5 Negara Asing yang Terbanyak Sumbangkan Pemain dalam Sejarah NBA

NBA bukan sebatas Amerika Serikat saja!

Penggemar bola basket pasti akan setuju jika NBA merupakan kompetisi profesional bola basket terbaik dunia. Tidak hanya para penggemar, para pebasket profesional dunia juga pasti memiliki mimpi untuk berlaga di kompetisi terbesar di Amerika Serikat ini.

Sehingga tak mengherankan jika NBA saat ini diisi oleh banyak pemain asing non Amerika Serikat yang tentunya mencari peruntungan dan mewujudkan mimpi mereka. Lantas, negara mana sajakah yang paling banyak menyumbangkan pemain dalam sejarah NBA? Berikut kami sajikan 5 di antaranya, check this out!

1. Kanada (51 Pemain)

5 Negara Asing yang Terbanyak Sumbangkan Pemain dalam Sejarah NBASteve Nash (sbnation.com)

Dekatnya letak geografis antara Kanada dan Amerika Serikat menjadi alasan negara yang beribukota di Ottawa ini menjadi negara terbanyak yang sumbangkan pebasketnya di NBA. Hingga tahun 2021, total telah ada 51 pemain berbeda yang telah malang melintang.

Selain itu, kebanyakan pebasket asal Kanada memang memulai kariernya di tim-tim College yang tersebar di Amerika Serikat. Sehingga tak heran jika mereka memang memiliki akses yang cukup mudah untuk masuk NBA. Belum lagi, Kanada juga memiliki perwakilan sendiri di NBA, dalam tim Toronto Raptors.

Untuk urusan pemain hebat, Kanada memang sudah tidak bisa diragukan. Keperkasaan Steve Nash dalam meraih penghargaan NBA MVP adalah buktinya. Selain Nash, nama-nama seperti Andrew Wiggins, Shai Gilgeous-Alexander dan Jamal Murray juga berasal dari negara ini.

2. Prancis (37 Pemain)

5 Negara Asing yang Terbanyak Sumbangkan Pemain dalam Sejarah NBApotret Rudy Gobert (news.cgtn.com)

Di urutan kedua ada Prancis yang sampai saat ini telah menyumbangkan 37 pemainnya. Hal ini memang tidak mengherankan, karena Prancis memang dikenal sebagai jagoan bola basket di Eropa.

Selain itu, faktor kesuksesan Tony Parker dan Boris Diaw juga menjadi alasan pebasket asal Prancis mulai dilirik di NBA. Dan pada musim ini, setidaknya ada 12 pebasket asal Prancis yang merumput di NBA. Rudy Gobert, Nicolas Batum dan Evan Fournier bisa disebut sebagai yang terbaik saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain NBA dengan Gelar Individu Paling Banyak Sepanjang Sejarah

3. Serbia (30 Pemain)

5 Negara Asing yang Terbanyak Sumbangkan Pemain dalam Sejarah NBANikola Jokic (sportsbeezer.com)

Sejak dulu Yugoslavia merupakan pesaing terkuat Amerika Serikat di olahraga bola basket. Dan sejak mulai terpecah di tahun 1991, eksistensi Yugoslavia mulai pudar dan tergantikan oleh Serbia yang dahulunya menjadi pusat dari Yugoslavia.

Total ada 30 nama pemain berkebangsaan Serbia yang pernah bermain di NBA. Nama-nama seperti Peja Stojakovic, Vlade Divac dan Nikola Jokic adalah beberapa contoh penggambaran pebasket Serbia yang bermain untuk tim NBA.

4. Nigeria (28 Pemain)

5 Negara Asing yang Terbanyak Sumbangkan Pemain dalam Sejarah NBAHakeem Olajuwon (rocketswire.usatoday.com)

Nigeria merupakan penguasa bola basket di benua Afrika. Sejak lama, pemain berkebangsaan Nigeria ataupun keturunan Nigeria sering kali memenuhi NBA. Bahkan nama-nama seperti, Giannis Antetokounmpo, Victor Oladipo dan Andre Iguodala juga memiliki darah Nigeria. Namun sayang, mereka hanya pemain keturunan.

Pemain berkebangsaan Nigeria yang paling tersohor di NBA ialah Hakeem Olajuwon yang sanggup menghentikan dominasi Michael Jordan di tahun 1990-an. Hingga saat ini, total ada 28 pemain berkebangsaan Nigeria yang telah bermain di NBA dan 11 di antaranya masih aktif hingga saat ini.

5. Australia (27 Pemain)

5 Negara Asing yang Terbanyak Sumbangkan Pemain dalam Sejarah NBApotret Ben Simmons (cbssports.com)

Selisih 1 angka dari Nigeria, hingga saat ini Australia telah mengirimkan 27 pemain mereka di NBA. Angka tersebut juga menjadi yang terbanyak di antara negara-negara lain di Oseania dan benua Asia. Dan pada musim ini setidaknya ada 8 pemain berkebangsaan Australia di NBA.

Nama-nama tersohor seperti Ben Simmons, Joe Ingles dan Patty Mills adalah beberapa diantaranya. Bahkan jika dilihat dari kewarganegaraan, Kyrie Irving juga memiliki passport Australia dalam dirinya.

 

Itulah 5 negara yang paling banyak menyumbangkan pemainnya di NBA. Menurutmu, apakah kedatangan para pemain non-Amerika Serikat ke NBA berhasil menambah keketatan kompetisi atau malah sebaliknya?

Baca Juga: 5 Pemain Basket Non-Amerika yang Meraih Gelar MVP NBA Musim Reguler

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya