6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024

Banyak faktor dan alasan mereka tak disertakan

Intinya Sih...

  • Serge Gnabry, Leon Goretzka, Marco Reus, Mats Hummels, Julian Brandt, dan Timo Werner tak masuk skuad Jerman untuk Euro 2024.
  • Gnabry cedera dan jarang bermain, Goretzka kalah saing dengan pemain lain, Reus tak konsisten, Hummels karena usia, Brandt alasan taktik Nagelsmann, Werner penampilan menurun.
  • Keputusan Nagelsmann menuai kontroversi karena dinilai masih bisa memberikan dampak yang baik untuk negara.

Pada, Kamis (16/5/2024), Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) mengumumkan 27 nama pemain yang dibawa ke Euro 2024. Dari 27 nama yang telah diumumkan, beberapa pemain ternama justru tak masuk skuad.

Padahal, beberapa di antaranya sukses tampil gemilang pada musim 2023/2024. Siapa saja mereka dan apa alasan di balik ketidakikutsertaan mereka dalam skuad Timnas Jerman kali ini?

1. Cedera jadi masalah Serge Gnabry

6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024Serge Gnabry (twitter.com/EURO2024)

Perlu diakui jika penampilan Serge Gnabry bersama Bayern Munich pada 2023/2024 jauh dari kata memuaskan. Winger berusia 28 tahun ini mengalami berbagai cedera yang mengganggu kiprahnya pada musim ini. Hal tersebut jelas membuatnya jarang bermain. Hal itu juga yang menjadi pertimbangan Julian Nagelsmann tak membawa Gnabry ke Euro 2024.

Baca Juga: Willy Sagnol, Sosok Pelatih yang Antar Georgia Debut di Euro 2024

2. Leon Goretzka kalah saing di lini tengah

6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024Leon Goretzka (twitter.com/EURO2024)

Rekan setim Serge Gnabry di Bayern Munich, Leon Goretzka, juga gagal menembus skuad Jerman untuk Euro 2024. Gelandang berusia 29 tahun ini kalah saing dari beberapa pemain pilihan Julian Nagelsmann. Sebut saja, Robert Andrich, Chris Fuhrich, Toni Kroos, Ilkay Guendogan, dan Pascal Gross. Namun, jika ada salah satu pemain yang dicoret karena cedera, Goretzka sangat layak untuk menggantikan satu tempat tersebut.

3. Marco Reus sudah tak seproduktif dulu

6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024Marco Reus (twitter.com/euro2024)

Popularitas Marco Reus sebagai pemain besar sudah menjadi pengetahuan umum bagi penggemar sepak bola. Namun, hal tersebut tampaknya berlaku hingga 2 musim yang lalu. Sebab, gelandang Borussia Dortmund ini sudah menurun kiprahnya dalam beberapa musim terakhir. Meski kerap tampil mengejutkan, Reus sudah tak konsisten dan tak produktif lagi. Wajar jika akhirnya Julian Nagelsmann memilih pemain lain untuk mengisi slot yang tersedia di sektor penyerangan.

4. Mats Hummels dinilai terlalu tua

6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024Mats Hummels (twitter.com/EURO2024)

Mats Hummels tampil luar biasa bersama Borussia Dortmund pada musim ini. Akan tetapi, ia tetap gagal menembus skuad Jerman untuk Euro 2024. Ini merupakan kali kedua Hummels tak dipanggil Timnas Jerman untuk turnamen besar. Sebelumnya, Hummels juga gagal menembus skuad Piala Dunia 2022. Soal usia menjadi satu-satunya alasan yang masuk akal dari absennya Hummels di skuad Timnas Jerman untuk Euro 2024.

5. Julian Brandt menjalani musim yang hebat bersama Borussia Dortmund

6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024Julian Brandt (twitter.com/EURO2024)

Serupa dengan Mats Hummels, Julian Brandt juga tampil apik bersama Borussia Dortmund ini. Bahkan, musim 2023/2024 layak disebut sebagai musim terbaik Brandt di klub ini. Akan tetapi, Brandt masih gagal menembus skuad Jerman untuk Euro 2024. Padahal, Brandt sedang bugar, tampil konsisten, dan masih berusia 28 tahun. Sepertinya, alasan taktik menjadi dalih Nagelsmann tak membawa Brandt.

6. Timo Werner sudah kalah saing di lini serang

6 Nama Mentereng yang Tak Dipanggil Timnas Jerman ke Euro 2024Timo Werner (twitter.com/EURO2024)

Timo Werner pernah menjadi andalan Timnas Jerman di lini serang dalam beberapa tahun. Namun, penampilan Werner sudah menurun saat ini. Ia sering cedera dan tampil tak konsisten. Bahkan, ia pun gagal bersinar di Tottenham Hotspur. Dengan ini maka tak heran jika Julian Nagelsmann lebih memilih penyerang lain.

Keputusan Julian Nagelsmann tak memanggil beberapa nama besar akan menimbulkan kontroversi, terutama untuk penggemar Timnas Jerman. Sebab, enam pemain ini dinilai masih bisa memberikan dampak yang baik untuk negaranya. Apakah Nagelsmann mampu membuktikan jika keputusannya kali ini sudah cukup tepat?

Baca Juga: 3 Klub Penyumbang Pemain Timnas Jerman Terbanyak di Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya