Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah Bavaria

Bayern Munchen jelas jadi yang terbaik! 

Walaupun faktanya North Rhine Westphalia merupakan daerah dengan jumlah klub elit sepak bola terbanyak di Jerman, namun wilayah Bavaria-lah yang justru lebih dikenal. Dominasi Bayern Munchen sebagai penguasa Bundesliga menjadi salah satu alasannya.

Belum lagi, Bavaria dinilai sangat merepresentasikan kehidupan masyarakat tradisional Jerman dengan segala budaya dan kehidupan sosialnya. Tetapi, Bavaria bukan hanya Bayern Munchen saja. Setidaknya ada 16 klub profesional asal wilayah Bavaria yang sering malang melintang di divisi teratas Bundesliga.

Berikut ini kami sajikan 6 klub terbesar asal wilayah Bavaria yang paling sering mentas di divisi teratas Bundesliga, check this out!

1. Bayern Munchen

Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah BavariaPemain Bayern Munich (ledgerinsights.com)

Bayern Munchen jelas menjadi klub terbesar dan paling terkenal di daratan Bavaria. Segudang prestasi yang menjadikannya sebagai klub terbaik Jerman, membuat klub yang didirikan pada 27 Februari 1900 ini disebut sebagai 'miniaturnya' timnas Jerman.

Klub berjuluk Die Roten ini bermarkas di Allianz Arena, kota Munchen, yang memiliki kapasitas 75 ribu penonton. Dengan kedatangan Julian Nagelsmann sebagai pelatih baru, Bayern Munchen jelas memiliki target besar untuk menjaga dominasi mereka, baik di Bundesliga atau di Eropa di masa yang akan datang.

2. FC Augsburg

Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah BavariaFC Augsburg (bundesligafan.com)

FC Augsburg merupakan klub asal kota Schwaben yang didirikan pada 8 Agustus 1907 dan bermarkas di WWK Arena. Pada awalnya, FC Augsburg merupakan 2 klub yang berbeda, yakni TSV Schwaben dan BC Augsburg. Namun pada tahun 1969, kedua klub tersebut akhirnya disatukan dan terbentuklah FC Augsburg seperti sekarang.

Sejak merger di tahun tersebut, FC Augsburg belum pernah sama sekali mencatatkan gelar juara. Prestasi terbesarnya hanya mentok sebagai runner-up Bundesliga 2 pada musim 2010/2011. Walaupun demikian, pertandingan antara FC Augsburg dan Bayern Munich memiliki intensitas yang cukup panas.

Pasalnya kedua klub yang berada di kasta teratas Bundesliga ini selalu memperebutkan gengsi dalam Derby Bavaria untuk menunjukan siapa yang terbaik di wilayah tersebut.

3. TSV 1860 Munich

Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah Bavaria1860 Munich (corebet.com)

Bayern Munchen sempat punya rival sekota yang berlaga di kasta teratas Bundesliga. Namun sejak musim 2003/2004, TSV 1860 Munich telah terdegradasi dan belum pernah kembali lagi ke Bundesliga hingga saat ini. Sempat mengalami kebangkrutan di tahun 2017, kini TSV 1860 Munich perlahan bangkit dan telah stabil di divisi ketiga Bundesliga.

Klub berjuluk Die Lowen ini lebih dulu berdiri ketimbang Bayern Munchen. Mereka lahir pada 17 Mei 1860 sebagai sebuah klub senam dan gimnastik. Barulah pada tahun 1899, mereka merambah ke sepak bola dan bermarkas di Grunwalder Stadium hingga saat ini.

Untuk urusan gelar juara, sejauh ini mereka telah mengoleksi 1 gelar juara Bundesliga yang didapatkan di musim 1965/1966 dan 2 gelar juara DFB Pokal, tepatnya di tahun 1942 dan 1964.

Baca Juga: 5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada Namanya

4. FC Ingolstadt

Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah BavariaFC Ingolstadt (footballticketnet.com)

Klub selanjutnya ialah FC Ingolstadt yang sempat berada di Bundesliga pada musim 2016/2017. Sempat terdegradasi ke divisi tiga pada musim 2019/2020, pada musim ini FC Ingolstadt telah promosi lagi ke divisi 2.

FC Ingolstadt bermarkas di Audi Sportpark yang memiliki kapasitas 15,8 ribu penonton. Secara prestasi, gelar juara Bundesliga 2 pada musim 2014/2015 masih menjadi prestasi terbesar bagi klub yang didirikan pada 5 Februari 2004 ini.

5. FC Nurnberg

Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah BavariaFC Nurnberg (fcn.de)

Selain kota Munchen, kota Nurnberg juga merupakan kota terbesar di wilayah Bavaria. Dan klub terbaik di kota tersebut ialah FC Nurnberg yang saat ini berlaga di kasta kedua Bundesliga. Klub yang didirikan pada 4 Mei 1990 ini terakhir kali berlaga di kasta tertinggi pada musim 2018/2019.

Namun sayang di musim tersebut, mereka hanya meraih 3 kali kemenangan yang membuat mereka terdegradasi hingga saat ini. Secara prestasi, FC Nurnberg merupakan klub terbaik kedua di wilayah Bavaria. Total, 9 kali gelar juara Bundesliga dan 4 gelar juara DFB Pokal adalah bukti kehebatan klub yang bermarkas di Max-Morlock Stadium ini.

6. SpVgg Greuther Furth 

Gak Hanya Bayern, Inilah 6 Klub Terbesar asal Wilayah BavariaSpVgg Greuther Fürth (spox.com)

Selain Bayern Munchen dan FC Augsburg, Bavaria kembali mengirimkan wakil mereka di kasta tertinggi Bundesliga pada klub SpVgg Greuther Furth. Klub ini memang sedikit asing di telinga penggemar sepak bola.

Pasalnya sebelum promosi ke Bundesliga pada musim ini, mereka lebih sering berkecimpung di kasta kedua, walaupun sempat promosi pada musim 2012/2013. Klub asal kota Furth ini didirkan pada 23 September 1903 dan bermarkas di Sportpark Ronhof yang memiliki kapasitas 16,2 ribu penonton.

Tiga gelar juara kasta tertinggi Bundesliga di tahun 1914, 1926 dan 1929 masih menjadi prestasi tertinggi yang dimiliki klub berjuluk Kleeblatter ini.

 

Itulah 6 klub terbesar asal wilayah Bavaria, Jerman. Popularitas dan nama besar Bayern Munchen jelas membawa efek baik bagi wilayah Bavaria yang dianggap sebagai pusatnya sepak bola Jerman. Walaupun faktanya, hanya Bayern saja yang menonjol.

Baca Juga: 5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya