5 Mantan Pemain Bintang yang Jadi Pelatih Tim LaLiga 2022/2023

Carlo Ancelotti, Diego Simeone hingga Xavi Hernandez!

Dibandingkan pemain medioker, mantan pemain bintang tampaknya memiliki tugas lebih mudah untuk menjadi pelatih ternama pada masa yang akan datang. Meski beban besar jadi taruhannya, beberapa pemain bintang sukses menjadi pelatih top.

Banyak dari mereka juga berkarier di liga top Eropa, termasuk LaLiga Spanyol. Pada 2022/2023, terdapat lima mantan pemain bintang yang jadi pelatih tim LaLiga 2022/2023.

1. Carlo Ancelotti

5 Mantan Pemain Bintang yang Jadi Pelatih Tim LaLiga 2022/2023Carlo Ancelotti (realmadrid.com)

Carlo Ancelotti merupakan sosok pria sukses yang berkarier di sepak bola. Saat masih menjadi pemain, Ancelotti dikenal sebagai gelandang tangguh bersama AS Roma dan AC Milan. Kala itu, ia mendapatkan banyak gelar juara.

Prestasinya makin menjadi-jadi ketika melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Pada kompetisi LaLiga 2022/2023, Ancelotti juga mempunyai kesempatan besar untuk membawa Real Madrid menjadi juara liga.

2. Xavi Hernandez

5 Mantan Pemain Bintang yang Jadi Pelatih Tim LaLiga 2022/2023Xavi Hernandez (fcbarcelona.com)

Bukan lagi menjadi rahasia jika Xavi Hernandez merupakan sosok pemain hebat kala masih aktif menjadi pesepak bola profesional. Ia merupakan gelandang kreatif yang sangat sukses bersama Barcelona dan menjadi panutan banyak pemain muda.

Setelah berkarier di Qatar, Xavi kembali ke Barcelona pada November 2021. Kali ini perannya telah berganti menjadi pelatih. Meski terbilang baru, Barcelona di bawah asuhan Xavi cukup menakutkan dengan skema apik yang tak jauh berbeda kala ia bermain sebagai pemain.

Baca Juga: Ancelotti: Real Madrid Beruntung Memiliki Karim Benzema

3. Gennaro Gattuso

5 Mantan Pemain Bintang yang Jadi Pelatih Tim LaLiga 2022/2023Gennaro Gattuso (valenciacf.com)

Setelah cukup lama melatih beberapa tim Italia, Gennaro Gattuso memutuskan untuk mencari suasana baru di Spanyol. Pada awal musim 2022/2023, Gattuso secara resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Valencia.

Sayangnya, Gattuso belum menunjukkan hasil positif. Dari 5 laga yang ia jalani, Gattuso baru menang 2 kali dan kalah 3 kali. Saat masih menjadi pemain, Gattuso merupakan bintang AC Milan yang memiliki tugas sebagai "pemain kotor" di lapangan tengah.

4. Diego Simeone

5 Mantan Pemain Bintang yang Jadi Pelatih Tim LaLiga 2022/2023Diego Simeone (en.atleticodemadrid.com)

Tak jauh berbeda dengan Gennaro Gattuso, Diego Simeone juga memiliki peran sebagai "pemain kotor" saat masih aktif bermain. Diego Simeone adalah gelandang tangguh yang dikenal di Serie A dan Timnas Argentina pada era 1990-an.

Sejak 2011, Diego Simeone ditunjuk sebagai pelatih Atletico Madrid yang juga mantan klubnya saat masih bermain. Dengan berbagai prestasi yang telah ia torehkan, Simeone menjadi salah satu pelatih paling awet di liga top Eropa.

5. Andoni Iraola

5 Mantan Pemain Bintang yang Jadi Pelatih Tim LaLiga 2022/2023Andoni Iraola (twitter.com/footballespana_)

Nama terakhir ialah Andoni Iraola, bek sayap yang 12 tahun (2003—2015) membela Athletic Bilbao. Iraola dianggap sebagai legenda Athletic Bilbao walaupun akhirnya memutuskan pensiun di New York City FC pada 2017.

Saat ini, ia berstatus sebagai pelatih Rayo Vallecano. Melatih Rayo Vallecano sejak 2020, Andoni Iraola cukup stabil, bahkan pernah bertengger di papan atas klasemen LaLiga dalam beberapa waktu.

Berperan sebagai pengatur lapangan kala masih aktif sebagai pemain, gelandang merupakan posisi yang paling banyak menjelma sebagai pelatih jempolan. Begitu pula dalam daftar ini, 4 dari 5 pelatih merupakan seorang gelandang.

Baca Juga: Lewandowski Hingga Xavi Jadi Sorotan Bayern Munich

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya