5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo Salah

Didominasi pemain berposisi winger kiri

Mohamed Salah bisa disebut sebagai transfer terbaik yang dilakukan oleh Jurgen Klopp sejak mulai menangani Liverpool tahun 2015. Kontribusi besar terhadap jumlah gol dan beberapa piala yang berhasil Liverpool raih dalam beberapa tahun terakhir menjadi buktinya.

Sejak kedatangannya dari AS Roma tahun 2017, Salah langsung akrab dan menggunakan nomor punggung 11 yang merupakan nomor favoritnya. Lantas, siapa saja pemain yang menggunakan nomor punggung 11 sebelum Salah? Berikut kami sajikan daftar 5 pemain terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung 11 sebelum Mohamed Salah, check this out!

1. Yossi Benayoun

5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo SalahYossi Benayoun (thesun.ie/EPA)

Sepuluh tahun sebelum Mohamed Salah mulai menggunakan nomor punggung 11 di Liverpool, Yossi Benayoun yang menggunakannya selama semusim. Di awal kedatangannya, Benayoun sempat menggunakan nomor punggung 11. Namun, di musim keduanya berseragam Liverpool, pemain berkebangsaan Israel ini justru mengganti nomor punggung menjadi 15.

Selama berseragam Liverpool, Benayoun memang jarang dipasang sebagai starter. Walaupun demikian, perannya sebagai pemain supersub tidak bisa dianggap remeh. Total 29 gol dan 19 assist berhasil Benayoun sumbangkan selama 3 musim membela Liverpool. Pada jendela transfer musim panas 2011, Benayoun dilepas ke Chelsea dengan banderol sebesar 7 juta euro atau sekitar Rp122 miliar.

2. Albert Riera

5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo SalahAlbert Riera (skysports.com)

Setelah Yossi Benayoun melepas nomor punggung 11 di awal musim 2008/2009, Albert Riera yang baru bergabung dari Espanyol langsung mewarisi nomor punggung tersebut. Di awal kedatangannya, Albert Riera sangatlah diharapkan untuk menjadi pilihan utama Rafael Benitez di posisi sayap kiri Liverpool.

Di musim pertamanya, ia mampu bermain sebanyak 40 kali di seluruh kompetisi yang dimainkan Liverpool dengan kontribusi 5 gol dan 5 assist. Namun, Rafael Benitez sepertinya tidak puas dengan performa yang ditampilkan Riera.

Di musim selanjutnya, Benitez mendatangkan seorang Maxi Rodriguez yang menjadi saingan berat Albert Riera di posisi winger kiri. Karena posisinya telah diambil Maxi Rodriguez dan Ryan Babel yang semakin matang, Albert Riera akhirnya hengkang ke Olympiacos Pireus pada tahun 2010.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijk

3. Maxi Rodriguez

5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo SalahMaxi Rodriguez (liverpoolfc.com)

Setelah sempat menggunakan nomor punggung 17 di dua tahun pertamanya, Maxi Rodriguez memutuskan untuk mengganti nomor punggung di musim terakhirnya bersama Liverpool. Nomor punggung yang dipilih ialah nomor punggung 11.

Namun, nomor punggung 11 yang digunakan Maxi tidak bertahan lama karena kontraknya tidak lagi dilanjutkan oleh Liverpool di musim selanjutnya. Ia kembali memutuskan untuk kembali ke klub masa kecilnya, Newell’s Old Boys, pada tahun 2012.

Selama berseragam Liverpool, Maxi Rodriguez berkontribusi dalam 17 gol dan 7 assist dari 73 pertandingan. Selain itu, Maxi Rodriguez juga punya andil besar dalam keberhasilan Liverpool mengangkat trofi Piala Liga tahun 2012.

4. Oussama Assaidi

5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo SalahOussama Assaidi (walesonline.co.uk)

Jika Mohamed Salah disebut sebagai pewaris nomor punggung 11 terbaik di Liverpool, Oussama Assaidi bisa disebut sebagai pewaris nomor punggung 11 terburuk yang pernah ada di Liverpool. Kala didatangkan dari Heerenveen tahun 2012, Assaidi memang digadang-gadang akan menjadi pemain besar.

Namun, saat datang ke Liverpool, permainan Assaidi justru jauh dari ekspektasi. Assaidi hanya mampu memainkan 12 laga tanpa kontribusi yang signifikan di musim 2012/2013. Di musim-musim selanjutnya, Assaidi tidak pernah kembali lagi masuk ke skuad Liverpool. Winger berkebangsaan Maroko ini sempat dipinjamkan ke Stoke City selama dua musim sebelum hengkang ke Al-Ahli awal tahun 2015.

5. Roberto Firmino

5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo SalahRoberto Firmino (thisisanfield.com)

Tepat sebelum Mohamed Salah menggunakan nomor punggung 11, salah satu tandemnya di lini depan Liverpool, Roberto Firmino, juga sempat menggunakan nomor punggung ini selama 2 musim. Roberto Firmino adalah salah satu pemain rekrutan Brendan Rodgers yang masih tersisa hingga saat ini.

Di awal kedatangannya dari Hoffenheim tahun 2015, Firmino langsung mengakuisisi nomor punggung 11. Namun, setelah kedatangan Salah tahun 2017, Firmino akhirnya mengganti nomor punggungnya menjadi 9 karena Salah kala itu sangat menginginkannya.

Walaupun sempat tercium isu kurang sedap antara mereka kala itu, kini Salah dan Firmino dikenal sebagai salah satu kombinasi terbaik dari trisula terhebat dalam sepanjang sejarah Liverpool dan juga sepak bola dunia.

 

Itulah 5 pemain Liverpool yang pernah memakai nomor punggung 11 sebelum Mohamed Salah. Dengan kontribusi besar yang telah Salah berikan hingga sejauh ini, layakkah Salah disebut sebagai yang terbaik?

Baca Juga: 5 Penyerang Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 9 Sebelum Firmino

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya