Secara prestasi, Brescia memang tidak semenonjol duo Milan. 4 kali gelar juara Serie B dan runner up Piala Intertoto tahun 2001 adalah prestasi terbesar yang pernah diraih klub berjuluk Le Rondienelle sejak berdiri 110 tahun silam.

5. AC Monza

5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!ghanasoccernet.com

Klub terakhir yang ada dalam daftar ini ialah AC Monza. Di awal musim, AC Monza sempat menghebohkan publik sepak bola Italia karena dibeli oleh Silvio Berlusconi yang merupakan mantan Perdana Menteri Italia, sekaligus mantan pemilik AC Milan sejak tahun 1986 hingga 2017.

Hal ini menjadi sebuah kehebohan di Italia, pasalnya kala Berlusconi masih menjadi pemilik AC Milan, klub berjuluk I Rossoneri tersebut berhasil dibawa ke masa kejayaannya. Kini, bersama AC Monza, Berlusconi menyiapkan segala materi yang bisa membawa klub yang bermarkas di Stadio Brianteo ini untuk bisa berlaga di Serie A.

Pemain top semacam Kevin Prince Boateng, Mario Balotelli, dan Gabriel Paletta berhasil Berlusconi bawa ke AC Monza. Hingga giornata ke 25, AC Monza berhasil menduduki peringkat 2 klasemen sementara Serie B.

 

Itulah 5 klub Italia yang berasal dari wilayah Lombardia. Dengan dominasi duo Milan di puncak klasemen sementara Liga Italia Serie A, sepertinya titel juara akan kembali lagi ke Lombardia. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanoglu

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya