5 Klub Swedia yang Pernah Lolos ke Fase Gugur UCL

Malmo FF paling mentereng

Dari 32 klub yang berlaga di Liga Champions Eropa (UCL) 2022/2023, tak ada 1 pun klub yang berasal dari Swedia. Padahal Swedia merupakan salah satu depot pemain hebat yang ada di Eropa.

Dalam sejarahnya, terdapat lima klub Swedia yang pernah lolos ke fase gugur UCL. Siapa sajakah mereka?

1. Djugardens IF

5 Klub Swedia yang Pernah Lolos ke Fase Gugur UCLDjurgardens IF (svenskfotboll.se)

Djugardens IF menjadi klub Swedia pertama yang pernah lolos ke fase gugur UCL. Momen tersebut terjadi pada Liga Champions 1956 ketika kompetisi ini masih bernama European Cup.

Kala itu, Djugardens IF yang berstatus sebagai juara Liga Swedia harus terhenti pada babak delapan besar. Mereka kalah dari Hibernian FC dengan agregat 1-4. Kesempatan tersebut jadi satu-satunya fase gugur yang dilakoni Djugardens IF di ajang ini.

2. IFK Norrkoping

5 Klub Swedia yang Pernah Lolos ke Fase Gugur UCLIFK Norrkoping (svenskfotboll.se)

Setahun setelah Djuagrdens IF lolos ke fase gugur Liga Champions, IFK Norrkoping mengikuti jejak tersebut. Sayangnya, mereka harus kalah pada babak 16 besar ketika takluk dari Fiorentina dengan agregat 1-2.

Faktanya, Norrkoping pernah 4 kali masuk fase gugur UCL. Selain edisi 1957, IF Norrkoping juga terhenti pada babak 16 besar pada edisi 1958 oleh Red Star Belgrade, 1963 oleh Benfica, dan 1964 oleh AC Milan.

Baca Juga: 6 Klub yang Sering Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

3. IFK Goteborg

5 Klub Swedia yang Pernah Lolos ke Fase Gugur UCLIFK Goteborg (twitter.com/europaleague)

IFK Goteborg menjadi klub asal Swedia yang paling sering lolos ke fase gugur. Saat kompetisi ini masih bernama European Cup, Goteborg pernah lima kali lolos pada 1959, 1960, 1985, 1986, dan 1989.

Saat kompetisi berubah nama menjadi UEFA Champions League, IFK Goteborg baru sekali lolos ke fase gugur. Momen tersebut terjadi pada 1995 ketika IFK Goteborg kalah dari Bayern Munich dengan agresivitas gol tandang pada babak delapan besar.

4. Malmo FF

5 Klub Swedia yang Pernah Lolos ke Fase Gugur UCLMalmo FF (twitter.com/malmoffen)

Malmo FF menjadi klub Swedia paling berprestasi di liga domestik maupun Eropa. Mantan klub Zlatan Ibrahimovic ini pernah menembus babak final pada 1979. Namun, mereka kalah dari Nottingham Forest dengan skor 0-1.

Termasuk edisi 1979, Malmo FF telah empat kali lolos ke fase gugur European Cup. Pada tiga kesempatan lain, Malmo FF harus puas terhenti pada babak enam belas besar. Momen tersebut terjadi pada 1976, 1990, dan 1991.

5. Atvidabergs FF

5 Klub Swedia yang Pernah Lolos ke Fase Gugur UCLAtvidabergs IF (svenskfotboll.se)

Atvidabergs FF merupakan salah satu klub Swedia yang berjaya pada era 1970-an. Saat ini, mereka sedang berjuang untuk kembali ke kasta tertinggi karena posisi mereka berada di kasta ketiga Liga Swedia.

Dalam sejarahnya, Atvidabergs pernah dua kali bermain di European Cup. Dari kesempatan tersebut, mereka berhasil lolos ke fase gugur sekali, yaitu pada kesempatan kedua. Itu terjadi pada 1975 kala Atvidabergs harus takluk dari Barcelona dengan agregat 0-5 pada babak delapan besar.

Dengan koefisien yang kecil, klub asal Swedia harus berusaha ekstra keras untuk lolos ke penyisihan grup Liga Champions. Kebanyakan dari mereka kalah saat kualifikasi.

Baca Juga: 7 Pemain Swedia yang Meraih Gelar di Klub Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya