Comscore Tracker

MSK Zilina, Eks Kontestan UCL yang Jadi Korban Pertama Egy Maulana

Pembuktian Egy bagi sang mantan juara! 

Pada pekan ke-16 Slovak Fortuna Liga 2021/2022, FK Senica kembali menjadikan Egy Maulana Vikri sebagai starter. Pada laga tersebut, FK Senica harus menjamu MSK Zilina di kandang mereka, OMS Arena.

Walaupun sempat terhenti karena hujan salju, tetapi performa Egy pada laga tersebut sungguh impresif. Dua gol pada laga tersebut menjadi bukti impresifnya performa Egy di Liga Slovakia.

Hal ini tentu menjadi momen bersejarah untuk Egy dalam kariernya di Eropa. Selain karena gol debutnya, gol ini juga terasa spesial karena tim lawan yang dihadapi Egy ialah eks kontestan UEFA Champions League.

Untukmu yang penasaran dengan perjalanan MSK Zilini kala berkiprah di Liga Champions, mari simak ulasan berikut ini. Check this out!

1. Jalan kualifikasi yang panjang

MSK Zilina,  Eks Kontestan UCL yang Jadi Korban Pertama Egy MaulanaMSK Zilina melakukan selebrasi gelar juara Liga Slovakia. (mskzilina.sk)

Berstatus sebagai juara Liga Slovakia 2009/2010, MSK Zilina menjadi satu-satunya perwakilan Slovakia di Liga Champions. Namun, status juara tersebut tidak langsung mengantarkan Zilina ke babak grup. Mereka mesti menjalani playoff.

Setidaknya, ada tiga lawan yang harus mereka kalahkan untuk bisa mencapai babak tersebut. Pada pertandingan pertama, mereka berhasil mengalahkan Birkirkara FC dari Malta dengan agregat 3-1.

Pada pertandingan kedua, Zilina juga unggul jauh dari Litex Lovrech, Bulgaria, dengan skor 4-2. Pada akhirnya babak playoff, Zilina kembali menang meyakinkan atas juara Liga Ceko, Sparta Praha, dengan agregat 3-0. Dengan deretan kemenangan tersebut, Zilina akhirnya bisa lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya.

2. Satu grup dengan Chelsea dan Marseille

MSK Zilina,  Eks Kontestan UCL yang Jadi Korban Pertama Egy Maulanadrawing Liga Champions 2010/2011 (uefa.com)

Setelah melalui kualifikasi yang cukup panjang, MSK Zilina akhirnya bisa debut di Liga Champions untuk pertama kalinya. Pada 2010/2011, skuad asuhan Pavel Hapal ini tergabung di Grup F bersama Chelsea, Marseille, dan Spartak Moscow.

Sebagai satu-satunya wakil Slovakia pada gelaran akbar tersebut, MSK Zilina tentunya sangat diharapkan tampil maksimal dan memberikan yang terbaik untuk publik Slovakia. Dengan harapan tersebut, MSK Zilina mencoba meraih tren positif dengan bermodalkan sebagai juara Liga Slovakia 2009/2010.

Baca Juga: Luar Biasa! Egy Maulana Vikri Cetak Gol Perdana buat FK Senica

3. Sulit untuk bersaing

MSK Zilina,  Eks Kontestan UCL yang Jadi Korban Pertama Egy MaulanaMSK Zilina saat dibantai Marseille 0-7. (uefa.com)

Di Grup, MSK Zilina tidak mampu berbuat banyak dan terpuruk di dasar klasemen akhir dengan torehan 0 poin dan kebobolan 19 gol. MSK Zilina hanya mampu mengoleksi tiga gol yang masing-masing dicetak Tomas Oravec dan Bello Babatounde saat berjumpa Chelsea.

Satu lainnya dicetak Tomas Majtan saat melawan Spartak Moscow. Tentu torehan ini sangat mengecewakan, terlebih status MSK Zilina yang saat itu sebagai juara Liga Slovakia.

4. Menghasilkan nama besar

MSK Zilina,  Eks Kontestan UCL yang Jadi Korban Pertama Egy MaulanaPenampilan Dubravka di UCL bersama MSK Zilina (nufc.com)

Catatan kebobolan 19 gol sangatlah menyakitkan bagi Zilina. Namun, perlu diketahui bahwa yang ada di bawah mistar MSK Zilina saat itu adalah anak muda berusia 21 tahun, yang kini bermain untuk Newcastle United, Martin Dubravka.

Dubravka muda selalu menjadi pilihan utama Pavel Hapal dalam setiap pertandingan MSK Zilina pada fase grup Liga Champions 2010/2011. Kini Dubravka telah menjelma menjadi penjaga gawang nomor satu Slovakia dan terus mendapat menit bermain reguler untuk Newcastle United.

5. Debut yang pahit

MSK Zilina,  Eks Kontestan UCL yang Jadi Korban Pertama Egy Maulanadebut MSK Zilina di Champions League (mskzilina.sk)

Seluruh pertandingan yang dijalani MSK Zilina selama Liga Champions 2010/2011 jelas bukan hasil yang diinginkan semua pihak tim tersebut. Debut yang terasa pahit bukanlah hal yang menyenangkan.

Kendati demikian, mereka juga harus berbangga dengan pencapaian yang mereka dapatkan. Pasalnya, hal tersebut merupakan satu-satunya kesempatan MSK Zilina untuk bertanding pada babak grup UCL.

Hingga saat ini, mereka belum lagi berhasil mencapai babak grup Liga Champions. Pencapaiannya hanya mentok pada babak kualifikasi dan gugur di tengah jalan.

Melihat dari sejarah MSK Zilina yang bisa debut di Liga Champions, tentu kita berharap Egy Maulana Vikri dan FK Senica juga mampu bersaing memperebutkan tiket kompetisi antarklub Eropa, baik Liga Champions maupun Liga Europa.

Egy bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia seandainya berhasil melakukan itu. Jejak kariernya bisa menginspirasi generasi mendatang. Semangat berproses, Egy!

Baca Juga: Aksi Egy Maulana Vikri Lawan Mantan Bek Liverpool

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya