5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijk

Apakah Van Dijk layak disebut yang terbaik?

Kedatangan Virgil van Dijk dari Southampton pada jendela transfer musim dingin 2018 menjadi salah satu puzzle terpenting bagi Jurgen Klopp dalam membangun skuad Liverpool. Sejak kedatangannya, pertahanan Liverpool terlihat lebih kokoh daripada sebelumnya.

Berposisi sebagai bek tengah, kemampuan komando dan kehebatan bola udara menjadi keunggulan pemain berkebangsaan Belanda ini. Sejak kedatangannya, Virgil van Dijk langsung menggunakan nomor punggung 4 yang sering dianggap sebagai nomor sial di Liverpool.

Lantas, siapa saja pemain yang menggunakan nomor punggung 4 sebelum Virgil van Dijk? Berikut kami sajikan 5 pemain Liverpool terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung 4 sebelum Virgil van Dijk, check this out!

1. Rigobert Song

5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijktheguardian.com/Sportsphoto Ltd/Richard Seller

Nama yang pertama adalah mantan bek Tim Nasional Kamerun, Rigobert Song, yang menggunakan nomor punggung 4 selama 2,5 musim. Rigobert Song didatangkan dari klub Italia, Salernitana, pada tahun 1999 dengan banderol sebesar 3,6 juta euro atau setara dengan Rp62,9 miiar.

Selama 2,5 musim berseragam Liverpool, Rigobert Song hanya mampu mencatatkan 38 penampilan. Ketatnya persaingan di posisi bek tengah Liverpool membuat Song perlahan tersingkir dari tim utama. Pada awal tahun 2001, Song akhirnya dilepas ke West Ham United.

2. Sami Hyypia

5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijkliverpoolfc.com

Sami Hyypia bisa dibilang sebagai pengguna nomor punggung 4 terbaik sebelum Virgil van Dijk. Hyypia didatangkan dari klub Belanda, Willem II, pada tahun 1999. Namun, saat kedatangannya, bek berkebangsaan Finlandia ini tidak langsung menggunakan nomor punggung 4.

Hyypia terlebih dahulu menggunakan nomor punggung 12 selama dua musim karena nomor punggung 4 masih digunakan oleh Rigobert Song hingga tahun 2001. Sami Hyypia merupakan salah satu pemain penting di Liverpool kala itu.

Bahkan, sebelum Steven Gerrard dikenal sebagai kapten Liverpool, Hyypia merupakan orang yang dipercaya sebagai kapten Liverpool. Gelar juara Liga Champions tahun 2005, Europa League tahun 2001, 2 kali gelar juara Piala Liga, dan 2 kali gelar juara FA Cup adalah kontribusi Hyypia selama 10 tahun membela The Reds.

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Menjanjikan di Liverpool

3. Alberto Aquilani

5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijkedition.cnn.com

Alberto Aquilani adalah salah satu pembelian terburuk Liverpool di era modern. Penampilannya di Liverpool tidak bisa memenuhi ekspektasi fans dan pelatih untuk bisa tampil gemilang layaknya saat membela AS Roma. Sulitnya menyesuaikan diri dengan gaya permainan Inggris menjadi alasan terbesar gagalnya Aquilani di Liverpool.

Sejak didatangkan pada tahun 2009, Alberto Aquilani langsung mewarisi nomor punggung 4 yang ditinggalkan oleh Sami Hyypia. Tercatat hanya dua musim Aquilani menggunakan nomor punggung 4 karena di dua musim sisa kontraknya, ia sempat dipinjamkan ke Juventus dan AC Milan. Aquilani akhirnya hengkang ke Fiorentina pada tahun 2012.

4. Raul Meireles

5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijkwatfordobserver.co.uk

Setelah sempat digunakan oleh Alberto Aquilani, nomor punggung 4 akhirnya berpindah tangan kepada Raul Meireles. Pada awal musim 2010/2011, Meireles dibeli dari FC Porto seharga 13 juta euro atau senilai Rp221 miliar.

Selama berseragam The Reds, Meireles merupakan pemain andalan Roy Hodgson yang kala itu menjadi pelatih Liverpool. Hanya setahun membela Liverpool, Raul Meireles akhirnya diboyong oleh Chelsea pada jendela transfer musim panas 2011.

5. Kolo Toure

5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijkskysports.com

Tepat sebelum Virgil van Dijk menggunakan nomor punggung 4, mantan pemain Arsenal dan Manchester City, Kolo Toure, adalah orang yang memiliki nomor keramat tersebut. Kedatangan Kolo Toure tahun 2013 jelas menjadi salah satu bantuan bagi Liverpool yang kala itu membutuhkan banyak amunisi di lini belakang.

Setelah hengkangnya Daniel Agger, Kolo Toure menjadi pilihan utama Brendan Rodgers di posisi pertahanan Liverpool. Bek berkebangsaan Pantai Gading ini hanya bermain selama 3 musim bersama The Reds dengan mencatatkan 71 penampilan sebelum hengkang ke Glasgow Celtics tahun 2016.

 

Itulah 5 pemain Liverpool yang pernah memakai nomor punggung 4 sebelum Virgil van Dijk. Menurutmu, apakah Virgil van Dijk yang terbaik?

Baca Juga: 5 Penyerang Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 9 Sebelum Firmino

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya