5 Klub Tertua yang Berlaga di LaLiga Spanyol Musim 2021/2022

Tim besar nan legendaris!

Tidak seperti di English Premier League (EPL), Bundesliga atau Serie A, klub-klub tertua di kompetisi LaLiga relatif memiliki prestasi yang konsisten. Nama-nama besar nan legendaris kerap kali menghiasi kompetisi domestik tertinggi sepak bola Spanyol ini tiap tahunnya.

Dengan fakta tersebut mungkin ada yang bertanya, sebetulnya klub mana sajakah yang paling awal berdiri atau yang tertua dibanding klub LaLiga lainnya? Maka dari itu, kami sajikan daftar dan ulasannya!

1. Sevilla

5 Klub Tertua yang Berlaga di LaLiga Spanyol Musim 2021/2022sevillafc.es

Bermarkas di kota terbesar di wilayah Andalusia, Sevilla menjadi klub tertua LaLiga untuk kompetisi musim 2021/2022. Klub yang bermarkas di Estandio Ramon Sanchez Pizjuan ini didirikan pada 25 Januari 1890 dan saat ini telah berusia 132 tahun.

Pada awal berdirinya Sevilla telah dibentuk sebagai sebuah klub sepak bola oleh komuntias ekspatriat Britania Raya yang tinggal di Andalusia. Seiring waktu, klub ini semakin berkembang dan menjadi klub dengan jumlah gelar juara Europa League terbanyak dalam sepanjang sejarah.

2. Athletic Bilbao

5 Klub Tertua yang Berlaga di LaLiga Spanyol Musim 2021/2022Pemain Athletic Bilbao (skysports.com)

Athletic Bilbao merupakan klub besar paling tradisional di LaLiga saat ini. Klub yang didirikan pada tahun 1898 ini selalu memegang tradisi untuk selalu menggunakan pemain yang berasal dari Basque atau pemain yang memiliki darah Basque.

Dengan segudang prestasi yang mereka miliki, Athletic Bilbao merupakan klub tersukses di wilayah Basque, mengalahkan Real Sociedad, Deportivo Alaves dan Eibar. Selain itu, klub berjuluk Los Leones ini tidak pernah sama sekali merasakan degradasi sejak mengikuti kasta tertinggi LaLiga pada musim 1928/1929.

Baca Juga: 5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022

3. Barcelona

5 Klub Tertua yang Berlaga di LaLiga Spanyol Musim 2021/2022Pemain Barcelona (skysports.com)

Tidak perlu diragukan lagi jika Barcelona merupakan salah satu klub tersukses di daratan Spanyol. Sejak didirikan pada 29 Novermber 1899, Barcelona telah meraih segudang prestasi, termasuk 26 gelar juara LaLiga, 31 gelar juara Copa del Rey dan 5 gelar juara Liga Champions.

Barcelona juga tidak pernah merasakan degradasi selama mengikuti kompetisi LaLiga. Barcelona sendiri didirikan oleh seorang atlet sekaligus pebisnis bernama Joan Hans Gamper dari Swiss.

Joan Gamper juga pernah bermain di FC Basel, sebelum pindah ke kota Katalan dan mendirikan Barcelona. Oleh karena itu, kombinasi warna biru dan merah yang digunakan Barcelona saat ini merupakan warna yang sama dengan yang digunakan oleh tim FC Basel.

4. Espanyol

5 Klub Tertua yang Berlaga di LaLiga Spanyol Musim 2021/2022Pemain Espanyol (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah tetangga Barcelona sesama penghuni wilayah Catalan, yaitu RCD Espanyol. Klub berjuluk Los Periquitos ini didirkan pada 28 Oktober 1900 oleh seorang mahasiswa jurusan teknik di Universitas Barcelona bernama Angel Rodriguez Ruiz.

Jika dibandingkan dengan Barcelona, prestasi Espanyol jelas kalah jauh. Espanyol sudah beberapa kali merasakan degradasi. Selama 121 tahun berdiri, Espanyol hanya baru mendapatkan 4 gelar juara LaLiga dan 2 kali gelar juara LaLiga Segunda, torehan yang sangat jauh dari tetangga mereka, Barcelona.

5. Real Madrid

5 Klub Tertua yang Berlaga di LaLiga Spanyol Musim 2021/2022Pemain Real Madrid (skysports.com)

Nama yang terakhir dalam daftar ini ialah Real Madrid, klub tersukses di daratan Spanyol. Klub asal wilayah ibu kota Spanyol ini telah meraih 34 gelar juara LaLiga, 19 gelar juara Copa del Rey dan 13 gelar juara Liga Champions, sejak didirkan pada 6 Maret 1902.

Real Madrid sendiri didirikan oleh kumpulan mahasiswa dari Institucion Libre de Ensenaza, institusi yang mencakup mahasiswa lulusan Universitas Cambridge dan Oxford, Inggris. Klub yang telah berusia 120 tahun ini juga tidak pernah terdegradasi dari kasta tertinggi sepak bola Spanyol.

 

Pengelolaan dan regenerasi yang baik serta basis suporter yang sangat besar menjadikan klub-klub ini mampu bertahan sangat lama dengan prestasi hebat. Apakah ada klub favoritmu?

Baca Juga: 7 Klub Medioker Spanyol yang Mampu Melangkah Jauh di Turnamen Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya