Comscore Tracker

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbul

Tempatnya salah satu derby terpanas di dunia

Turki merupakan negara yang berada di wilayah perbatasan antara Benua Asia dan Benua Eropa yang beribu kota di Ankara. Namun, kebanyakan orang masih menganggap Istanbul yang menjadi ibu kota Negara Turki.

Hal ini mungkin saja disebabkan Kota Istanbul lebih terkenal ketimbang Kota Ankara. Selain itu, latar belakang sejarah yang menjadikan Konstatinopel, yang kini berganti nama menjadi Istanbul, sebagai ibu kota Kekaisaran Romawi juga menjadi alasan mengapa Istanbul lebih tersohor ketimbang Ankara.

Untuk urusan sepak bola, Istanbul juga merupakan kota yang paling terkenal dengan klub-klub paling berprestasi yang ada di Turki. Istanbul Derby antara Galatasaray dan Fenerbahce adalah salah satu bukti megahnya Istanbul sebagai kota dengan budaya sepak bola paling kental di Turki.

Di Turki Super Lig musim ini, setidaknya terdapat 6 klub yang berasal dari kota Istanbul. Berikut daftar dan ulasannya, check this out!

1. Galatasaray

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbuldailysabah.com

Galatasaray merupakan klub terbesar dan paling sukses di Liga Turki sejauh ini. Total 22 gelar liga dan 1 gelar UEFA Cup telah berhasil mereka raih sejak berdiri pada 20 Oktober 1905. Klub berjuluk Aslanlar ini bermarkas di Turk Telekom Stadium yang memiliki kapasitas 52.600 penonton.

Selain karena kesuksesannya, Galatasaray juga dikenal karena persaingannya dengan Fenerbahce yang sering disebut dengan Istanbul Derby. Laga antara Galatasaray dan Fenerbahce ini dianggap menjadi salah satu derby sepak bola terpanas yang ada di dunia. Karena sering menyajikan permainan keras dan ketat yang dibarengi dengan fanatisme dari fans masing-masing.

2. Fenerbahce

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbulkamuguncelhaber.com

Selanjutnya ialah lawan Galatasaray di Istanbul Derby, Fenerbahce. Klub yang baru mendatangkan Mesut Ozil dari Arsenal ini berdiri sejak 3 Mei 1907 oleh para pemuda lokal yang mewakili kelas pekerja. Fenerbahce yang bermarkas di Surku Saracoglu Stadium telah 19 kali merasakan gelar juara Liga Turki.

Dalam Istanbul derby yang sering mereka sajikan, Fenerbahce lebih merepresentasikan kaum kelas pekerja yang kehidupannya lebih sederhana. Di sisi lain, Galatasaray lebih merepresentasikan kelas pelajar yang berada dalam kelas sosial yang lebih atas. Oleh karena itu, Istanbul derby selalu memberikan persaingan ketat setiap pertemuannya karena perbedaan kelas yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 6 Pemain Top Dunia yang Pernah Hengkang ke Fenerbahce, Siapa Saja?

3. Besiktas

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbuldailysabah.com

Selain Galatasaray dan Fenerbahce, Besiktas juga merupakan salah satu klub asal Istanbul paling menonjol di Liga Turki. Ketiga klub ini sering disebut dengan sebutan the big three yang merujuk kepada klub paling sukses yang ada di Liga Turki.

Semenjak berdiri pada 3 Maret 1903, Besiktas telah berhasil mengumpulkan 15 gelar juara Liga Turki. Klub berjuluk Kara Kartallar ini juga dikenal memiliki penonton yang  fanatik dan dikenal sangat berisik, baik di kandang mereka di Vodafone Park, maupun di media sosial. Fans Besiktas sering menyerukan kalimat “come to besiktas” di media sosial kepada pemain yang dikaitkan dengan klub kesayangan mereka.

4. Istanbul Basaksehir

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbuldailysabah.com

Istanbul Basaksehir merupakan juara Liga Turki musim 2019/2020. Dengan hal tersebut, mereka juga menjadi klub Istanbul pertama yang berhasil meraih gelar juara di luar anggota the big three. Istanbul Basaksehir pertama dibentuk pada tahun 1990 dengan nama Istanbul Buyuksehir Belediyespor. Namun, pada 4 Juni 2014, klub tersebut akhirnya mengubah nama menjadi Istanbul Basaksehir hingga saat ini.

Tim yang bermarkas di Fatih Terim Stadium ini dikenal sebagai klub yang paling dibenci oleh para fans tim lain di Turki. Pasalnya, klub ini sarat akan muatan politik dan dikait-kaitkan dengan kampanye politik dari Presiden Turki sekarang, Recep Tayyip Erdogan. Tak hanya itu, klub ini juga kabarnya dibiayai dan diurus secara langsung oleh Kementerian Olahraga Turki yang semakin membuat fans lain iri terhadap keistimewaan yang didapat oleh klub satu ini.

5. Kasimpasa

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbulghanasoccernet.com

Jika banyak orang menyangka Istanbul Basaksehir adalah klub kesayangan Erdogan, jawaban tersebut salah. Faktanya, Recep Tayyip Erdogan adalah penggemar dari klub bernama Kasimpasa yang berlokasi di distrik Beyoglu, Kota Istanbul.

Kasimpasa belum pernah menjadi juara di kasta tertinggi liga sepak bola Turki semenjak berdiri pada 15 Januari 1921. Klub yang memiliki stadion bernama Recep Tayyip Erdogan Stadium ini kini berada di urutan ke-15 klasemen sementara Liga Turki hingga pekan ke 24.

6. Fatih Karagumruk

6 Klub Turki Super Lig yang Berasal dari Kota Istanbulntvspor.net

Klub asal kota Istanbul selanjutnya ialah Fatih Karagumruk. Tahun ini Fatih Karagumruk baru saja promosi ke kasta tertinggi Liga Turki setelah berhasil naik kasta dengan jalur play-off. Fatih Karagumruk yang berdiri sejak tahun 1926 ternyata bermarkas di stadion paling besar di Kota Istanbul, yakni di Ataturk Olympic Stadium yang memiliki kapasitas 76,7 ribu penonton.

Materi pemain milik tim ini juga tidak kalah mentereng dibandingkan tim-tim yang ada di Liga Turki lainnya. Lucas Biglia, Fabio Borini, dan Emiliano Viviano adalah beberapa pemain hebat yang mereka boyong dari luar Turki untuk menghadapi musim ini. Kini, klub berjuluk Kara Kirmizi ini berhasil bertengger di urutan ke-8 klasemen sementara.

 

Itulah 6 klub Turki Super Lig yang berasal dari Kota Istanbul. Semoga saja ke depannya tim-tim liga Turki ini bisa memiliki persaingan lebih ketat lagi di liga sehingga bisa berbicara lebih banyak lagi di kompetisi Eropa. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Turki yang Bermain di Liga Italia, Ada Hakan Calhanoglu

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya