5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the Month

Hampir seluruhnya pernah menangani Chelsea

Selepas dipecatnya Nuno Espirito Santo, Tottenham Hotspur bergerak cepat dengan mendatangkan Antonio Conte sebagai juru taktik baru. Kualitas Antonio Conte di EPL sebetulnya telah teruji dengan keberhasilannya membawa Chelsea juara EPL di musim 2016/2017.

Kedatangan Conte ke EPL merupakan sebuah bukti dari kualitas pelatih asal Italia di tanah Britania. Bukti lain dari kehebatan pelatih asal Italia adalah 5 pelatih ini yang pernah berhasil mendapatkan penghargaan Premier League Manager of the Month. Siapa sajakah kelima nama tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya. Check this out!

1. Claudio Ranieri

5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the MonthClaudio Ranieri (gds.it)

Claudio Ranieri tercatat sebagai pelatih Italia pertama yang memenangkan penghargaan Premier League Manager of the Month. Ia pertama kali mendapatkan penghargaannya pada September 2003 saat masih menangani Chelsea.

Dalam karier kepelatihannya, Ranieri memang sering kali bergonta-ganti klub. Chelsea, Leicester City, Fulham, dan Watford merupakan beberapa tim yang dilatih The Tinkerman di EPL. Sejauh ini, Ranieri telah 5 kali memenangkan penghargaan EPL Manager of the Month yang didapatkan Chelsea dan Leicester City.

2. Carlo Ancelotti

5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the MonthCarlo Ancelotti (skysports.com)

Sama seperti Claudio Ranieri, Carlo Ancelotti juga telah mendapatkan 5 penghargaan Manager of the Month di Premier League. Pelatih yang musim ini membesut Real Madrid ini pertama kali mendapatkannya pada November 2009 kala ia menangani Chelsea.

Total 4 penghargaan Premier League Manager of the Month ia dapatkan saat melatih dan membawa Chelsea menjadi juara di musim 2009/2010. Sementara satu lainnya baru ia dapatkan saat menangani Everton, tepatnya pada September 2020.

Baca Juga: Real Madrid Menang Besar, Ancelotti  Puji Tiga Gelandang

3. Roberto Di Matteo

5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the MonthRoberto Di Matteo (skysports.com)

Roberto Di Matteo merupakan caretaker yang berhasil membawa Chelsea menjadi juara Champions League tahun 2012. Namun, saat ia dipromosikan sebagai pelatih utama Chelsea, ia gagal tampil cemerlang dan dipecat dalam kurun waktu 5 bulan sejak memenangkan trofi UCL.

Tidak hanya Chelsea, West Bromwich Albion dan Aston Villa juga pernah ia latih. Penghargaan Premier League Manager of the Month satu-satunya yang Ia miliki berhasil didapatkan kala ia melatih West Bromwich Albion, tepatnya pada September 2010.

4. Roberto Mancini

5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the MonthRoberto Mancini (skysports.com)

Sebelum berhasil membawa Timnas Italia juara di Piala Eropa 2020, Roberto Mancini tercatat pernah melatih Manchester City dari Desember 2009 hingga Mei 2013. Mancini juga diakui sebagai pembuka keran gelar Manchester City saat ini berkat gelar juara EPL musim 2011/2012.

Selama berkiprah di EPL, Mancini berhasil mendapatkan 2 gelar Premier League Manager of the Month. Kedua gelar tersebut ia dapatkan pada bulan Desember 2010 dan Oktober 2011.

5. Antonio Conte

5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the MonthAntonio Conte (skysports.com)

Pelatih anyar Tottenham Hotspur, Antonio Conte, tercatat telah 3 kali memenangkan penghargaan Premier League Manager of the Month. Uniknya, ketiga penghargaan tersebut ia dapatkan pada 3 bulan yang berurutan, yakni dari Oktober 2016 hingga Desember 2016.

Di musim yang sama pula Antonio Conte berhasil membawa Chelsea menjadi juara. Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Conte di Tottenham Hotspur nantinya.

 

Itulah 5 pelatih berkebangsaan Italia yang pernah memenangkan Premier League Manager of the Month. Kelima nama ini bisa menjadi bukti bahwa Italia merupakan gudangnya para pelatih hebat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Menanti Antonio Conte Mengangkat Derajat Tottenham Hotspur

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya