5 Klub Termuda yang Berlaga di Bundesliga 2021/2022

Mampu mengguncang Bundesliga meski seumur jagung

Tim-tim dari Bundesliga Jerman telah dikenal dengan tradisi dan perjalanan yang panjang. Tim-tim ini terus bertahan dalam waktu yang cukup lama dan menempatkan penggemarnya dalam hierarki teratas klub.

Sehingga tak heran, jika fans asli Bundesliga tidak terlalu menyukai tim instan yang kepemilikannya didominasi oleh perseorangan atau perusahaan. Tim instan sangat identik dengan tim yang baru terbentuk dan umurnya masih muda.

Lalu, tim mana sajakah yang menyabet gelar tim termuda Bundesliga musim 2021/2022? Berikut ini daftar dan ulasannya!

1. RB Leipzig

5 Klub Termuda yang Berlaga di Bundesliga 2021/2022RB Liepzig (skysports.com)

Baru didirikan pada 19 Mei 2009, RB Leipzig memegang gelar sebagai tim termuda di ajang Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum diakuisisi dan diganti nama pada tahun 2009, RB Leipzig merupakan klub dengan nama SSV Markranstadt.

Seiring waktu, tim yang memiliki nama lengkap RassenBallSport Leipzig ini menjelma sebagai tim yang mendominasi di kasta tertinggi Bundesliga. Padahal pada tahun 2009, mereka masih berada di divisi kelima Bundesliga.

Walaupun telah berjuang dari bawah, RB Leipzig yang kini berusia 12 tahun dinilai didirikan terlalu instan oleh perusahaan Red Bull GmbH sebagai sebuah klub. Hal inilah yang membuat RB Leipzig sangat tidak disukai oleh banyak tim penggemar Bundesliga.

2. Union Berlin

5 Klub Termuda yang Berlaga di Bundesliga 2021/2022Union Berlin (sportschau.de)

Union Berlin merupakan klub yang selalu memberikan gebrakan di papan atas Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir. Klub asal ibu kota Jerman ini baru didirikan pada 20 Januari 1966 dan saat ini usianya baru menginjak 56 tahun.

Sebelum menjadi Union Berlin, tim berjuluk Die Eisernen ini didahului oleh tim bernama FC Olympia Oberschoneweide yang berdiri pada 1906. Kiprahnya di kasta tertinggi sepak bola Jerman baru mereka rasakan pada musim 2019/2020 lalu. Kendati masih disebut sebagai debutan, penampilan Union Berlin sangatlah menakjubkan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik FC Union Berlin, Klub asal Jerman Timur di Bundesliga

3. FC Koln

5 Klub Termuda yang Berlaga di Bundesliga 2021/2022FC Koln (skysports.com)

FC Cologne atau yang biasa biasa ditulis FC Koln berdiri pada 13 Februari 1948. Pada awal masa berdirinya, Koln dikenal sebagai salah satu klub paling sukses di Bundesliga.

Dalam sejarahnya, klub yang kini berusia 74 tahun ini telah memiliki 13 gelar juara. Dan tiga di antaranya merupakan gelar juara kasta tertinggi Bundesliga.

FC Koln memiliki tradisi unik dalam setiap laga yang mereka jalani. FC Koln hampir selalu membawa seekor kambing bernama Hennes yang merupakan maskot mereka dalam setiap laga yang dijalani di Rhein Energie Stadion.

4. VfL Wolfsburg

5 Klub Termuda yang Berlaga di Bundesliga 2021/2022VfL Wolfsburg (vfl-wolfsburg.de)

Nama selanjutnya ialah VfL Wolfsburg yang saat ini berusia 76 tahun. Tim yang berasal dari wilayah Lower Saxony ini didirikan pada 12 September 1945 oleh serikat pekerja pabrik mobil, Volkswagen, tepat setelah perang dunia kedua berakhir.

Wolfsburg tidak terlalu dominan di masa lalu. Akan tetapi, Wolfsburg punya cerita hebat setelah memasuki abad ke-21. Pasalnya tiga gelar juara yang mereka miliki saat ini, semuanya mereka dapatkan setelah tahun 2009.

5. Arminia Bielefeld

5 Klub Termuda yang Berlaga di Bundesliga 2021/2022Ariminia Bielefeld (wdr.de)

Arminia Bielefeld merupakan klub yang berasal dari sebelah timur wilayah Rhine Westphalia Utara. Arminia Bielefeld didirikan pada 3 Mei 1905 oleh 14 orang bangsawan dari kota Bielefeld.

Bicara soal gelar juara, Arminia Bielefeld belum pernah sekalipun menjadi juara kasta tertinggi Bundesliga. Prestasi tertingginya ialah dengan memenangkan empat gelar juara kasta kedua.

Arminia Bielefeld bermarkas di Bielefeld Alm Stadium yang memiliki kapasitas penonton sebanyak 27,3 ribu. Kini klub berjuluk Die Arminen ini sedang berjuang di papan bawah klasemen untuk bisa bertahan di Bundesliga.

 

Aturan 50+1 yang dianut oleh banyak tim Jerman untuk menempatkan posisi penggemar di hierarki paling atas membuat tak banyak Jerman dimiliki oleh sebuah perusahaan atau perseorangan. Ketentuan inilah yang membuat Leipzig dianggap tak mendapat tempat di sepak bola Jerman.

Baca Juga: 5 Klub Tertua di Bundesliga 2021/2022, Ada Eintracht Frankfurt 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya